Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Bunga Sambang Colok atau Aerva Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Bunga Sambang Colok Di Rumah Bagi Pemula – Bayam merah hias atau bunga Aerva, Erva, erfah, sambang colok (Aerva sanguinolenta sy. Achyranthes sanguinolenta L., Achyranthes scandens Roxb., Aerva scandens (Roxb.) Moq., Aerva timorensis Moq., Aerva velutina Moq.) merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang memiliki batang dan daun berwarna merah maroon.

Tanaman inimerupakan tanaman herba tegak yang dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 0,5-2 meter, memiliki batang bulat dengan pangkal berkayu, beruas, berwarna merah keunguan dan bercabang. Daunnya tunggal berwarna merah, bertangkai dan tumbuh berhadapan, berbentuk bulat dengan ujung terbelah, bagian tepi rata, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, pada sisi atas berkilat dan berbulu pendek.

Daun sambang colok mengandung senyawa alkaloid, minyak atsiri dan flavonoid. Daun sambang colok bermanfaat atau dapat digunakan sebagai obat haid kurang teratur, obat untuk menghilangkan rasa nyeri haid, obat kencing kurang lancar, obat kencing nanah, obat kurang darah, obat keputihan, obat cacing dan obat radang rahim.

Klasifikasi Tanaman Sambang Colok
Kingdom: Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae
Classis : Dicotyledonae
Ordo : Carryophyllales
Familia : Amaranthaceae
Genus : Aerva
Species : Aerva sanguinolenta

Tanaman aerva atau sambang colok iini biasanya tumbuh liar di halaman atau ladang dengan ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut. Bunga ini dapat ditemukan di Afrika, Malaysia, Cina bagian selatan, Filipina, Taiwan bagian selatan dan Indonesia. Di Indonesia penyebarannya terdapat di daerah Jawa dan Madura. Bunga sambang colok ini banyak ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sambang Colok

Cara Pembibitan Bunga Sambang Colok

Bunga sambang colok dapat diperbanyak dengan cara stek batang. Tapi agar lebih cepat tumbuh, sebaiknya lakukan stek bersama dengan akarnya. Selanjutnya bibit harus langsung ditanam, jika tidak sempat ditanam langsung maka bibit dapat diletakkan ditempat yang lembab agar tidak layu atau mati.

Cara Menanam Bunga Sambang Colok

Sebelum melakukan penanaman, siapkan terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.

Jika sudah siap semua, segera lakukan penanaman. Tanam bibit bayam hias atau sambang colok ini di media tanam lalu timbun dengan media tanam kembali dan agak ditekan agar tanaman dapat tumbuh dengan tegak dan tidak mudah roboh. Setelah selesai melakukan penanaman, lakukan penyiraman agar bibit tumbuh segar.

Cara Merawat Bunga Sambang Colok

Lakukan penyiraman secara berkala yaitu setiap 1 hingga 2 hari sekali terutama saat tanaman terlihat kering atau layu. Lakukan pula pemberian nutrisi berupa pupuk pada tanaman secara berkala minimal setiap satu bulan sekali. Pemupukan ersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk cair maupun pupuk tabur.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Bunga Sambang Colok Di Rumah Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa