Panduan Lengkap Cara Menanam Nangka Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Nangka Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah – Nangka (Artocarpus heterophyllus) atau dalam bahasa inggris disebut dengan Jackfruit adalah sejenis pohon buah yang masuk dalam suku Moraceae. Pohon nangka memiliki tinggi yang bisa mencapai 20 meter hingga 30 meter, batang bulat silindris dengan diameter sekitar 1 meter. Tajuk pohonnya padat lebat, melebat dan membulat jika pada tempat terbuka. Semua bagian pohon nangka akan mengeluarkan getah putih jika terluka atau dilukai. Buah nangka berbentuk gelondong memanjang dengan panjang bisa mencapai sekitar 100 cm dengan sisi luar buah terdapat duri lunak yang pendek. Daging buahnya berwarna kuning keemasan, jika sudah matang buahnya akan memiliki bau harum yang sangat menyengat dengan biji bulat lonjong.

Klasifikasi Nangka
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Moraceae
Genus: Artocarpus
Spesies: Artocarpus heterophyllus

Banyak orang yang menyukai buah ini, baik dimasak sebagai sayur saat masih muda dan dimakan sebagai buah saat masak. Jika anda ingin melakukan budidaya nangka namun tidak memiliki lahan yang luas, anda dapat menanam nangka dalam pot atau yang sering disebut dengan tabulampot nangka. Berikut cara menanam nangka dalam pot:

Cara Menanam Nangka Dalam Pot Atau Tabulampot Nangka

Persiapan Bibit Nangka

Bibit nangka dapat diperoleh dari biji maupun teknik okulasi. Jika ingin menanam buah nangka dari biji maka harus dipilih biji yang tua dan matng lalu di bersihkan dengan air lalu dijemur sekitar 2 jam. Setelah di jemur, rendam kembali biji nagka dengan air hangat selama sekitar 2 hari, barulah setelah itu lakukan penyemaian.

Sebelum penyemaian, siapkan dahulu tempat persemaian berupa polybag yang diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang. Jika sudah siap,lakukan penyemaian. Benamkan biji benih nangka 1 biji benih/polybag. Lakukan penyiraman secara rutin sekali sehari yaitu pada sore hari. Jika bibit sudah memiliki tinggi sekitar 60-70 cm dan memiliki diameter batang sekitar 1,5 cm, bibit nangka dapat di pindahkan ke pot tanam yang berukuran lebih besar.

Jika ingin menanam nangka menggunakan bibit nangka dari teknik okulasi, bibit bisa dibuat sendiri atau dengan membelinya di toko tanaman yang menjual bibit buah, Setelah bibit dibeli, biarkan bibit selama sekitar 2 minggu agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kelebihan dari bibit hasil okulasi atau sambung pucuk ini tanaman buah akan cepat berbuah.

Cara Menanam Nangka Dalam Pot

Pertama, siapkan pot tanam berukuran besar atau disesuaikan dengan bibit nangka yang akan ditanam. Selanjutnya, berikan alas dasar berupa sterofoam bekas yang di potong dadu agar air dalam pot bisa poros dan tidak menggenang.

Setelah itu, masukan media tanam dalam pot, media tanam tersebut yaitu berupa campuran tanah gembur, sekam mentah, kompos daun, kompos kotoran hewan, sekam bakardengan perbandingan 1 : 0,5 : 1 : 1 : 0,5 yang diaduk rata hingga tercampur sempurna.

Jika sudah, selanjutnya masukkan bibit nangka ke media tanam lalu timbun kembali dengan media tanam dengan sedikit dipadatkan. Jika penanaman sudah selesai, tempatkan pada tempat yang sejuk terlebih dahulu, jika sudah kuar barulah bisa dipindahkan ke tempat yang panas.

Cara Merawat Tanaman Nangka Dalam Pot

Penyiangan
Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tanaman pengganggu lainnya disekitar tanaman nangka di pot agar nutrisi yang dibutuhkan oleh nangka tidak direbut oleh gulma atau tanaman pengganggu tersebut.

Pemupukan Susulan
Setelah pohon nangka dalam pot tumbuh dengan baik, maka lakukan pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk organik cair. Pemberian pupuk tersebut bisa dilakukan setelah tanaman berumur sekitar 6 bulan.

Masa Panen Nangka

Nangka yang ditanam dari biji akan berbuah setelah berumur sekitar 6-7 tahun. Sedangkan nangka yang ditanam dari bibit okulasi maka nangka akan mulai berbuah setelah berumur sekitar 3-5 tahun setelah tanam. Pemanenan nangka dapat dilakukan saat nangka masih muda ataupun sudah tua/ matang.

Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Nangka Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa