Panduan Lengkap Cara Menanam Srikaya Dalam Pot (Tabulampot Srikaya) Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Srikaya Dalam Pot (Tabulampot Srikaya) Agar Cepat Berbuah – Srikaya atau buah nona (Annona squamosa) merupakan nama tanaman sekaligus buah yang dihasilkan yang masuk dalam genus Annona. Tanaman srikaya berasal dari daerah tropis. Buah Srikaya memiliki kulit dengan mata banyak berbenjol hampir serupa dengan sirsak, daging buah sirsak berwarna putih, bentuk buahnya bundar atau mirip kerucut cemara dengan ukuran diameter sekitar 6-10 cm. Terdapat beberapa jenis srikaya diantaranya srikaya lumut, srikaya gading, srikaya bangkok, srikaya australia (srikaya merah, pinks mammoth)

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Magnoliids
Ordo: Magnoliales
Famili: Annonaceae
Genus: Annona
Spesies: Annona squamosa

Karena Srikaya merupakan sumber zat besi yang baik, selain itu akar tanaman srikaya dapat dimanfaatkan sebagai anti radang dan juga anti depresi. Daun srikaya dimanfaatkan sebagai astringen, antiradang, peluruh cacing usus (anthelmintik), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Biji srikaya dapat dimanfaatkan untuk memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kulit kayu tanaman sirkaya dapat dimanfaatkan sebagai astringen dan tonikum. Buah srikaya muda dan biji dapat dimanfaatkan sebagai antiparasit.

Cara Menanam Srikaya Dalam Pot atau Tabulampot Srikaya

Persiapan Bibit Srikaya

Perbanyakan tanaman srikaya dapat dilakukan secara generatif melalui biji yang disemai pada lahan semai, kemudian biji akan mulai berkecambah setelah 2-4 minggu setelah semai, setelah bibit berumur 6 bulan maka selanjutnya dapat ditanam pada lahan tanam.

Selain dengan cara generatif atau menggunakan biji, perbanyakan tanaman srikaya dapat dilakukan juga secara vegetatif seperti grafting, okulasi dan juga cangkok. Tapi jika tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit tanaman srikaya di toko tanaman.

Penanaman Bibit Srikaya Dalam Pot

Jika bibit sudah siap, selanjutnya dapat dilakukan penanaman. Siapkan pot berdiameter 40 cm atau disesuaikan dengan ukuran bibit yang akan ditanam.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang dan serbuk gergaji dengan perbandingan 2:1:1 atau bisa juga campuran tanah, sekam dan humus berbatu dengan perbandingan 1:1:1.

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Pada bagian dasar pot diberi pecahan, batu bata atau ijuk lalu masukkan media tanam hingga setengah ketinggian pot, masukkan bibit ke dalam pot tepat di tengah-tengah tapi sebelumnya buka dulu pobybagnya. Setelah itu, masukkan kembali media tanm hingga ketinggian 2 cm dari bibit pot tanam dan padatkan. Lakukan penyiraman dan letakkan pada tempat ternaungi selama sekitar satu minggu.

Perawatan Tabulampot Srikaya

Penyiraman dapat dilakukan sebanyak dua kali sehari jika musim kemarau dan dilakukan jika media tanam terlihat kering saat musim hujan.

Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK setiap 3 bulan sekali dan pupuk kandang setiap 6 bulan sekali. Selain itu, berikan pula pupuk hayati setiap 2 minggu sekali.

Setelah muncul bakal bunga, berikan pupuk cair untuk bunga dan buah setiap 2 minggu sekali. Ketika bunga sudah muncul, berikan pupuk NPK dan setelah buah muncul, berikan pupuk cair untuk buah.

Untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan buah, lakukan pemangkasan. Pangkas batang utama tanaman, nantinya batang utama tersebut akan menghasilkan beberapa cabang primer dan pertahankan dan pelihara tiga cabang agara pertumbuhan tanaman maksimal.

Kemudian tiga cabang primer tersebut dipangkas hingga menyisakan cabang sepanjang 50-70 cm, pemangkasan cabang primer akan menghasilkan cabang sekunder. Dari keseluruhan cabang sekunder yang tumbuh, sisakan 3 cabang. Setelah 3 cabang sekunder tersebut tumbuh maksimal, pangkas cabang untuk menghasilkan cabang tersier. Pada cabang tersier nantinya bunga akan muncul dan tumbuh menjadi buah. Setelah buah muncul, bungkus buah agar tidak terserang hama.

Pemanenan Srikaya

Tanaman srikaya mulai berbunga setelah berumur sekitar 3-4 tahun, Buah akan dapat mulai dipanen setelah buah berumur sekitar 110-120 hari setelah masa pembungaan. Biasanya tanaman yang berumur 6 tahun memiliki produksi buah sebanyak 50-60 buah/tanaman.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Srikaya Dalam Pot (Tabulampot Srikaya) Agar Cepat Berbuah” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa