Panduan Lengkap Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Bagi Pemula – Pakcoy atau Pak Choi (Brassica Chinensis) yaitu salah satu jenis sayuran yang masih dalam golongan yang sama dengan sawi. Pakcoy biasanya disebut juga dengan sawi sendok, sawi daging, atau sawi manis.

Pakcoy memiliki banyak kandungan gizi dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, oleh sebab itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy ini, waktu panen pakcoy yang singkat yaitu hanya sekitar 30-45 hari setelah tanam. Selain ditanam di lahan perkebunan, pekarangan rumah, pot, polybag atau wadah lainnya, pokcoy ini dapat ditanam secara hidroponik. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam pakcoy secara hidroponik, berikut selengkapnya:

Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik

Persiapan Alat Hidroponik Pakcoy

Adapun alat yang perlu disiapkan untuk menanam pakcoy secara hidroponik diantaranya yaitu:

  • Baskom persegi
  • Rockwool atau bisa diganti spons tipis
  • Styrofoam seukuran baskom
  • Gunting
  • Benih
  • Air secukupnya

Tata Cara Penanaman Hidroponik Pakcoy

Pertama, siapkan styrofoam dan potong sesuai ukuran baskom. Selanjutnya, buatlah lubang pada permukaan styrofoam sebesar uang recehan 100 sebanyak mungkin.

Kemudian, buatlah potongan rockwool sebesar lubang yang ada pada styrofoam. Pasang potongan rockwool pada styrofoam dan masukkan benih pakcoy ke dalamnya dengan jarak sekitar 0,5-1 cm.

Masukkan air pada baskom hingga setengah baskom dan mampu menjangkau dasar rockwool. Lalu, tutup baskom dengan styrofoam hingga tidak ada sinar yang mampu masuk ke dalamnya.

Setelah 2 minggu akan ada benih yang keluar dan langsung bisa memaparkannya di bawah sinar matahari. Pastikan juga basahi benih tersebut dengan air dan menjaga dari kekeringan.

Setelah bibit tanaman tumbuh, bisa dipindahkan ke net. Untuk net pot, bisa menggunakan kemasan gelas air minum yang dilubangi pada dasarnya. Pindahkan rockwool yang berisi benih pada net pot dan masukkan net pot pada baskom lain yang juga dilengkapi dengan styrofoam berlubang sebesar gelas air kemasan. Isikan air yang bernutrisi pada baskom hingga air menyentuh rockwool.

Perawatan Pakcoy Hidroponik

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, maka lakukan perawatan yang optimal. Lakukan pengecekan air nutrisi pada baskom. Untuk air nutrisi, bisa dibuat dengan mencampurkan pekatan A dan pekatan B sebanyak 1,5 ml.

Pastikan tanaman pakcoy selalu dikontrol setiap saat dan jangan lupa untuk memastikan air selalu tetap menyentuh rockwool. Jika perawatan dilakukan dengan benar, hasil tanaman sayur yang akan didapat juga akan maksimal.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kali berikutnya. Sampai jumpa