Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar

Posted on

Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar

Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas tentang Cara Memelihara serta Merawat Hamster. Nah untuk para pecinta hamster berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Hamster adalah jenis dari hewan pengerat dari sub familia cricetinae. Hamster memiliki ukuran yang mini, badan gemuk, memiliki ekor yang pendek,memiliki bermacam warna rambut tergantung pada spesiesnya ada yang coklat, abu-abu, hitam, putih, merah serta kuning. Hamster hidup di bukit dikaki gunung, perbatasan padang pasir, bukit pasir yang divegetasi serta dataran rendah yang bersemak dan berbatu, sungai dilembah, padang rumput atau juga diladang tanam.
Hamster adalah hewan pemakan segala(omnivora), mereka memakan mulai dari padi, buah-buahan, akar, invertebrata, tumbuhan hijau, dan beberapa serangga kecil. Mereka membawa makanan mereka di pipi yang didalamnya terdapat kantung.
Hamster adalah hewan noktunal walaupun juga dikatakan hewan krepustular, mereka aktif dari pagi hingga petang. Hamster adalah binatang penggali yang baik. Hamster melakukan pembuahan pada usia yang berbeda tergantung spesies. Ada yang di usia 1 bulan sampai 3 bulan. Hamster betina tidak dapat dibuahi setiap hari karena betina mengalami estrus kira-kira 3 hari sedangkan jantan dapat melakukan pembuahan setiap hari. Hamster dapat hidup lebih dari 3 tahun tergantung spesiesnya.

Hamster Roborovski (Phodopus roborovskii)

Klasifikasi ilmiah Hamster
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Rodentia
Famili: Cricetidae
Upafamili: Cricetinae
Genus: Mesocricetus, Phodopus, Cricetus, Cricetulus, Allocricetulus, Cansumys, Tscherskia

Karena memiliki ukuran yang mini dan mudah dibawa kemana-mana maka banyak orang yang suka memelihara hamster untuk hewan peliharaan.
Bagi anda yang ingin memelihara hamster sebelumnya anda harus mengetahui jenis hamster yang akan anda pelihara dahulu sehingga anda tidak salah dalam melakukan perawatan terhadap hamster tersebut, anda bisa menanyakan pada toko tempat anda membeli.
Nah berikut adalah cara memelihara serta merawat hamster yang baik dan benar bagi para pecinta hamster:

  • Kandang
    Kandang Hamster Serbuk kayu dalam kandang hamster

    Kandang adalah hal yang sangat penting dalam pemeliharaan hamster karena kandang adalah tempat untuk tinggal si hamster. Hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan kandang hamster adalah ukuran, alas kandang dan kebersihan kandang. Alas kandang dapat berupa serbuk kayu atau sekam padi agar air seni dan kotoran tidak memiliki bau terlalu tajam.Karena hamster suka berlarian jadi berikan ukuran kandang yang sesuai dengan hamster yang akan dipelihara lebih baik berikan ruang yang luas. Kebersihan kandang perlu diperhatikan, lakukan pembersihan kandang secara rutin setidaknya lakukan seminggu sekali, ganti alas kandang dengan yang baru.
  • Makanan dan Minuman Hamster
    Makanan Hamster

    Hamster adalah hewan omnivora tapi hamster lebih suka makan biji-bijian yang memiliki gizi seimbang dan tidak mengandung lemak dan protein yang tidak banyak, misalnya : Kacang merah, kacang hijau, beras merah, padi atau jagung dengan makanan selingannya dapat berupa buah atau sayur seperti apel,kol dan lainnya. Biji bunga matahari dan kacang tanah bisa menjadi makanan selingan untuk diberikan pada hamster. Pemberian makanan dan minuman diberikan pada tempat khusus jangan di letakan sembarangan atau disenbar karena jika tidak dimakan oleh hamster dan tidak segera di bersihkan maka makana akan busuk dan dapat menyebabkan penyakit pada hamster.
  • Mainan Hamster
    Karena hamster suka bermain mak berikan mainan seperti rantai atau tali untuk memanjat, hamsterball, dan lain-lain.
  • Pemeliharaan Hamster
    memelihara hamster

    Cahaya matahari sangat baik bagi hamster tapi karena hamster adalah hewan nokturnal jadi tidak cocok jika terlalu terkena cahaya matahari. Jika ingin menjemur hamster sebaiknya hanya sampai sekitar jam 9 karena matahari belum terlalu terik.
    Memandikan hamster sebaiknya menggunakan wadah yang sudah ada air setinggi kaki hamster untuk berendam hamster jangan mengguyurnya secara langsung. setelah itu keringkan menggunakan handuk atau yang lain lalu sisir bulu hamster menggunakan sikat halus agar bulu rapi. Selain hal tersebut lakukan juga pemijatan halus pada hamster agar hamster menjadi jinak,  selain menjadi jinak pemijatan juga dapat membuat peredaran darah si hamster lancar.

Demikian pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa