Panduan Lengkap Cara Budidaya Kemukus, Tanaman Yang Kaya Manfaat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kemukus, Tanaman Yang Kaya Bermanfaat – Kemukus (Piper cubeba L.) adalah tanaman yang tergolong dalam genus Piper, yang ditanam untuk diambil buah dan minyak atsirinya. Tanaman ini berasal dan banyak ditanam di Jawa dan Sumatera, sehingga disebut juga sebagai lada jawa atau cabe jawa (Java pepper), meskipun cabe jawa merupakan nama bagi rempah lain (P. retrofractum dan P. longum) yang masih serupa.

Umumnya buah kemukus dipanen sebelum masak lalu dikeringkan. Kemukus sering dijual dalam bentuk buah kering yang masih memiliki tangkai, sehingga sering disebut sebagai merica berekor (tailed pepper). Biji kemukus berwarna putih, keras dan berminyak.

Buah kemukus kering digunakan sebagai bumbu rempah dalam masakan, terutama masakan Indonesia. Kegunaan lain kemukus yaitu sebagai penguat rasa pada gin dan rokok. Namun kegunaan penting kemukus adalah sebagai bahan farmakope dan sumber minyak atsiri (oleum cubebae). Selain itu, tanaman kemukus memiliki manfaat bagi kesehatan seperti sebagai obat berbagai macam penyakit seperti asma, pilek dan radang.

Klasifikasi ilmiah kemukus
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Piperales
Famili: Piperaceae
Genus: Piper
Spesies: P. cubeba

Cara Budidaya Tanaman Kemukus

Tanaman kemukus dapat ditanam melalui sistem stek satu ruas atau berdaun satu dan stek berukuran 7 ruas tanpa daun menggunakan batang yang berumur tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Cara pembudidayaan kemukus bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan menanam sulur kemukus dan cara stek.

Cara Menanam Kemukus Dari Sulur

Siapkan sulur kemukus yang masih muda dari tanaman kemukus yang baik, sudah pernah berbuah, terhindar dari hama dan penyakit.

Siapkan pula media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang ke dalam pot atau polybag.

Jika sudah siap, segera tanam sulur tersebut dan tutup sulur dengan menggunakan plastik atau disungkup agar kelembaban udara terjaga dan pembentukan akar dapat cepat terjadi. Setelah 15 hari buka plastik sungkup tersebut.

Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Karena pembibitan dilakukan saat musim kemarau, jadi apabila musim hujan tiba tanaman ke lahan tanam yang sesungguhnya.

Cara Menanam Kemukus Dengan Cara Stek atau Sambung

Pilih sulur kemukus betina yang bagus, bebas dari hama dan penyakit, pernah terbuah baik dan banyak.

Selanjutnya, potong ujung sulur kemukus jantan dan letakkan pada sulur betina, namun sebelumnya sulur jantan di belah menjadi 2 bagian. Tutup sambungan dengan plastik selama 15 hari. Setelah 15 hari, ketika plastik sungkup dibuka kondisi sambungan segar maka sambungan tersebut berhasil.

Apabila menggunakan sistem stek maka tanah yang digunakan harus gembur dan sangat sedikit pasir.

Karena tanaman ini tumbuh menjalar, maka berikan panjatan dapat berupa pohon ataupun ajir dari kayu atau bambu ataupun besi.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Kemukus, Tanaman Yang Kaya Bermanfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya :” open=”yes” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

[/su_spoiler]