Cara Ternak Marmut

Panduan Lengkap Cara Ternak Marmut Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Marmut Bagi PemulaMarmot atau marmut adalah salah satu jenis hewan pengerat yang masuk dalam familia Sciuridae (bajing) dan genus Marmota. Umumnya hewan ini hidup di pegunungan dan mereka membuat sarang dalam tanah dan melakukan hibernasi saat musim dingin. Makanan utama marmot adalah tumbuh-tumbuhan seperti rerumputan, lumut, akar dan bunga. Marmut ini dapat hidup hingga 10 tahun namun rata-rata usianya yaitu sekitar 5 hingga 7 tahun.

Kali ini kita akan membahas tentang cara ternak marmut atau marmot mulai dari pemilihan bibit, perawatan hingga pemanenan marmut secara lengkap.

Cara Ternak Marmot

Pemilihan Bibit Marmut

Msarmut yang akan diternakan yaitu marmut yang sehat dan bebas dari penyakit. Untuk mengetahuinya kita dapat melihat dari kondisi fisiknya seperti dari mata, kondisi bulu dan ukuran tubuh yang dimiliki marmut. Untuk awal dijadikan indukan, pilihlah satu ekor marmut jantan dan 3 ekor marmut betina.

Persiapan Kandang Ternak Marmut

Untuk kandang ternak yang ideal untuk marmut dapat dibuat dengan ukuran yang besar karena hewan ini termasuk jenis hewan yang aktif bergerak. Untuk kandang minimal anda menyiapkan dua kandang yaitu satu kandang untuk pembibitan dan satu kandang lagi untuk kandang marmot dewasa.

Ukuran kandang yang digunakan untuk ternak marmut yaitu sekitar 0,5 meter x 0,5 meter, tapi jika anda ingin menempatkan lebih dari satu marmot maka ukurannya dapat dibuat lebih besar yaitu 0,7 meter x 0,7 meter. Kandang dianjurkan terbuat dari mesh atau lembaran coroplast dengan ventilasi yang baik dan tidak membatasi penglihatan dan suara marmut.

Perlengkapan Lain Yang Dibutuhkan

Setelah kandang siap, hal yang perlu disiapkan yaitu seperti alas dan bedding yang diletakkan dalam kandang. Kalian dapat menggunakan serutan kayui aspen sebagai bedding, pastikan bedding harus sering diganti secara teratur agar kesaehatan marmot terjaga dan agar tidak bau.

Selain bedding dan alas, siapkan pula tempat air minum, rak jerami, tempat pakan, piglo atau tempay kecil untuk berlindung dan tempat tidur. Kalian juga dapat menambahkan perlengkapan permainan seperti kincir atau roda dalam kandang.

Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan dapat berupa pellet ataupun sayur-sayuran seperti worte, bayam, selada dan tomat. Selain itu juga dapat diberi vita,in sebanyak 10-30 mg per hari.

Perawatan Marmut

Perawatan yang dilakukan dapat berupa perawatan bulu dengan memberikan shampoo dengan formula khusus. Selain itu perawatan kuku dan menyisiri bulunya. Agar marmot tidak stres, keluarkan sesekali marmut dari kandang namun selalu dalam pengawasan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Ternak Marmut Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa