Panduan Lengkap Cara Budidaya Kailan Hidroponik Di Rumah Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kailan Hidroponik Di Rumah Agar Sukses Bagi Pemula – Kailan (Brassica oleraceae) merupakan salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga Brassicaceae (kubis-kubisan). Sayuran ini memiliki berbagai kandungan gizi diantaranya mineral, vitamin B, Vitamin C, serat, antioksidan, kalsium, zat besi dan beberapa kandungan baik lainnya. Kalian juga disebut dengan Brokoli Cina karena tanaman ini berasal dari cina.

Batang dan bunga kailan ini sering diolah menjadi berbagai masakan, biasanya kailan ini dimasak dengan cara ditumis. Karena banyak yang menyukainya, banyak orang pula yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan budidaya kailan. Budidaya kailan ini dapat dilakukan dengan berbagai metode, diantaranya yaitu dengan cara hidroponik.

Cara Budidaya Kailan Secara Hidroponik

Sebelum melakukan budidaya kailan secara hidroponik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu tanaman kailan harus terkena sinar matahari secara langsung dengan suhu optimal untuk pertiumbuhan kailan yaitu sekitar 23 hingga 35 derajat celcius dengan kelembapan tinggi.

Alat dan Bahan Yang Perlu Disiapkan

Adapun alat dan bahan yang perlu dilakukan sebelum melakukan hidroponik kailan, diantaranya yaitu bibit kailan, rockwool, nampan plastik, air, cutter, botol plastik bekas minuman kemasan dan juga sumbu.

Pembibitan Kailan

Bibit kailan direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat kuku selama kurang lebih 2 jam. Sembari menunggu bibit, potong rockwool kecil-kecil dengan ukuran kurang lebih 3 cm x 3 cm lalu susun di atas nampan. Tuangkan air ke nampan hingga rockwool basah namun tidak sampai menggenang.

Selanjutnya, tusuk masing-masing rockwool dengan menggunakan lidi di bagian tengahnya. Setelah 2 jam, pilih bibit yang tenggelam dan letakkan pada rockwool dengan 1 biji/rockwool. Letakkan nampan pada tempat minim cahaya dan perhatikan 2 hingga 3 hari. Saat biji sudah berkecambah, pindahkan nampan ke tempat yang terkena cahaya matahari. Buatlah rockwool agar tetap lembab. Saat benih sudah memiliki sebanyak 4 helai daun, bibit kailan sudah siap dipindahkan ke hidroponik kit.

Pemindahan Bibit Kailan Ke Hidroponik Kit

Hidroponik kit dapat diperoleh dengan cara membeli atau membuatnya sendiri. Membuat hidroponik kit paling mudah yaitu dengan menggunakan botol bekas air mineral. Cara membuatnya yaitu dengan memotong botol plastik ukuran besar menjadi dua lalu lubangi tutup botol dengan diameter kira-kira 1 cm, lalu masukkan sumbu kedalamnya dan tutupkan kembali pada botol dan selipkan sumbu didalamnya.

Buatlah lubang kecil pada bahu botol dengan paku. Tuangkan air nutrisi ke bagian bawah botol dan letakkan bagian atas botol diatasnya secara terbalik. Letakkan campuran tanah dan kompos di bagian atas botol lalu pindahkan benih kailan kedalamnya. Pastikan air nutrisi hidroponik kailan selalu tersedia karena itu merupakan sumber nutrisi untuk pertumbuhan tanaman kailan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Kailan Hidroponik Di Rumah Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa