Panduan Lengkap Cara Budidaya Timun Apel Aceh Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Timun Apel Aceh Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula – Apel aceh adalah varietas tanaman buah tropika yang dihasilkan melalui persilangan antara timun suri (Cucumis sativus) dengan melon (Cucumis melo) yang . Meskipun namanya apel aceh, apel aceh tidak sama dengan apel pada umumnya. Sekilas buah apel aceh ini sekilas mirip jambu biji. Apel aceh juga disebut dengan melon apel atau timun apel.

Buah apel aceh memiliki kulit berwarna putih kekuning-kuningan. Buah apel aceh memiliki rasa seperti melon, tapi jika melon pada umumnya bertekstur kasar sedangkan apel Aceh memiliki tekstur halus serta berbentuk kecil menyerupai ukuran buah apel yang besar.

Cara Budidaya Timun Apel Aceh

Persiapan Lahan Tanam Apel Aceh

Lahan yang akan dijadikan tempat budidaya apel aceh diolah terlebih dahulu. Bersihkan gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, gemburkan pada lahan dengan cara dibajak atau dicangkul sedalam 40-60 cm, lalu biarkan selama 7-10 hari.

Selanjutnya lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang yang telah matang dan juga pupuk kimia seperti Za, Urea, TSP dan KCl. Selain itu, jika pH tanah kurang maka dapat dilakukan pengapuran. Lalu biarkan selama 1-2 minggu.

Kemudian, buat bedengan dengan ukuran panjang sekitar 40-60 cm, lebar sekitar 60-80 cm dan tinggi sekitar 30-70 cm dengan jarak antar bedengan sekitar 20-40 cm. Bedengan tersebut kemudian diberi mulsa plastik. Setelah bedengan diberi mulsa, biarkan selama 7-10 hari agar unsur hara dan pupuk bereaksi dan bisa diserap tanaman. Sehari sebelum penanaman, buatlah lubang tanam dengan melubangi mulsa dengan diameter sekitar 10 cm dengan jarak lubang tanam sekitar 60×60 cm atau 70×70 cm.

Pembibitan Apel Aceh

Perbanyakan bibit apel aceh dapet dilakukan melalui biji. Beli dan pilih buah apel aceh yang benar-benar matang berwarna putih kekuningan dan telah beraroma wangi seperti melon dan berukuran sekitar 5-8 ons. Kemudian jemur biji timun apel aceh selama 1 minggu jangan hingga dikenai air, setelah itu simpen ditempat kering.

Penyemaian Benih Bibit Apel Aceh

Penyemaian biji apel aceh dapat dilakukan dengan menggunakan kotak persemaian atau yang lainnya. Sebelum disemai, biji direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat selama 30 menit, setelah itu rendam kembali dengan menggunakan larutan perangsang akar selama sehari semalam. Setelah itu, bungkus biji dengan kain basah dan biarkan selama sehari semalam. Sembari menunggu biji benih, siapkan media semai berupa campuran tanah gembur dan pupuk kandang yang telah matang dengan perbandingan 1:1, lalu tambahkan pupuk NPK.

Masukkan media semai ke tempat semai dan basahi media semai denga larutan perangsang akar hingga lembab, kemudian semaikan biji benih apel aceh ke persemaian.

Penanaman Apel Aceh

Setelah semuanya siap dan bibit telah berumur 7-10 hari atau telah memiliki 2 helai daun, maka dapat dilakukan penanaman segera. Waktu penanaman yang baik yaitu dilakukan pada pagi atau sore hari.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Apel Aceh

Lakukan penyulaman pada tanaman apel aceh yang mati atau tidak tumbuh optimal, penyulaman ini dilakukanpada minggu pertama dan selambat-lambatnya minggu kedua setelah tanam.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman apel aceh terpenuhi, lakukan pemupukan susulan pada saat tanaman berumur 15 hari seteralah tanam dengan menggunakan pupuk buatan.

Lakukan pengairan setidaknya 2 hari sekali pada fase kurang dari 40 hari setelah tanam. Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar lahan.

Masa Panen Apel Aceh

Pemanenan timun apel aceh dapat dilakukan setelah tanaman berumur 57 hari. Pemanenan apel aceh ini dilakukan dengan cara memetik buah yang telah berwarna putih kekuningan atau putih tidak banyak kehijauan.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Timun Apel Aceh Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa