Panduan Lengkap Cara Cepat Budidaya Tanaman Akar Manis Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Akar Manis Bagi Pemula – Akar manis atau Licorice atau Liquorice merupakan akar Glycyrrhiza glabra. Tanaman akar  manis ini merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang berasal dari Eropa  Selatan dan beberapa wilayah Asia.

Klasifikasi Ilmiah Akar Manis
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Faboideae
Bangsa: Galegeae
Genus: Glycyrrhiza
Spesies: G. glabra

Akar manis termasuk tanaman tahunan berbentuk terna dan dapat tumbuh hingga satu meter  dengan daun yang tumbuh seperti sayap (pinnate) yang panjangnya 7-15 cm. Daunnya inflorescens atau berkelompok dalam satu cabang, warna daunnya keunguan hingga putih kebiru-biruan dan berukuran panjang 0,8-1,2 cm. Buah akar manis berpolong dan berbentuk panjang sekitar 2-3 cm dan mengandung biji.

Manfaat akar manis diantaranya melegakan sakit tenggorokan, meringankan batuk, tukak lambung, sakit perut, bronkitis bahkan kolesterol.

Tanaman akar manis ini sering dijadikan sebagai tanaman obat. Jika anda ingin melakukan  budidaya atau menanam tanaman akar manis, berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Tanaman Akar Manis

Persiapan Lahan Dan Bibit Akar Manis

Tanaman akar manis sebenarnya dapat tumbuh di semua jenis tanah, manun tanaman akan manis akan tumbuh dengan baik pada tanah berbatu. Selain ditanam pada tanah langsung, tanaman akar manis juga dapat ditanam dalam pot, anda dapat menggunakan pot kecil yang sudah diberi gabus, tanah, sekam, sedikit bebatuan dan juga cacahan daun yang tersusun rapi di atasnya.

Setelah media tanam siap, siapkan juga biji bibit tanaman akar manis. Biji bibit tanaman akar manis tersebut dapat diperoleh di toko tanaman.

Penanaman Tanaman Akar Manis

Jika biji bibit sudah diperoleh, jangan langsung lakukan penanaman. Biarkan tanah pada lahan tanam akar manis lembab terlebih dahulu, dengan begitu biji akar manis yang ditanam tidak kering dan dapat tumbuh dengan baik. Jika tanah pada lahan tanam sudah lembab, selanjutnya taburkan biji akar manis pada tanah lahan tanam yang sudah disiapkan secara merata. Setelah itu, taburkan pupuk organik diatasnya tipis saja jangan terlalu banyak.

Perawatan Tanaman Akar Manis

Jaga lahan tanam agar tetap lembab agar tanaman akar manis dapat tumbuh dengan baik. Lakukan penyiraman dengan menggunakan water spray. Selain penyiraman lakukan pula pemupukan secara teratur.

Masa Panen Tanaman Akar Manis

Sebelum mencapai usia matang, tanaman akar manis sudah dapat dimanfaatkan jika sudah tumbuh dengan baik atau tanaman telah mencapai ketinggian lebih dari satu meter. Pada musim kemarau, akan ada bunga berwarna ungu yang menanadakan bahwa tanaman tersebut telah berkembang dengan baik. Akar manis yang sudah dipanen dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional atau diolah menjadi permen.

Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Akar Manis Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa