Panduan Lengkap Cara Budidaya Rimbang atau Takokak Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Rimbang atau Takokak Bagi Pemula – Takokak, tekokak, rimbang, terung pipit, terung mini, buni turki, cepokak (Solanum torvum Sw.) adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu.

Takokak adalah tumbuhan semak kecil, yang tingginya bisa mencapai 5 m. Tapi biasanya, kurang dari 2 m. Hampir semua bagian tumbuhan ini berduri, kecuali hanya buah yang ditutupi rambut. Daunnya bulat telur dengan pangkal seperti jantung atau membulat, dengan ujung yang tumpul.Panjang daun 7–20 cm dan lebarnya 4–18 cm. Tangkai perbungaannya pendek, sering bercabang-cabang dan banyak bunganya. Bunganya berbentuk bintang berwarna putih, yang di tengahnya kuning. Buahnya berjenis buah buni, kecil, dan banyak.

Klasifikasi ilmiah Tekokak
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Solanum
Spesies: S. torvum

Spesies rimbang ini tersebar di Antilla. Namun kini tersebar luas di wilayah tropis. Di Indonesia, tTanaman ini tumbuh liar di hutan-hutan semak dan hutan-hutan terbuka. Tanaman takokakini dapat hidup dari mulai daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1600 mdpl.

Cara Budidaya Rimbang atau Tekokak

Persiapan Bibit Rimbang/Tekokak

Ambil buah tekokak yang telah matang, kemudian pisahkan bijinya. Selanjutnya biji tekokak tersebut disemai terlebih dahulu. Lakukan penyemaian biji rimbang ini seperti menyemai biji tomat, semai biji rimbang tersebut. Setelah tumbuh dengan ketinggian sekitar 10 cm atau telah berusia 1,5 bulan, bibit rimbang dapat dipindahkan ke lahan tanam.

Persiapan Lahan Tanam Rimbang/Tekokak

Lahan yang akan digunakan untuk menanam rimbang dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelaj itu geburkan tanah, jika lahan tersebut kurus maka perlu diberikan pupuk kandang dan jika lahan tersebut ternyata tandus maka perlu diberi pupuk buatan sebanyak 40 kg ZA, 80 kg DS. Selanjutnya buat lubang tanam dengan jarak tanam 70 x 80 cm.

Perawatan Budidaya Rimbang/Tekokak

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman rimbang hanyalah pembersihan rumput liar maupun tanaman liar lainnya yang ada di sekitar tanaman rimbang.

Masa Panen Rimbang/Tekokak

Pemanenan rimbang atau Tekokak dapat dilakukan setelah tanaman memasuki usia 3 bulan sejak tanaman tersebut ditanam. Buah rimbang yang bisa dipetik atau dipanen yaitu buah rimbang yang hampir tua, tak terlalu muda atau terlalu tua. Dalam 1 tahun, tanaman rimbang akan menghasilkan lebih dari 2 kg buah rimbang.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Rimbang atau Takokak Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa