Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Kutilang Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Kutilang Agar Sukses Bagi Pemula – Kutilang (Pycnonotus aurigaster) adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Burung kutilang ini berukuran sedang dengan panjang tubuh total (dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 20 cm.

Pada bagian atas tubuh (punggung hingga ekor) berwarna coklat kelabu, pada bagian bawah (tenggorokan, leher, dada dan perut) berwarna putih keabu-abuan. Bagian atas kepala, mulai dari dahi, topi dan jambul berwarna hitam. Tungging (di muka ekor) tampak jelas berwarna putih, serta penutup pantat berwarna jingga. Sedangkan pada bagian iris mata berwarna merah serta paruh dan kaki berwarna hitam.

Kutilang kerap mengunjungi tempat-tempat terbuka, tepi jalan, kebun, pekarangan, semak belukar dan hutan sekunder hingga ketinggian sekitar 1.600 m dpl. Burung kutilang sering terlihat hidup berkelompok, baik pada saat mencari makanan maupun bertengger.

Klasifikasi Ilmiah Burung Kutilang
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Pycnonotidae
Genus: Pycnonotus
Spesies: P. aurigaster

Burung kutilang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan untuk hiasan di rumah. Jika burung kutilang ini dipelihara dengan baik terlebih sejakanakan, burung kutilang bisa menjadi jinak seperti kucing peliharaan yang manja pada pemeliharanya. Berikut cara beternak burung kutilang bagi pemula:

Cara Ternak Budidaya Burung Kutilang

Pemilihan Indukan Burung Kutilang

Pemilihan induk perlu dilakukan karena induk akan menentukan kualitas anakan nantinya. Maka, pilihlah indukan kutilang yang sehat, memiliki warna bulu yang cerah dan pastikan telah berumur diatas 8 bulan serta dibawah 3 tahun.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kutilang

  • Saat berkicau suara jantan lebih bervariasi dan lebih keras dibandingkan betina
  • Saat berkicau jambul jantan lebih panjang dan lebih tinggi sedangkan betina lebih pendek
  • Ukuran fisik burung jantan lebih kecil daripada betina
  • Jika dilihat dalam mulutnya, jantan berwarna hitam sedangkan betina berwarna kemerahan.

Persiapan Kandang Burung Kutilang

Kandang yang perlu disiapkan untuk burung kutilang dibuat hampir menyerupai pada alam tempat habitat aslinya. Pastikan suhu pada lingkungan kandang tidak begitu panas saat siang hari dan juga terlalu dingin jika malam hari.

Pada bagian dasar kandang sebaiknya menyentuh tanah, atau bisa menggunakan pasir. Dalam kandang diberi bak air untuk tempat mandi atau tempat untuk membersihkan bulunya.

Pemberian Pakan Burung Kutilang

Seperti pada umumnya burung, pakan utama burung kutilang adalah buah-buahan yang memiliki tekstur lunak seperti pisang dan pepaya. Selain buah-buahan, pakan yang bisa diberikan pada burung kutilang dapat berupa voer dan serangga.

Perawatan Burung Kutilang

Perawatan burung terbilang cukup mudah karena burung ini dikenal sebagai burung yang mudah sekali dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Kebersihan makanan dan sangkarnya harus selalu dijaga agar burung kutilang tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Kutilang Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa