Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jeruk Nagami Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jeruk Nagami Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Jeruk Nagami (Citrus Japonica) merupakan jenis tanaman jeruk yang berasal dari Jepang. Ciri tanaman jeruk nagami yaitu buahnya berbentuk lonjong dan berukuran kecil. Selain dagingnya yang dapat dikonsumsi, kulit buahnya juga dapat dikonsumsi bahkan rasa kulit buah jeruk nagami lebih manis dibandingkan daging buahnya, beraroma wangi dan segar.

Pohon jeruk nagami dapat tumbuh hingga ketinggian 2,5-4,5 meter dengan batang bercabang dan berduri. Tanaman jeruk nagami rajin berbuah dan setiap pohon dapat menghasilkan ribuan buah.

Daun jeruk nagami mengandung banyak minyak atsiri, buahnya yang kayan serat juga mengandung gula, asam organik dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B, C dan mineral seperti kalsium dan zat besi. Jeruk nagami juga kaya akan manfaat, adapun manfaat jeruk nagami bagi kesehatan diantaranya yaitu membantu mengobati bronkitis, batuk pilek, radang tenggorokan, demam, diare, gangguan limpa dan lainnya . Selain itu jeruk ini juga baik untuk orang yang sedang diet (8 buah jeruk nagami setara dengan 100 kalori).

Cara Menanam Budidaya Jeruk Nagami

Pemilihan Bibit Jeruk Nagami

Cara pembibitan jeruk nagami dapat dilakukan melalui sitem okulasi. Namun jika anda tidak ingin ribet menyiapkan bibit jeruk nagami ini, anda dapat membeli bibit jeruk nagami siap tanam di toko bibit. Pilihlah bibit yang berkualitas baik yaitu sehat, bebas dari hama dan penyakit, berdaun segar, berbatang kokoh dengan dahan rindang.

Persiapan Lahan Tanam Jeruk Nagami

Lahan yang akan digunakan untuk menanam jeruk nagami dibersihkan terlebih dahulu dari gulma ataupun tanaman pengganggu lainnya. Selanjutnya, buatkah lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Diamkan lubang tanam tersebut selama sekitar 2-3 hari agar lubang tanam tersinari matahari dan bakteri serta racun dalam tanah mati.

Tanah bekas galian lubang dicampur dengan kompos atau pupuk kandang yang telah terfermentasi dan juga sekam untuk menutup lubang tanam.

Penanaman Jeruk Nagami

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag bibit jeruk nagami dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran bibit dan juga media tanamnya. Letakkan bibit ke dalam lubang tanam dengan posisi tegak lurus, kemudian tutup lubang tanam dengan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya yaitu campuran tanah galian, sekam dan kompos atau pupuk kandang yang sudah terfermentasi, padatkan media disekitar bibit agar bibit tidak mudah roboh apabila terkena angin ataupun air hujan. Setelah penanaman selesai, Berikan ajir dari bilah bambu setinggi 1,5 meter untuk menopang bibit agar tidak mudah roboh, lalu lakukan penyiraman secukupnya saja.

Perawatan Jeruk Nagami

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam sehari tergantung kelembaban tanahnya. Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar lahan tanam. Lakukan pula pemangkasan pada cabang yang kering ataupun cabang yang tidak perlu.

Selain itu, agar nutrisi pertumbuhan yang dibutuhkan jeruk nagami terpenuhi lakukan pemupukan. Pemupukan dapat menggunakan pupuk organik maupun pupuk kombinasi kimia seperti pupuk NPK buah dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Pemupukan tersebut dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali. Agar cepat berbuah, lakukan pemberian hormon perangsang buah secara rutin yaitu setiap satu bulan sekali.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jeruk Nagami Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa