Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat

Selain dibudidayakan di lahan terbuka anggur juga dapat ditanam didalam pot, hal tersebut menguntungkan bagi anda yang tidak memiliki lahan untuk melakukan budidaya. Berikut adalah cara menanam anggur didalam pot:

a. Pembibitan Tanaman Anggur
Umumnya, Bibit tanaman anggur paling banyak diperoleh dari stek. Batang cabang yang akan digunakan untuk bibit stek sebaiknya berasal tanaman yang telah berumur lebih dari setahun dalam keadaan sehat serta batang cabang tersebut memiliki diameter sekitar 1 cm. Setelah batang cabang telah terpilih maka selanjutnya dipotong sepanjang 25 hingga 30 cm cara pemotongannya yaitu untuk dasar cabang dipotong horizontal dengan jarak 0,5 dari ruas dan untuk ujung dipotong miring dengan jarak 2 cm dari ruas. Selanjutnya ujung stek di tutup dengan parafin agar mencegah penguapan. Stek secara kolektif menggunakan media pasir yang lembab untuk menumbuhkan tunas dan akarnya. Tunas dan akar akan cabag stek akan tumbuh setelah sekitar 4 bulan dan siap dipindahkan ke polybag tanam. Polybag tanam ter sebut diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dengan pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Apabila bibit stek telah ditanam pada polybag tanam tempatkan pada tempat yang teduh dan lakukan penyiraman rutin secukupnya. Bibit tanaman anggur dapat dipindah ke pot setelah berumur 1,5 hingga 2 bulan dengan ciri-ciri memiliki akar dengan panjang 5 hingga 10 cm dan memiliki minimal 2 lembar daun dengan posisi normal yaitu di kanan dan kiri.

b. Pot Tanam
Pot yang akan digunakan untuk penanaman sebaiknya pot yang terbuat dari semen, plastik atau pot tanah. Namun pot yang biasa digunakan adalah pot yang digunakan adalah pot yang terbuat dari tanah karena pot berbahan tanah memiliki pengaruh yang cukup baik untuk tanaman anggur karena pot tanah memiliki pori-pori pada bagian dasar yang dapat menyerap air. Pot tersebut harus memiliki diameter yang besar dengan permukaan bawah yang sama besar.

c. Media Tanam
Media tanam yang digunakan untuk menanam anggur adalah campuran pasir dan tanah.

d. Penanaman Dalam Pot
Jika bibit , pot dan media tanam telah siap maka lakukan penanaman. Pertama masukkan pecahan bata atau genteng ke bagian dasar pot, setelah itu masukkan media tanam yang telah dipersiapkan hingga pot terisi hampir penuh. Selanjutnya buatlah lubang tanam pada bagian tengan media tanam dalam pot dengan ukuran dibuat lebih besar dari polybag tanam bibit. Jika sudah, tanam bibit dalam pot namun sebelumnya lepaskan dahulu polybag tanam pada bibit. Tanam bibit pada lubang tanam yang disiapkan atur dengan posisi tegak, setelah itu timbun kembali dengan media tanam. Setelah penanaman selesai maka lakukan penyiraman hingga media tanam turun sekitar 5 cm dari bibir pot tanam. Jika sudah, letakkan pot tersebut pada tempat yang terkena matahari secara penuh.

e. Penyiraman Tanaman Anggur
Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak sekali sehari yaitu pada sore hari, penyiraman dilakukan secara berhati-hati agara tidak merusak media tanam.

f. Pemasangan Ajir Dan Panjatan
Lakukan pemasangan ajir pada awal penanaman agar tanaman dapat tumbuh memanjatkan sulurnya. Ajir tersebut berfungsi untuk penyangga bibit hingga pemangkasan pertama dilakukan. Ajir dapat dibuat dari kayu atau bilah bambu setebal 1,5 cm dengan ukuran panjang sekitar 1 meter. anjit ditancapkan ke media tanam lalu ikat tanaman pada ajir agar tanaman tidak roboh ketika ada angin. Selain ajir, buat pula panjatan dari bilah bambu yang tebalnya sekitar 2 cm dan memiliki panjang sekitar 1,5 meter, tancapkan panjatan tersebut dengan jumlah 4 di bagian pinggir.

g. Pemupukan Tanaman
Tanaman yang baru ditanam diberi pupuk berupa pupuk urea dengan dosis sekitar 1 sdm, setelah itu pemupukan tersebut dilakukansetiap 2 hari sekali hingga tanaman berumur 3 bulan, setelah 3 bulan dosis pupuk yang diberikan menjadi 2 sdm dan diberikan sekali dalam sebulan.

h. Pemangkasan dan Pemanenan
Agar tanaman anggur cepat berbuah maka perlu dilakukan pemangkasan hingga tumbuh cabang tersier. Pemangkasan dilakukan untuk merangsang pertumbuhan bunga dan juga buah. Setelah pemangkasan bunga lama-kelamaan akan mekar dan tumbuh menjadi buah kecil berwarna hijau.

Setelah berumur 105 hingga 120 hari setelah pemangkasan dilakukan anggur dapat dipanen. Sebelum dan sesudah pemanenan sebaiknya lakukan perawatan secara baik mulai dari pemyiraman yang teratur dan juga pemupukan setiap bulan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa