Panduan Lengkap Cara Budidaya Pohon Bidara Bagi Pemula Agar Berhasil dan Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Pohon Bidara Bagi Pemula Agar Berhasil dan Sukses – Daun bidara (Ziziphus mauritiana) atau pohon jujube adalah salah satu jenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh didaerah kering. Pohon bidara ini dipercaya berasal China. Nama lain pohon bidara diantaranya: widara (Sd., Jw.) atau dipendekkan menjadi dara (Jw.); bukol (Md.); bĕkul (Bal.); ko (Sawu); kok (Rote); kom, kon (Timor); bĕdara (Alor); bidara (Mak., Bug.); rangga (Bima); kalangga (Sumba), bidara, jujub, epal siam (Mal.); manzanitas (Fil.) zee-pen (Burma); putrea (Kamboja); than (Laos); phutsaa, ma tan (Thai); tao, tao nhuc (Vietnam); Jujube, Indian Jujube, Indian plum, atau Chinese Apple (Inggris) dan Jujubier (Prancis).

Klasifikasi Ilmiah Pohon Bidara
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rhamnaceae
Genus: Ziziphus
Spesies: Z. mauritiana

Pohon bidara berupa perdu atau pohon kecil, biasanya bengkok dengan ketinggian hingga 15 m dan gemang batang hingga sekitar 40 cm. memiliki daun hijau mengkilap, daun daun dan kulit abu-abu terang. Buah berbentuk oval berbentuk lonjong hijau untuk dimulainya dan menjadi coklat tua dari waktu ke waktu.

Syarat Tumbuh Pohon Bidara

Pohon bidara dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian hingga sekitar 1000 mdpl, memiliki curah hujan serendahnya 300-400 mm per tahun dengan suhu maksimum 37-48° C dan suhu minimum 7-13° C, tetapi pohon bidara masih tahan terhadap embun beku yang ringan.

Pedoman Budidaya Pohon Bidara

Perbanyakan bibit bidara dapat dilakukan melalui benih maupun vegetatif seperti penempelan atau penyambungan. Benih bidara dianjurkan untuk disemai terlebih dahulu. Jarak tanam yang dapat digunakan untuk menanam pohon bidara yaitu sekitar 5-9 m.

Pemeliharaan Pohon Bidara

Pohon bidara yang baru ditanam diikatkan pada ajir/tonggak. Lakukan pula pemangkasan untuk memperoleh 4 atau 5 cabang penyangga yang bentuknya balk. Pohon asal klon dapat berbuah pada tahun kedua dan dapat menghasilkan buah yang memadai pada tahun keempat. Pohonnya terutama akan mengeluarkan bunga dari pucuk baru, dan hendaknya dipangkas untuk meyakinkan bahwa pucuk-pucuk ini memiliki kesuburan yang memadai untuk menghasilkan buah yang berukuran baik dengan kualitas yang baik pula. Pemangkasan yang baik dilakukan setelah panen.

Lakukan pula pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang setelah pertumbuhan vegetatif berlangsung, dan pupuk nitrogen diberikan sebagai pupuk pelengkap pada saat pembentukan buah. Tanaman yang sedang berbuah tidak boleh mengalami kekurangan air dan perlu diketahui walaupun pohon bidara berakar dalam sekali, lahan tanam harus selalu bersih dari gulma ataupun tanaman pengganggu dan pengairan secara teratur.

Panen dan Pasca Panen Buah Bidara

Panen buah bidara tidak dapat matang serentak, jadi diperlukan pemetikan 4 kali atau lebih untuk menuntaskan panen. Buah yang diambil masih mentah akan menjadi berbau tidak enak, kecuali jika matang benar, dan buah yang terlalu matang akan kehilangan daya tarik warnanya dan teksturnya akan keriput.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Pohon Bidara Bagi Pemula Agar Berhasil dan Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa