Panduan Lengkap Teknik Cara Budidaya dan Merawat Kuda Laut Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Teknik Cara Budidaya dan Merawat Kuda Laut Bagi Pemula Agar Sukses – Kuda laut merupakan jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan famili Syngnathidae. Kuda laut ini memiliki ukuran yang bervariasi yaitu sekitar 16 mm hingga 35 cm. Kuda laut dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia. Kuda laut merupakan satu-satunya spesies dimana jantannya bisa hamil. Kuda laut ini sedikitnya memiliki 54 jenis dan 9 jenis diantaranya ditemukan secara luas di Indonesia.

Sirip dorsal pada kuda laut ada pada bagian bawah sedangkan sirip pektoral kuda laut ada pada bagian kepala, di dekat insang. Ada beberapa spesies kuda laut memiliki warna yang transparan sebagian, sehingga tidak mudah terlihat.

Klasifikasi Kuda Laut
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Syngnathiformes
Famili: Syngnathidae
Genus: Hippocampus

Cara Budidaya dan Merawat Kuda Laut

Pemeliharaan Induk Kuda Laut

Induk kuda laut yang paling baik adalah indukan yang diambil langsung dari laut karena pasti memiliki kualitas yang baik. Induk ini kemudian dipelihara dalam kolam khusus yang di tempatkan di laboratorium. Dalam kolam tersebut, dipasang sebuah piramid yang terbuat dari bambu yang nantinya akan menjadi media induk untuk meletakkan telur-telurnya. Agar induk kuda laut tetap sehat, maka perlu di beri pakan sebanyak 2-3 kali sehari yaitu pada pagi , siang, dan sore hari. Pakan yang diberikan untuk indukan kuda laut ini dapat berupa udang jambret atau udang rebon.

Pemijahan dan Pengeraman Kuda Laut

Dalam Kolam atau akuarium, indukan kuda laut dapat memijah secara alami tanpa bantuan manusia. Telur hasil pijahan kemudian akan dierami oleh kuda laut jantan.

Induk kuda laut jantan yang sedang mengeram bisa dipisahkan atau boleh juga digabungkan karena pada dasarnya induk kuda laut jantan tidak akan saling mengganggu. Pengeraman telur kuda laut bisa mencapai sekitar 10 hari atau lebih tergantung pada kondisi telur yang dierami. Selama proses pengeraman, sebaiknya induk jantan dihindarkan dari hal yang dapat menyebabkan stres karena akan berpengaruh pada Juwana yang sedang dierami, jika indukan jantan stress hal yang bisa terjadi yaitu juwana akan dikeluarkan lebih awal (Juwana prematur).

Kelahiran Juwana atau Kuda Laut Muda

Jika sudah memasuki masa pengeraman hari ke-9, silahkan pindahkan indukan jantan dari kolam terkontrol karena pada hari ke-10 Juwana akan dikeluarkan dari kantung tubuh induk jantan. Pengeluaran Juwana oleh induk jantan kuda laut biasanya dilakukan pada malam hari. Setelah juwana dikeluarkan, selanjutnya pindakan induk jantan ke kolam pemeliharaan.

Penebaran Benih dan Pemberian Pakan Kuda Laut

Juwana atau kuda laut muda dapat hidup baik di kolam yang terlindungi dari sinar matahari maupun kolam yang terkena sinar matahari secara langsung.

Pakan yang dapat diberikan pada kuda laut yaitu Nauplii Copepoda, Artemia, dan Fitoplankton. Juwana yang berumur 5-8 hari sebaiknya diberi pakan berupa Nauplii Copepoda sedangkan Juwana yang berumur sekitar 14 hari sebaiknya diberikan pakan Artemia. Pemberian pakan di usia 1-15 hari sangat penting karena Juwana usia tersebut sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Perawatan Kolam atau Aquarium Kuda Laut

Air kolam perlu diganti secara rutin. Sebaiknya pergantian air kolam tersebut dilakukan setiap tiga hari sekali hingga kuda laut muda berumur 30 hari. Selain itu, juga perlu dilakukan penyiponan untuk membersihkan segala jenis kotoran dan sisa pakan yang menempel pada kolam/aquarium.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Teknik Cara Budidaya dan Merawat Kuda Laut Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa