Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jambu Ungu Australia Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jambu Ungu Australia Bagi Pemula – Jambu Australia adalah jenis jambu yang di introduksi dari Australia. Sama seperti buah jambu biji merah biasa (Psidium guajava), namun jambu biji ini super merah atau super red, selain itu, keunikan dari jambu biji jenis ini yaitu daun pada pohonnya berwarna merah keunguan.

Tanaman jambu ungu australia ini selain sebagai penghasil buah, juga banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Buah jambu biji berukuran tidak terlalu besar, buahnya memiliki rasa tawar apabila belum masak tapi apabila sudah masak rasanya manis.

Buah jambu ungu australia biasanya dapat dimakan dalam keadaan segar ataupun dibuat jus. Karena mengandung banyak vitamin c, jambu ini sering dimanfaatkan untuk menaikkan trombosit darah yang terus menurun pada penderita demam berdarah atau DBD.

Cara Menanam Budidaya Jambu Ungu Australia

Syarat Tumbuh Jambu Australia

Secara umum, jambu biji dapat tumbuh di berbagai iklim dan lahan, walaupun begitu agar memperoleh hasil yang baik maka perlu diperhatikan syarat tumbuhnya. Tanaman jambu biji dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian hingga 1000 mdpl dan suhu sekitar 30-35 derajat celcius serta mendapatkan penyinaran sepanjang hari. Jenis tanah yang baik untuk menanam jambu biji yaitu tanah berpasir, gembur dan banyak mengandung unsur organik. Kedalaman air tanah yang baik antara 50-200 cm. Derajat keasaman tanah atau pH berkisar antara 4-8. Curah hujan optimum tidak kurang dari 2.000 mm per tahun atau sekitar 7-12 bulan basah.

Cara Pembibitan dan Menanam Jambu Australia

Perbanyakan jambu biji dapat dilakukan melalui biji benih atau cangkok. Jika bibit diperoleh dengan melalui biji benih sekitar 70% semainya mempertahankan karakteristik umum pohon induknya. Benihnya berkecambah dengan baik dalam waktu 15-20 hari sejak penyemaian dan viabilitasnya dalam jangka waktu yang panjang. Bibit semai tersebut dicabut dan dipindahtanamkan ke pembibitan ditanam berbaris atau dalam pot untuk dipelihara lebih lanjut hingga siap untuk ditanam di lapangan atau setelah 6-12 bulan semai, atau untuk dilakukan penyambungan.

Jika perbanyakan dilakukan melalui cangkok untuk jumlah yang besar dianjurkan untuk melakukan tempelan perisai atau tambalan (shield atau patch buddings) di atas batang bawah yang berasal dari semai. Keberhasilan pencakokan ini bergantung pada pertumbuhan pohon induk dan batang bawahnya. Ranting yang bermata tunas hendaknya sudah dewasa atau kulit kayunya sudah tidak hijau lagi dan daunnya dibuang 2 minggu sebelum dilakukan penempelan agar tunasnya membengkak. Penempelan segera dilakukan setelah batang bawah cukup besar untuk ditempeli tunas, pada ranting yang tua tunasnya tidak mudah tumbuh. Tanaman tempelan siap untuk dipindahtanamkan ke lahan tanam sesungguhnya setelah 4-5 bulan.

Jika bibit dan lahan sudah siap, tanam bibit jambu australia dengan jarak tanam 4-6 meter ataupun dengan jarak 10 m x 8 m.

Cara Merawat Jambu Australia

Lakukan pengairan selama musim kering dan lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk daun minimal setahun sekali dengan dosis 1,65% N, 0,26% P, 1,4% K, 1,25% Ca, dan 0,3% Mg.

Lakukan pula pemangkasan ringan berulang untuk memacu keluarnya pucuk pembungaan agar produksi dapat berlangsung sepanjang tahun. Pada pohon muda yang subur, cabang-cabang utamanya bisa dibengkokkan ke arah bawah dan dipangkas untuk merangsang pertumbuhan tunas lateral.

Pada awal musim berbuah, lakukan pemangkasan pada beberapa cabang yang subur guna merangsang terbentuknya struktur pohon terbuka. Jika pohon berbuah dengan baik, cabang-cabangnya akan cepat menjadi dewasa, sehingga pohon yang dewasa. Lakukan pula pemangkasan penggantian pada cabang-cabang yang menggantung sehingga tinggal ranting-ranting muda.

Jika sudah berbuah, lakukan penjarangan buah. Pada umumnya, pucuk lateral menghasilkan 2-6 kuntum bunga dan hanya 1 atau 2 buah yang sebaiknya dipertahankan. Buah kemudian dibungkus untuk menghindari serangan lalat buah. Buah dapat dipanen saat masih hijau untuk mencegah pembusukan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jambu Ungu Australia Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa