Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dengan Teknik Vertikultur Pipa Paralon

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dengan Teknik Vertikultur Pipa Paralon – Cabe atau Cabai (Capsicum annum L) adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk bumbu, dengan rasa yang pedas cabai bisa menjadi penguat rasa masakan, sambal, pelengkap makanan dan lain sebagainya.

Cabai banyak dibudidayakan karena nilai jualnya yang tinggi, terlebih harga pada saat menjelang hari raya, harga cabai dapat mengalami kenaikan yang drastis.

Jika anda ingin menanam cabe namun anda tidak memiliki lahan yang luas, anda dapat menanam cabai dengan teknik vertikultur. Vertikultur adalah sistem berkebun dengan menyusun dan meletakkan tanaman secara vertikal. Dengan teknik ini efektif untuk memaksimalkan penggunaan lahan yang sempit. Teknik vertikultur ini menggunakan tabung bambu ataupun paralon PVC , teknik ini banyak diterapkan di pekarangan atau teras rumah dengan membuat rak bertingkat untuk pot atau rak yang terbuat dari besi. Berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Cabai Dengan Teknik Vertikultur

Persiapan Alat dan Bahan Vertikultur

Adapun alat dan bahan yang diperlukan, diantaranya yaitu:

Pipa paralon
Gergaji besi
Pensil dan botol bekas
Lilin/hair dryer untuk memanaskan pipa
Bibit cabai
Media tanam (Tanah, Arang Sekam, Pupuk Kandang)
Semen dan pasir secukupnya.

Cara Membuat Vertikultur Pipa Paralon

Pipa paralon diberi tanda menggunakan pensil berupa garis melintang sepanjang 10 cm, buat garis serupa diatas garis pertama dengan 30-40 cm. Buat beberapa garis yang sesuai dengan panjang paralon yang tersedia. Kemudian, potong dengan menggunakan gergaji besi pada garis yang sudah dibuat. Ambil hair dryer untuk memanaskan bagian paralon yang sudah dipotong. Selanjutnya, ambil botol dan masukkan ked alam pipa paralon untuk mencetak lubang tanam. Selain itu, buat dudukan menggunakan campuran semen dan pasir/kayu.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang digunakan untuk menanam cabe secara teknik vertikultur menggunakan pipa paralon yaitu campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang. Buat campuran media tanam dengan perbandingan tanah 2 : arang sekam 2 : pupuk kandang 2. Aduk rata, letakkan media tanam di tempat terbuka tapi terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Satu minggu kemudian, masukkan media tanam ke dalam pipa paralon yang sudah digunakan.

Cara Menanam Cabai Vertikultur Dalam Pipa Paralon

Jika media tanam dan bibit cabai sudah siap, penanaman dapat langsung dilakukan. Ambil bibit cabai dan tanam pada lubang tanam pot vertikultur. Siram dengan menggunakan air agar bibit cabai tidak layu dan beri sinar matahari sedikit demi sedikit hingga akhirnya tersinari matahari secara penuh.

Pemeliharaan Tanaman Cabai Vertikultur

Pemeliharaan tanaman cabai vertikultur diantaranya penyiraman, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca. Agar tanaman cabai vertikultur tumbuh subur, pada usia 15 hari setelah tanam bisa dilakukan pemupukan susulan. Pemupukan tanaman cabai vertikultur dilakukan 1 atau 2 kali seminggu dengan cara dikocor. Pupuk yang digunakan bisa berupa nutrisi AB Mix atau pupuk NPK 16. Larutkan 1 sendok makan pupuk NPK dengan 2 liter air lalu kocorkan 100 ml larutan tanaman cabai vertikultur. Lakukan hati-hati saat melakukan pengocoran jangan sampai mengenai daun cabai. Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara mikro, semprot dengan pupuk daun setiap satu minggu sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dengan Teknik Vertikultur Pipa Paralon“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.