Menanam Lobak Dalam Pot

Panduan Lengkap Cara Mudah Menanam Lobak Dalam Pot

Posted on

Panduan Lengkap Cara Mudah Menanam Lobak Dalam Pot  – Lobak (Raphanus sativus) adalah tumbuhan umbi yang masuk dalam famili Cruciferae. Tanaman umbi ini berasal dari Tiongkok. Lobak memiliki bentuk umbi seperti wortel, isi umbinya memiliki warna putih,dan kulitnya ada yang putih, hijau, merah atau ungu.

Lobak memiliki banyak manfaat diantaranya: membantu menyembuhkan batu ginjal, mengobati jamur dalam tubuh, mencegah kulit kering, eksim, Leukoderma, dan lain sebagainya.

Karena manfaatnya tersebut, banyak orang yang membudidayakan lobak atau menanam lobak ini. Tidak hanya orang yang memiliki lahan yang luas, budidaya lobak ini juga dapat dilakukan bagi kalian yang memiliki lahan yang sempit yaitu dengan cara menanam lobak di pot. Berikut ini adalalah cara budidaya/menanam lobak dalam pot:

Cara Mananam Lobak Di Pot

Persiapan Benih

Benih didapatkan dengan cara generatif yaiu menggunakan biji (umbinya). Syarat umbi yang baik untuk ditanam adalah:

  • Biji bernas dan utuh
  • Kadar airnya hanya 9-12%
  • Memiliki daya perkecambahan yang tinggi sekitar 80% lebih.

Penanaman Lobak Dalam Pot

Siapkan pula media tanam berupa campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1 : 1. Setelah media tanam siap, selanjutnya masukkan media tanak kedalam pot dengan kedalaman kurang lebih sekitar 30 cm. Jika sudah siap, selanjutnya masukkan bibit lobak ke dalam media tanam (tutup tipis saja).

Perawatan Tananam Lobak

Karena lobak sangat membutuhkan sinar matahari, dianjurkan untuk memberinya naungan ataupun meletakkannya didekat tanaman lain yang rimbun.

Lakukan penyiraman secara teratur, karena lobak membutuhkan tanah yang memiliki drainase baik, maka tanah yang dibutuhkan adalah tanah yang lembab terus menerus namun tidak menyukai genangan air.

Hama yang sering menyerang tanaman lobak adalah kutu daun. Apabila tanaman terserang, untuk mengatasinya dapat dengan menyemprotkan insektisida.

Lakukan penanaman secara berurutan, dua atau tingga minggu sekali guna mendapat hasil panen yang terus menerus.

Masa Panen Lobak

Ada beberapa jenis lobak yang sudah dapat dipanen hanya dalam waktu 3 bulan setelah penanaman. Jika lobak sudah siap panen maka jangan menunda pemanenan karena dapat menyebabkan lobak akan membusuk dalam tanah.

Setelah lobak dipanen, daunnya di gunting lalu cucui dan keringkan lobaknya. Selanjutnya lobak dapat di simpan dalam kantong plastik sebelum di masukkan dalam kulkas.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Mudah Menanam Lobak Dalam Pot ” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa