Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Pohon Ketapang Kencana Di Pekarangan Rumah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Pohon Ketapang Kencana Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula – Ketapang kencana (Terminalia mantaly) adalah sejenis tumbuhan peneduh berwujud pohon. Pohoon ketapang kencana ini memiliki tajuk mendatar dan berlapis-lapis, sebagaimana kerabat satu marganya, ketapang T. catappa.

Ketapang kencana merupakan tumbuhan endemik Madagaskar, tapi sekarang diintroduksi ke berbagai daerah tropika.

Klasifikasi Ilmiah Ketapang Kencana
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Myrtales
Famili: Combretaceae
Genus: Terminalia
Spesies: T. mantaly

Pohon ketapang kencana banyak ditanam di taman atau sebagai tanaman peneduh di jalan-jalan besar. Pohon ketapang kencana berbentuk pohon tinggi dengan cabang yang berjarak dengan cabang lain. Daunnya kecil dan jarang. Pohon ini tidak terlalu besar sehingga masih bisa ditanam di tengah jalan pembatas jalur berlawanan arah. Pohon ini mampu menyerap polusi cukup baik, jadi sangat cocok ditanam di daerah polutan seperti jalan besar yang sering macet. Tapi bukan berarti tanaman ini tidak cantik jika ditanam di pekarangan rumah.

Cara Menanam dan Merawat Pohon Ketapang Kencana

Pembibitan Pohon Ketapang Kencana

Pembibitan ketapang kencana dapat dilakukan melalui cangkok. Prinsip pencangkokannya sama dengan cangkok pada umumnya yiatu memilih batang yang bagus, lurus dan tidak cacat. Kerat dan hilangkan lendir pada batangnya. Timpal dengan tanah dan balut dengan plastik bening. Selanjutnya lakukan penyiraman secara berkala hingga akarnya tumbuh banyak. Setelah itu, potong dan simpan ditempat lembab.

Penanaman Pohon Ketapang Kencana

Buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 30 cm lalu tanah galian dengan pupuk kandang/kompos (1:1) hingga merata. Kemudian tanam bibit pohon ketapang lalu timbun dengan media tanam tadi dan padatkan media tanam di sekitar bibit. Selanjutnya, lakukan penyiraman agar media tanam lembab.

Cara Merawat Pohon Ketapang Kencana

Lakukan penyiraman pada tanaman seperlunya saja, tidak usah setiap hari, terlebih jika pohon ditanam di pekarangan atau lahan luas. Lakukan pula pemberian nutrisi berupa pupuk baik pupuk buatan atau organik secara berkala setiap 2-3 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Pohon Ketapang Kencana Di Pekarangan Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa