Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih Hidroponik Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih Hidroponik Di Rumah Bagi Pemula – Bawang putih (Allium sativum) adalah salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan bagian umbinya untuk campuran masakan ataupun untuk pengobatan. Bawang putih mentah memiliki rasa angur atau getir karena penuh dengan senyawa sulfur termasuk alliin.

Klasifikasi Ilmiah Bawang Putih
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Alliaceae
Upafamili: Allioideae
Bangsa: Allieae
Genus: Allium
Spesies: A. sativum

Dalam 100 gram bawang putih mengandung kalori 150 kkl, karbohidrat 33 gr, protein 6,36 gram, vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, folat, zat besi, kalsium, mangan, magnesium, kalium, natrium, seng, dan fosfor. Selain itu terdapat senyawa sulfur allicin.

Dengan kandungan tersebut, bawang putih memiliki berbagai manfaat kesehatan diantaranya dapat membantu mengobati sakit tenggorokan, batuk dan radang tenggorokan; dapat membantu mencegah demam dan flu; dapat membantu mencegah pembekuan; dapat membantu mencegah kanker; dapat mengobati sakit gigi; dapat membantu mengatasi jerawat; dan lain sebagainya.

Cara Menanam Bawang Putih Secara Hidroponik

Persiapan Bibit Bawang Putih

Pertama, pilih bawang putih yang berkualitas baik dengan ukuran besar dan tidak cacat. Biarkan bawang putih hingga berumur tua dan memiliki akar dengan meletakkanya pada media air ataupun kapas yang diberi air untuk media penumbuhan tunas. Biarkan bawang putih memiliki tunas setinggi 5-10 cm dan berakar.

Jika kalian tidak ingin repot, kalian dapat membeli bibit bawang putih di toko atau petani bawang putih sehingga kalian tidak perlu melakukan pembibitan dan bisa langsung melakukan penanaman pada media hidroponik.

Media Tanam Bawang Putih Hidroponik

Siapkan aklat dan bahan untuk melakukan hidroponik bawang putih diantaranya seperti arang, pupuk kompos ataupun pupuk kandang, sekam, air, kain flannel, tanah dan botol plastic ataupun gelas plastik berukuran besar. Selain itu, alat pemotong, cutter, pisau atau gunting.

Jika semua sudah siap segera lakukan pembuatan media tanam bawang putih hidroponik, berikut langkahnya:

Pertama, potong botol plastik menjadi dua bagian dan ukur, untuk bagian bawah botol harus memiliki panjang sekitar 4 cm dan jangan lupa beri lubang-lubang kecil di bagian dasar botol. Untuk bagian atas botol, bisa dipotong bagian tutup botol agar diameter lubang pada tutup botol menjadi lebih besar dan lebar ukur dengan panjang sekitar 1 cm untuk diameter lubangnya. Jika menggunakan gelas plastik, juga harus memberikan lubang-lubang kecil pada bagian dasar gelas.

Jangan lupa beri lubang pada bagian atas di sebelah leher botol dengan diameter 1 cm dan berikan pula lubang yang sama pada bagian bawah, setelah itu bisa dimasukkan kain flannel untuk media penyerapan air. Jika kesulitan mencari kain flannel, bisa digantikan dengan sumbu kompor.

Selanjutnya masukkan nutrisi hidroponik bawang putih yang telah disediakan sebelumnya ke dalam botol yang berada pada bagian bawah, usahakan jangan sampai kapasitasnya melebihi lubang yang dibuat agar nutrisi tidak berkurang banyak.

Tutup dengan kain flannel atau dapat memasang sumbu di bagian atas dan masukkan pada botol bagian bawah dengan posisi terbalik. Dengan begitu maka tanaman bawang putih busa ternutrisi dan terairi dengan baik.

Kemudian, campurkan tanah, pupuk kandang ataupun kompos, sekam dan arang yang telah dihaluskan dengan perbandingan yang sama yaitu 1: 1: 1: 1.

Penanaman Bawang Putih Hidroponik

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Pertama bersihkan bibit terlebih dahulu menggunakan gunting, buang bagian yang tidak diperlukan lalu cuci dengan air hingga bersih dan segar.

Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada media tanam, untuk setiap satu wadah botol plastik hanya diperbolehkan untuk membuat 1 lubang tanam saja dan jangan menanam dua bibit pada satu wadah botol.

Masukkan bibit bawang putih ke dalam lubang tanam dan tutupi lubang tanam menggunakan tanah campuran, jangan lupa untuk memadatkan tanahnya agar bibit berdiri kokoh.

Perawatan Bawang Putih Hidroponik

Lakukan penyiraman pada bawang putih dengan media hidroponik jika tanah pada media tanam mulai kering saja. Lakukan pemupukan, pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk kompos ataupun pupuk organik setiap 2-3 minggu sekali secukupnya saja. Lakukan pula penyiangan jika ada rumput yang tidak sengaja tumbuh pada media tanam.

Panen Bawang Putih Hidroponik

Bawang putih hidroponik dapat dipanen ketika tanaman sudah berusia kurang lebih sekitar 1-2 bulan dan sekurang-kurangnya berusia 6 minggu. Ciri bawang putih yang siap panen yaitu sebagian daun dari tanaman bawang putih berubah warna jadi kecoklatan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih Hidroponik Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa