Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Apel Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Apel Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula – Mangga (Mangifera indica) atau mempelam adalah nama buah sekaligus nama pohon yang termasuk dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang memiliki sekitar 35-40 anggota. Tanaman dan buah mangga Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang dapat tumbuh hingga ketinggian batang lebih dari 5 m. Pohon mangga dapat mencapai tinggi sekitar 10-40 m.

Buah mangga termasuk dalam kelompok buah batu (drupa) berdaging dengan ukuran dan bentuk buah berbeda tergantung spesies mangganya, ada yang bulat, bulat telur hingga lonjong memanjang. Jika sudah masak, daging buah mangga berwarna jingga, kuning atau krem, ada yang berserabut dan tidak, manis hingga msam dengan banyak air dan berbau kuat hingga lemah.

Klasifikasi Mangga
Kerajaan: Plantae
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: Mangifera indica

Ada banyak jenis mangga, diantaranya seperti mangga harum manis, mangga manalagi, mangga alpukat, mangga apel dan lain sebagainya. Mangga apel disebut demikian mungkin karena bentuk mangga ini mirip dengan buah apel. Nah kali ini kita akan membahas cara budidaya mangga apel:

Cara Budidaya Mangga Apel

Pembibitan Buah Mangga Apel

Pembibitan mangga apel sama halnya dengan cara pembibitan mangga pada umumnya, pembibitan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti okulasi, sambung pucuk dan juga cangkok.

Pilih buah mangga dari pohon dengan kualitas terbaik, kupas buah dan pisahkan bijinya lalu jemur hingga kering. Jika ingin tunas cepat tumbuh dalam waktu 2-5 minggu, buang kulit bijinya. Setelah itu, semaikan benih mangga ke media tanam yang dibuat dari campuran tanah, pasir dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1 pada polybag semai. Letakkan polybag semai pada tempat yang teduh. Lakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin hingg muncul batang dan daun muda.

Setelah 4 minggu maka bibit dapat langsung dilakukan okulasi, sambung pucuk dengan varietas unggul sesuai keinginan. Setelah bibit mangga tumbuh normal maka bibit dapat dipindahkan ke lahan tanam yang sudah disiapkan.

Jika anda tidak mau repot, anda dapat membeli bibit pohon mangga di toko tanaman bibit.

Cara Menanam Mangga Apel

Tanah pada lahan tanam diolah terlebih dahulu. 1-2 minggu sebelum diolah, lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang/kompos. Setelah itu, lakukan pembajakan atau pencangkulan agar tanah dan pupuk dapat tercampur dengan sempurna. Selanjutnya, buatlah lubang tanam berukuran lebar dan kedalaman antara 50-100 cm dengan jarak tanam sekitar 5-10 m per pohon. Jika lubang tanam sudah dibuat, masukkan jerami atau sampah kering ke dalam lubang tersebut lalu dibakar, lalu diamkan selama 1-2 minggu.

Masukkan bibit dalam lubang tanam beserta dengan media tanam pada polybag semai, kemudian timbun kembali dengan tanah.

Cara Merawat Pohon Mangga Apel

Lakukan penyiraman seperlunya saja atau disesuaikan dengan kondisi dan cuaca lahan tanam. Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada di sekitar pohon mangga agar nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pohon mangga tidak berebut dengan gulma tersebut.

Selain itu, setelah 2 bulan tanam lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kompos/pupuk kandang. Jika ingin lebih maksimal, pohon mangga dapat diberikan pupuk buatan seperti ZA, KCl, atau NPK.

Masa Panen Mangga Apel

Setelah 3-4 tahun tanam, mangga sudah mulai berbunga dan berbuah. Pemanenan mangga dapat dilakukan satu bulan setelah berbunga.

Demikian artikel pembahasan tentang¬†“Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Apel Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa