Panduan Lengkap Cara Ternak Marmut Pedaging Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Marmut Pedaging Agar Sukses Bagi Pemula  – Marmot atau marmut adalah salah satu jenis hewan pengerat yang masuk dalam familia Sciuridae (bajing) dan genus Marmota. Umumnya hewan ini hidup di pegunungan dan mereka membuat sarang dalam tanah dan melakukan hibernasi saat musim dingin. Makanan utama marmot adalah tumbuh-tumbuhan seperti rerumputan, lumut, akar dan bunga. Marmut ini dapat hidup hingga 10 tahun namun rata-rata usianya yaitu sekitar 5 hingga 7 tahun.

Marmut disebut juga dengan Guinea Pig yang dapat mencapai ukuran panjang hingga 25 cm dengan tinggi sekitar 10 cm, serta berat marmut dewasa bisa mencapai 850-1000 gram. Terdapat sekitar 13 jenis marmut.

Cara Ternak Marmut Pedaging

Pemilihan Indukan Marmut

Pilihlah marmut yang sehat dan bebas dari penyakit. Untuk mengetahuinya dapat dilihat dari kondisi fisiknya seperti dari mata, kondisi bulu dan ukuran tubuh yang dimiliki marmut. Untuk awal dijadikan indukan, pilihlah satu ekor marmut jantan dan 3 ekor marmut betina.

Cara membedakan antara marmut jantan dan betina adalah dengan memeriksa lubang dekat anus yang mudah dikenal dengan memencet bagian alat kelamin, jika dipencet keluar penisnya berarti jantan, sedangkan untuk betina tidak demikian.

Pilih marmut yang telah matang reproduksinya. Marmut jantan dapat kawin minimal berumur 3 bulan. Biasanya masa hamil marmut betina yaitu selama 59-73 hari, sedangkan jumlah anak perkelahiran mencapai 1-8 ekor, namun biasanya marmut betina rata-rata melahirkan 2-4 ekor anak marmut. Dalam setahun marmut bisa melahirkan lebih dari 4 kali.

Persiapan Kandang Marmut

Kandang ideal untuk marmut yaitu kandang dengan ukuran yang luas, karena hewan ini tergolong jenis hewan yang aktif bergerak.

Siapkan minimal 2 kandang yaitu satu kandang untuk pembibitan dan satu kandang lagi untuk marmut yang sudah dewasa. Kandang dibuat dengan ukuran 0,5m x 0,5m atau 0,7m x 0,7m.

Dianjurkan kandang terbuat dari mesh aau lembaran coroplas dan pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik dan tidak membatasi penglihatan serta suara dari marmut tersebut.

Dalam kandang diberi alas bedding berupa serutan kayu aspen dan pastikan bedding selalu diganti secara teratur untuk menjaga kesehatan dan menghindari bau dari marmut.

Selain alas, dalam kandang diberi perlengkapan lain seperti tempat minum, rak jerami, tempat makanan, piglo atau tempat kecil untuk berlindung dan tempat tidur serta mainan berupa kincir atau roda.

Pemberian Pakan Marmut

Marmut dapat diberi pakan berupa berbagai macam sayuran seperti bayam, wortel, selada parsley dan tomat. Selain itu, marmut juga bisa diberi asupan vitamin sebanyak 10 sampai 30 mg setiap harinya.

Perawatan Marmut

Marmut yang baru berumur 2 hari dapat diberi pakan berupa pellet, polar ataupun dedak. bayi marmut akan menyusu pada induknya hingga berumur 3 minggu. Setelah di umur tersebut, anak-anak marmut sudah mampu makan layaknya seperti indukan yaitu seperti bayam, wortel, selada parsley, tomat dan lain sebagainya. Pemberian pakan tersebut bisa dilakukan 3 kali sehari atau lebih.

Lakukan perawatan pada bulu marmut secara rutin. mandikan marmut dengan shampoo formula khusus. Selain itu, potong kuku dan sisir bulu marmut secara berkala. Jangan lupa untuk sesekali keluarkan marmut dari kandangnya dan biarkan marmut bermain dilantai untuk mengurangi stress.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Marmut Pedaging Agar Sukses Bagi Pemula “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa