Panduan Lengkap Cara Menanam Mangga Kuweni Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Mangga Kuweni Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Kuweni atau kuwini (Mangifera x odorata Griffith) adalah sejenis mangga-manggaan yang masih berkerabat dekat dengan bacang. Tumbuhan ini memiliki buah yang harum dan daging buah yang lembut. Konsistensi daging buah kuweni lebih padat dan seratnya lebih halus daripada bacang.

Nama lain mangga kuweni diberbagai daerah diantaranya: kweni, asam membacang, macang, lekup (Melayu); kuwini, ambacang, embacang, lakuik (Minang kabau); kuweni, kebembem (Betawi); kaweni, kawini, bembem (Sunda.); kaweni, kuweni, kweni (Jawa); kabeni, beni, bine, pao kabine (Madura), pao kaeni (P. Sapudi); kweni, weni (Bali); mangga kuini (Sulawesi utara); kuini, guin, koini, kowini, koine, guawe stinki, sitingki, hitingki (aneka sebutan di Maluku).

Klasifikasi Ilmiah Kuweni
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: M. × odorata (M. indica × M. foetida)

Ciri-ciri mangga kuweni yaitu pohon mangga kuweni dapat mencapai ketinggian 10-20 meter dengan batang lurus. Seluruh bagian tanaman, jika dilukai, akan mengeluarkan getah berbau terpentin, yang mula-mula bening namun lama kelamaan akan menjadi coklat kehitaman. Getah tersebut bersifat menggatalkan jika terkena kulit.

Daunnya tunggal tersebar, bentuk lonjong sampai lanset dengan ujung daun melancip pendek. Buah mengga kuweni berupa buah batu berbentuk lonjong-jorong miring, kulitnya berwarna hijau hingga kekuningan dengan bintik-bintik lentisel berwarna kecoklatan yang jarang-jarang. Kulit buah agak tebal, dengan daging berwarna kuning sampai agak jingga, memiliki rasa manis-asam, berserat serta mengandung banyak sari buah. Buah mangga kuweni harum agak seperti terpentin.

Kuweni tidak pernah ditemukan hidup liar. Untuk itu, para pakar meyakini bahwa tumbuhan kuweni ini merupakan hasil silangan alami antara mangga dan bacang. Pohon buah ini umum dibudidayakan di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Semenanjung Malaya dan Filipina bagian selatan. Selain itu diketahui pula ditanam di Vietnam, Guam, dan Kepulauan Christmas.

Mangga kuweni biasanya diambil buahnya untuk dijadikan buah meja ataupun campuran minuman. Inti bijinya ditumbuk untuk dijadikan tepung lalu dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan makanan sejenis dodol. Sedangkan, kulit batang kuweni dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional.

Karena banyaknya manfaat tersebut, banyak orang yang mulai menanam mangga kuweni ini di pekarangan rumah mereka. Berikut cara menanam mangga kuweni di pekarangan rumah.

Cara Menanam Mangga Kuweni

Syarat Tumbuh Kuweni

Kuweni dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1.000 m dpl. Wilayah yang disukai tanaman kuweni yaitu daerah dengan curah hujan yang agak tinggi namun merata sepanjang tahun.

Persiapan Bibit Mangga Kuweni

Perbanyakan bibit mangga kuweni dapat dilakukan dengan menggunakan biji (generatif) ataupun cangkok, okulasi, sambung pucuk (vegetatif).

Apabila menggunakan biji, pilih mangga kuweni dengan silsilah buah yang bagus. Ambil buah yang telah masak, lalu pisahkan biji dari daging buahnya. Setelah itu, semai biji pada lahan yang memiliki tanah gembut dan subur hingga bertunas dan tumbuh. Setelah tumbuh dengan ketinggian sekitar 20 cm, pindahkan bibit ke polybag yang diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang. Setelah mencapai ketinggian 70 cm, bibit dapat dipindah ke lahan tanam permanen.

Namun jika tidak ingin ribet, anda dapat membeli bibit kuweni hasil cangkokan ataupun okulasi di toko tanaman.

Persiapan Lahan Tanam

Bersihkan terlebih dahulu lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan ukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman 50 cm. Setelah itu, masukkan pupuk kandang atau kompos setinggi 1/3 bagian. Biarkan lubang untuk beberapa hari yaitu sekitar 5-7 hari agar kondisinya stabil akibat penggalian.

Penanaman Mangga Kuweni

Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Buka polybag bibit mangga kuweni dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan medianya. Setelah itu, masukkan bibit kedalam lubang tanam dan timbun lagi dengan tanah galian yang sudah dicampur dengan pupuk kandang/kompos lalu sedikit padatkan dan lakukan penyiraman secukupnya.

Perawatan Mangga Kuweni

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar pohon mangga kuweni agar nutrisi yang dibutuhkan pohon untuk tumbuh tidak berebut dengan tanaman pengganggu tersebut.

Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap pagi dan sore hari hingga bibit benar-benar tumbuh, jika musim hujan penyiraman bisa dihentikan.

Selain itu, agar nutrisi tanaman mangga kuweni terpenuhi, lakukan pemupukan. Pemupukan dilakukan saat usia tanaman sudah 2 bulan setelah penanaman, pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk kandang/kompos.

Masa Panen Mangga Kuweni

Mangga kuweni dapat mulai menghasilkan buah setelah tanaman berumur 2-3 tahun setelah tanam untuk bibit hasil cangkokan dan 10 tahun untuk bibit dari biji.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Mangga Kuweni Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa