Cara Budidaya Vanili

Panduan Lengkap Cara Budidaya Vanili, Penanaman Hingga Perawatan Dengan Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Vanili, Penanaman Hingga Perawatan Dengan Mudah Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan sebagai pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

Tanaman vanili berasal dari daerah panili atau Perneli, Meksiko. Tanaman ini pertama kali dikenal oleh orang-orang indian di Meksiko tersebut.

Tanaman vanili tumbuh melekat pada pohon atau tonggak yang disediakan. Tanaman vanili memiliki batang sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak dan berbuku denganpanjang sekitar 15 cm. Daun tanaman vanili merupakan daun tunggal, letaknya berseling, berwarna hijau dengan bentuk daun bulat telur, lanset, atau jorong, pipih berdaging dengan ujung lancip. Bunga vanili tersusun bertandan dengan setiap tandan terdii atas 15-20 bunga.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Orchidales
Famili: Orchidaceae
Genus: Vanilla
Spesies: Vanilla planifolia

Berikut ini adalah cara menanam tanaman vanili atau cara budidaya tanaman vanili.

Cara Budidaya Tanaman Vanili

Syarat Tumbuh

Tanaman vanili dapat tumbuh baik pada daerah tropis dengan ketinggian sekitar 400-600 mdp, memiliki curah hujan sekitar 1500-2500 mm/tahun, memiliki suhu udara optimal sekitar 20-30 derajat celcius serta memiliki kelembaban udara sekitar 65%-75%. Tanah yang baik untuk menanam vanili adalah tanah yang gembur, lempung berpasir dan kaya bahan organik dengan pH atau derajat keasaman tanah sekitar 5,5-6,5.

Persiapan Bibit Tanaman Vanili

Bibit vanili dapat diperoleh dengan 2 caea yaitu cara generatif atau menggunakan biji dan cara vegetatif dengan stek. namun petanibanyak yang menggunakan bibit yang berasal dari stek.

Tanaman vanili yang akan dijadikan bibit adalah tanaman yang sehat, unggul, memiliki produktivitas yang tinggi serta toleran terhadap hama dan penyakit. Selanjutnya potong sulur batangnya sepanjang 30-35 cm untuk dijadikan bibit stek, batang tersebut dapat anda potong denganmenggunakan pisau atau cutter dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman indukan.

Setelah mendapatkan bibit selanjutnya bibit stek tersebut disemai dalam polybag tanam berukuran sekitar 25×40 cm yang telah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1. Lakukan penyiraman secara rutin pada bibit sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari hingga bibit berumur sekitar 2-3 bulan.

Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang akan digunakan untuk menanam vanili dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tanaman penggangu lainnya. Selanjutnya gemburkan tanah lahan dengan cara dicangkuli atau dibajak.

Penanaman Pohon Pelindung atau Tiang Panjat

6-8 bulan sebelum penanaman tanaman vanili, lakukan penanaman pohon pelindung sebagai pelindung sekaligus sebagai mesia rambat tanaman vanili. Jika tidak ingin ribet anda dapat menggunakan media panjat berupa kayu sebagai tiang panjatnya.

Penanaman Tanaman Vanili

Buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 25 x 20 x 12 cm dengan jarak antar lubang sekitar 1 x 2 meter.

Setelah semuanya siap dan bibit telah berumur sekitar 6-7 bulan selanjutnya lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit tanaman vanili lalu letakkan dalam lubang tanam yang telah disiapkan lalu timbun kembali dan padatkan. Waktu penanaman yang baik yaitu pada awal musim penghujan.

Pemeliharaan Tanaman Vanili

Penyulaman
Sebelum tanaman berumur 2 minggu, lakukan penyulaman pada tanaman vanili yang tumbuh tidak optimal atau mati dengan tanaman yang baru agar tanamantumbuh seragam.

Penyiangan
Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman vanili agar nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan vanili tidak berebut dengan gulma tersebut. Sebaiknya penyiangan dilakukan dengan cara manual mengguanakan kored.

Pengaturan Sulur atau Perambatan
Agar sulur tumbuh ideal maka lakukan pengaturan sulur. Sulur yang sudah tua, kering dan terserang hama penyakit dipotong dengan menggunakan pisau atau cutter yaitu sebelum musim berbunga atau tepatnya 3-4 bulan dilakukan kegiatan pemotongan ujung sulur yang merangsang pembungaan.

Pemupukan
Lakukan pemupukan pada tanaman vanili sekali dalam setahun dengan menggunkan pupuk kandang ataupun pupuk NPK, Urea, TSP, atau KCL dengan dosis sesuai anjuran.

Penyerbukan Bunga Vanili
Penyerbukan bunga vanili dilakukan untuk menghasilkan buah vanili. Biasanya bunga vanili keluar psetelah berumur sekitar 1,5-3 tahun. Penyerbukan ini dapat dilakukan menggunakan bantuan alat seperti lidi atau batang kecil atau yang lainnya. Selanjutnya cari rostellum yang menghalangi putik dan kepala sari, jika sudah ketemu lalu ambil rostellum dan satukan putik dan kepala sarinya.

Pemanenan Vanili

Pemanenan buah vanili dapat dilakukan setelah berumur sekitar 7-8 bulan, setelah dilakukan penyerbukan bunga. Pemanenan vanili ini dapat dilakukan secara berkala selama 1-2 bulan. Pemanenan dilakukan dengan cara memetik buah yang telah masak dengan menggunakan tangan lalu dimasukkan dalam wadah dan siap dilakukan sortir, pemeraman selama 1-2 hari, poengeringan dan selanjutnya dapat dikemas dan dijual.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Vanili, Penanaman Hingga Perawatan Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa