Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Anis Merah Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Anis Merah Agar Sukses Bagi Pemula – Burung anis merah merupakan salah satu jenis burung kicau dengan kicauan khas da keras. Burung anis merah memiliki daya pikat berupa gaya teler yang dimilikinya. Hal lain yang menjadi daya tarik burung anis merah ini yaitu warna bulunya yang kontras.

Sebagai burung kicau yang cukup populer di kalangan pecinta burung kicau, tentu saja harga burung anis merah ini cukup tinggi. Terlebih jika burung anis merah berhasil memenangkan kontes kicau, harganya dapat mencapai puluhan juta. Melihat potensi tersebut, banyak orang mulai membudidayakan atau ternak burung anis merah ini sebagai peluang usaha mereka. Berikut cara ternak burung anis merah:

Cara Budidaya Ternak Burung Anis Merah

Persiapan Kandang Budidaya Burung Anis Merah

Tentukan lokasi kandang, tempatkan kandang pada tempat yang mudah diawasi seperti, depan rumah, belakang atau bahian samping rumah.

Siapkan kandang berukuran minimal sekitar 50x50x50 cm. Kandang bisa dibuat dari bambu, papan, rotan ataupun teriplek. Jangan lupa, berikan penyekat sebagai batasan untuk setiap kandang. Lapisi bagian dasar kandang dengan plastik/kardus bekas dan kemudian taburkan tanah yang gembur. Dalam kandang disediakan tempat pakan, tempat minum dan bak mandi. Selain itu juga berikan lampu 5-10 watt sebagai penghangat suhu kandang saat musim hujan.

Pemilihan Indukan Burung Anis Merah

Pilihlah indukan yang berkualitas karena indukan akan sangat berpengaruh bagi kualitas hasil anakan nantinya. Ciri-ciri indukan yang berkualitas yaitu:

Kedua indukan baik jantan ataupun betina harus sehat dan tidak mengalami kelainan fisik atau cacat.
Aktif bergerak, memiliki kicau yang nyaring dan keras.
Memiliki warna bulu yang berkilau dan tidak kusam.
Usia ideal untuk indukan jantan yaitu sekitar 1 tahun dan indukan betina sekitar 1.5-2 tahun.

Menjodohkan Indukan Burung Anis Merah

Pada tahap awal perjodohan baik indukan jantan ataupun betina akan ditempatkan pada kandang yang berbeda. Namun, posisi kandang didekatkan.

Selama proses perjodohan perhatikan perilaku burung. Jika kedua burung nampak semakin akrab dan selalu berdekatan maka bisa dikatakan perjodohan telah berhasil. Selanjutnya, masukkan kedua burung ke dalam sangkar yang sama.

Persiapan Sarang Burung Anis Merah

Selama masa perjodohan berlangsung, siapkan sarang yang nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk burung meletakkan telurnya. Siapkan batok kelapa, anyaman rotan, bambu, sabut kelapa, jerami atau daun cemara kering. Sarang bisa dibuat secara manual atau mengandalkan kemampun kedua indukan.

Biasanya secara naluriah burung akan mempersiapkan sarang sendiri saat setelah kawin.
Yang perlu dilakukan adalah menyiapkan semua bahan untuk membuat sarang. Kemudian biarkan indukan yang melakukannya secara alamiah. Dengan begitu indukan akan merasa lebih nyaman dan tenang.

Pemberian Pakan Burung Anis Merah

Pakan utama yang dapat diberikan dapat berupa cacing tanah. Sebagai pakan sekunder dapat diberikan voer yang diberikan sekali dalam sehari.

Berikan pakan ekstrak berupa jangkrik dan kroto. Saat menjelang masa bertelur jumlah jangkrik yang diberikan pada indukan betina sekitar 20-30 ekor dan bisa di turunkan jumlahnya saat burung anis merah betina telah bertelur. Pemberian makanan ekstrak sebaiknya dilakukan ada pagi dan sore hari.

Agar menghasilkan anakan (piyik) yang berkualitas berikan pakan sekunder lainnya seperti buah apel, pepaya dan pisang.

Perawatan Burung Anis Merah

Burung anis merah termasuk burung kicau yang menyukai kondisi yang dingin. Sehingga perlu melakukan penyemprotan pada bagian bawah kandang. Agar suhu dalam kandang terasa lebih lembab dan dingin.

Dianjurkan untuk memandikan burung selama 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari. Atau anda bisa meletakkan bak mandi di dalam kandang. Selain itu, angin-anginkan burung setiap pagi hari sebelum dimandikan dengan durasi waktu 30 menit hingga 1 jam.

Lakukan sanitasi pada kandang agar burung terhindar dari hama dan penyakit. Bersihkan kandang wadah pakan, minum dan bak mandi serta ganti makanan dengan yang baru setiap hari dan buang makanan sisa kemarin. Ganti tanah sebagai dasar kandang setiap seminggu sekali.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Anis Merah Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa