Panduan Lengkap Cara Mudah Ternak Kambing Gibas Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Kambing Gibas Bagi Pemula Agar Sukses – Kambing gibas merupakan salah satu jenis kambing yang mempunyai ciri khusus yang terletak pada bulunya yang panjang dan gimbal, jadi tak heran jika kambing ini disebut juga dengan kambing gimbal atau kambing gembel. Umumnya, warna bulu kambing gibas yaitu putih dan memiliki tubuh yang cukup besar.

Budidaya ternak kambing gibas ini menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan, terlebih Indonesia adalah negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia. Selain untuk mencukupi kebutuhan konsumsi daging kambing bagi masyarakat yang cukup tinggi, kegiatan keagamaan umat Islam yang diadakan tiap tahun yaitu hari raya qurban (Idul Adha) juga membuat usaha ternak kambing gibas selalu memiliki prospek yang bagus. Dengan terbukanya peluang usaha ternak kambing yang lebar, maka hal ini dapat dijadikan kesempatan yang bagus untuk dimanfaatkan.

Terdapat beberapa faktor pendukung yang menguntungkan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memulai usaha ternak kambing gibas ini. Pertama cara budidaya kambing gibas cukup sederhana dan apabila masih belum memiliki pengalaman kita dapat segera belajar dengan mudah dan cukup cepat. Selanjutnya, usaha ternak kambing gibas saat ini secara umum sudah dilakukan oleh banyak orang sehingga kita dapat dengan mudah bertukar pengalaman dengan peternak lain untuk mengembangkan usaha ini.

Tentang banyaknya peternak kambing gibas, kita tidak perlu khawatir dengan persaingan yang mungkin akan terjadi. Hal tersebut karena pasar untuk daging kambing gibas di Indonesia terbuka lebar. Faktor lain yang bisa dijadikan pertimbangan yaitu pakan kambing gibas dapat didapatkan dengan mudah dan murah.

Tips Beternak Kambing Gibas

Bagi Anda yang mungkin masih pemula yang ingin melakukan bisnis ternak kambing gibas, berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai ternak kambing gibas mulai dari proses pembibitan dan cara beternak kambing gibas. Berikut cara ternak budidaya kambing gibas.

Pembibitan Kambing Gibas

Pastikan bibit kambing gibas yang akan diternak adalah bibit unggul yang akan membuat hasil budidaya kambing yang kita dijalankan semakin bagus. Bibit dapat diperoleh dari membeli ataupun mengawinkan sendiri kambing gibas pejantan dengan kambing gibas betina unggulan. Dalam proses pembibitan, dalam satu kandang yang besarnya cukup biasanya seekor kambing gibas jantan unggulan dapat dipasangkan dengan sekitar empat ekor kambing gibas betina unggulan. Apabila sudah ada kambing betina yang hamil, maka betina tersebut harus segera dipisahkan ke kandang sendiri.

Cara Beternak Kambing Gibas

Secara umum, cara beternak kambing gibas sama dengan cara ternak kambing biasa. Yang harus selalu diperhatikan yaitu kebersihan kandang dan pakan yang mencukupi. Selain itu, kita juga perlu memberikan nutrisi tambahan pada kambing berupa pakan konsentrat dan memberikan suntikan vitamin. Apabila Anda memiliki lahan terbuka yang cukup luas, sebaiknya secara rutin lepaskan kambing agar bebas berkeliaran dan makan rumput namun harus tetap dalam pengamanan dan pengawasan. Hal tersebut bertujuan agar kambing tidak stres.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Ternak Kambing Gibas Bagi Pemula Agar Sukses“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa