6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Madu Yang Benar Agar Cepat Berbuah

Posted on

6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Madu Yang Benar Agar Cepat Berbuah – Nanas, ananas, atau nenas (Ananas comosus) Adalah salah satu jenis tumbuhan buah tropis yang berasal dari Paraguay, Brazil, dan Bolivia. Nanas masuk dalam famili Bromeliaceae.

Klasifikasi Nanas
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Bromeliaceae
Upafamili: Bromelioideae
Genus: Ananas
Spesies: A. comosus

Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya nanas madu, berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Nanas Madu

Syarat Tumbuh Nanas Madu

Nanas Madu sangat tepat ditanam di ketinggian 800-1200 m dpl. Tanaman nanas madu dapat tumbuh optimum pada ketinggian sekitar 100-700 m dpl.

Tanaman nanas madu dapat tumbuh pada kondisi iklim basah maupun kering. Tanaman nanas madu toleran kekeringan dan memiliki beberapa macam curah hujan sekitar 1000-1500 mm/tahun. Namun, tanaman nanas madu tidak toleran salju sebab suhu yang sangat rendah rendah.

Tanaman nanas madu dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari rata-rata 33-71% kontinuitas maksimal, dengan tingkat tahunan rata-rata sekitar 2.000 jam. Sesuai dengan suhu budidaya nanas yaitu 23°C-32°C, namun nanas madu ini juga bisa tumbuh di daerah dengan suhu rendah hingga 10°C.

Cara Pembibitan Nanas Madu

Nanas madu dapat dikembangbiakan dengan cara vegetatif dan generatif. Cara vegetatif yaitu menggunakan tunas akar, tunas batang, tunas buah, mahkota buah dan stek batang. Sedangkan cara generatif dengan biji yang ditumbuhkan melalui persemaian, tapi cara ini jarang digunakan. Bibit yang sering digunakan adalah bibit stek batang.

Persiapan Lahan Tanam Nanas Madu

Pertama bersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya, selanjutnya gemburkan tanah lahan dengan cara dicangkul atau dibajak sedalam 30 cm hingga 40 cm. Setelah itu, biarkan selama sekitar 15 hari agar tanah kering dan racun dalam tanah hilang.

Karena derajat keasaman atau pH tanah yang baik untuk tanaman nanas madu sekitar 4,5-6,5, jika kurang dari itu maka perlu dilakukan pengapuran dengan menggunakan dolomit.

Selanjutnya, buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 80-120 cm, tinggi sekitar 30-40 cm dan panjang dapat disesuaikan dengan lahan. Berikan jarak antar bedengan sekitar 90-150 cm.

Cara Menanam Nanas Madu

Ada berbagai teknik penanaman nanas dengan pola tanam atau sistem tanam seperti ini:

a. Sistem baris tunggal atau persegi dengan jarak tanam 150 x 150 cm baik dalam maupun antar barisan; 90 x 30 cm jarak dalam barisan 30 cm, dan jarak antar barisan adalah 90 cm.

b. Sistem baris rangkap dua dengan jarak tanam 60 x 60 cm, dan jarak antar barisan sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan adalah 150 cm dan jarak tanam 45 x 30 cm, dan jarak antar barisan tanaman sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan tanaman adalah 90 cm.

c. Sistem baris rangkap tiga dengan jarak tanam 30 x 30 cm membentuk segitiga sama segi dengan jarak antar barisan sebelah kiri/ kanan dari 3 barisan tanaman: 90 cm dan jarak tanam 40 x 30 cm dengan jarak antar barisan sebelah kiri/kanan dari 3 barisan adalah 90 cm dan,

d. Sistem baris rangkap empat dengan jarak 30 x 30 cm dan jarak antar barisan sebelah kiri kanan dari 4 barisan tanaman 90 cm.

Jika sudah ditentukan pola tanam yang akan digunakan, selanjutnya buatlah lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30 cm. Kemudian tanam bibit pada lubang tanam tersebut dengan kedalam sekitar 3-5 cm dari bagian pangkal batang yang ditimbun lalu padatkan agar tidak mudah roboh.

Cara Merawat Nanas Madu

Lakukan penyulaman pada bibit yang mati atau tumbuh tidak optimal. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman nanas madu dengan menggunakan tangan, cangkul atau kored, bersamaan penyiangan bisa juga dilakukan penggemburan tanah.

Selain itu, setelah tanaman berumur 2-3 bulan lakukan pula pemupukan, pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk buatan maupun pupuk alami sesuai dosis. Pemupukan tersebut dapat dilakukan setiap 3-4 bulan sekali hingga nanas berbunga dan berbuah.

Penyiraman pada tanaman nanas madu dapat dilakukan setiap 1-2 kali seminggu tergantung kondisi cuaca. Selain itu, tanaman nanas madu siap panen juga masih memerlukan irigasi untuk merangsang pembungaan dan fertilisasi secara optimal. Irigasi tersebut dapat dilakukan 2 minggu sekali.

Masa Panen Nanas Madu

Panen buah nanas madu dilakukan setelah nanas berusia 12-24 bulan, tergantung jenis bibit yang digunakan, jika menggunakan mahkota bunga maka pemanenan dapat dilakukan pada saat nans berumur 24 bulan. Nanas yang berasal dari tunas batang dipanen setelah umur 18 bulan, sedangkan yang berasal dari tunas akar dapat dipanen setelah berusia 12 bulan.

Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Madu Yang Benar Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa