Panduan Lengkap Cara Budidaya Tomat Di Lahan Gambut Agar Cepat Berbuah Banyak Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tomat Di Lahan Gambut Agar Cepat Berbuah Banyak Bagi Pemula – Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae yang merupakan tumbuhan asli dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan yaitu Meksiko Hingga Peru.

Tomat merupakan tumbuhan yang memiliki siklus hidup ini dapat tumbuh dengan ketinggian 1 sampai 3 meter. Tomat memiliki buah berwarna hijau, kuning, jingga, ungu(hitam), merah dan ada juga yang berwarna belang. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengandung Alkaloid.

Adapun jenis tomat diantaranya Globe tomato, Beef tomato, Oxheart tomato, Plum tomato, Pear tomato, Cherry tomato, Grape tomato, Campari tomato, Tomat Betterboy, Tomat Kumato, Tomat Early Girl, Tomat Gardener’s Delight, Tomat Mortgage Lifter, Tomat San Marzano, Tomat Super Sweet 100, Tomat Big Beef, Tomat Green Zebra, Tomat Tigerella, Tomat Mr.Stripey, Tomat Brandywine, Tomat Japanese Black Trifele, Tomat Roma, Tomat Crerokee Purple, Tomat Black Krim, Tomat Celebrity, Tomat Hillbilly, Tomat Santorini, Tomat Big Rainbow, Tomat Monkeymaker, dan Tomat Golden Jubilee.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam tomat diantaranya vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat juga mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Tomat memiliki kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor dan tembaga. Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid. Dengan kandungan tersebu, tomat memiliki beragam manfaat diataranya melawan sel kanker, memperbaiki jaringan sel kulit, meningkatkan mood, mencegah terjadinya penyakit jantung, mencegah hipertensi, menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya.

Kali ini kita akan membahas cara budidaya tomat di lahan gambut yang meiliki pH atau derajat keasaman sekitar 4-5. Berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Tomat Di Lahan Gambut

Persiapan Lahan Tanam Tomat

Lahan gambut yang dapat digunakan untuk menanam tomat yaitu memiliki ketebalan gambut kurang dari 3 meter dan lapisan mineral dibawah gambut sangat menentukan pertumbuhan tanaman tomat.

Lahan gambut tersebut kemudian diolah dengan cara digemburkan terlebih dahulu lalu diberi pupuk kandang agar tingkat keasaman lahan gambut berkurang.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm, setelah itu biarkan lubang tanam selama 14 hari agar racun yang ada dalam tanah hilang.

Persiapan Bibit Tomat

Jika tanpa bumbung, penyemaian benih tomat dapat dilakukan di bedengan atau bak semai dengan cara ditabur secara merata atau dengan larikan. Penyemaian bisa juga dilakukan dalam pot tanam.

Media semai yang digunakan yaitu campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Media semai dan media bumbungan tersebut harus disterilkan agar tidak mudah terserang hama dan penyakit. Jika bibit telah berumur satu bulan maka bibit tomat dapat dipindah tanamkan ke lahan gambut yang telah disiapkan.

Pemindahan Tanam Bibit Tomat ke Lahan Gambut

Bibit yang telah berumur 1 bulan atau telah memiliki tinggi sekitar 10-15 cm dengan 2-3 pasang daun sempurna, selanjutnya ditanam pada lubang tanam yang telah disiapkan.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Tomat Pada Lahan Gambut

Agar nutrisi yang diperlukan tanaman tomat untuk tumbuh terpenuhi, maka lakukan pemupukan dengan dosis pupuk yang diberikan per hektar lahan yaitu 10-20 ton pupuk kandang, 100 kg pupuk N5, 80-100 kg pupuk P2O5 dan 60-120 kg pupuk K2O.

Pemberian pupuk nitrogen dan kalsium dilakukan 2 kali yaitu saat proses tanam dan saat tanaman berbunga.

Lakukan pemangkasan pada tunas tanaman tomat agar diperoleh pertumbuhan tanaman tomat bagus. Lakukan pula pemberian ajir dari bambu atau kayu agar tanaman tomat tidak mudah roboh.

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman tomat. Jika tanaman terserang hama atau penyakit segera lakukan penanganan dengan cara memberikan pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Pemanenan Tomat

Tomat dapat dipanen setelah berumur sekitar 60-100 hari setelah tanam. Pemanenan tersebut dilakukan pada pagi atau sore hari. Pemanenan selanjutnya dapat dilakukan 2-3 hari sekali. Dalam 1 hektar lahan tanam dapat menghasilkan sekitar 15-30 ton tomat.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Tomat Di Lahan Gambut Agar Cepat Berbuah Banyak Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa