Panduan Sukses Cara Ternak Bebek Peking Bagi Pemula

Posted on

Panduan Sukses Cara Ternak Bebek Peking Bagi Pemula – Ternak bebek peking kini banyak digandrungi oleh banyak peternak, karena beternak bebek peking sangat mudah dilakukan mulai dari perawatan dan pemberian pakan. Terlebih kini permintaan akan bebek peking petelur dan bebek peking pedaging semakin meningkat. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara ternak budidaya bebek peking, berikut selengkapnya:

Cara Ternak Bebek Peking

Pemilihan Bibit Bebek Peking

Bibit atau anakan bebek peking yang akan diternaklah haruslah dalam kondisi yang baik dan sehat karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas daging, telur dan juga anakan nantinya. Jika anda ingin beternak bebek untuk diambil dagingnya, maka disarankan untuk memilih bibit jantan saja. Hal terseut karena bibit bebek peking jantan memiliki pertumbuhan sangat cepat alias cepat besardan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan bebek peking betina.

Persiapan Kandang Bebek Peking

Untuk membuat kandang ternak bebek, pertimbangkan terlebih dahulu modal yang anda miliki. Jika anda memiliki modal yang besar, anda dapat mempersiapkan kandang panggung untuk bebek karena jenis kandang tersebut sangat mudah dirawat, dengan menjaga kebersihan kandang maka kesehatan bebek peking petelur/pedaging dapat terjaga dengan baik pula. Namun jika modal yang anda miliki tidak terlalu besar, anda dapat membuat kandang nonpanggung. Namun jika anda menggunakan jenis kandang nonpanggung anda harus melapisi lantai tanah kandang dengan pasir, kapur ataupun sekam padi.

Pemberian Pakan Bebek Peking

Agar bebek dapat lebih cepat tumbuh besar dan cepat dipanen, maka perlu dilakukan pemberian pakan yang bergizi dan berkualitas. Karena pakan merupakan faktor penting untuk menunjang hal tersebut. Pakan yang diberikan pada bebek petelur/pedaging dapat berupa bekatul atau dedak, bekicot dan tepung cangkang, tepung ikan, tepung jagung tepung bulu unggas dan lain sebagainya.

Cara Merawat Bebek Peking

Fase Stater (1-60 Hari )

Perawat yang dilakukan pada bebek yang masih berumur 1-60 hari diantaranya bebek dirawat dalam kandang khusus yang dilengkapi dengan pemanas / induk buatan karena pada umur 1-14 hari, anakan bebek/ itik tidak tahan dengan dingin karena belum tumbuh bulu merata di seluruh tubuhnya. etelah berumur 14 hari, anakan bebek peking sudah dapat menahan hawa dingin jadi kandang tidak perlu diberi pemanas.

Kandang pemeliharaan anakan ini dapat berupa kandang postal ataupun kandang Box. Kandang Box digunakan untuk memelihara anakan yang berumur 1-14 hari sedangkan kandang portal dapat digunakan untuk anakan yang berumur 15-60 hari. Kapasitas kandang pada fase ini yaitu sekitar 10-15 ekor/m2. Pakan yang diberikan berupa pakan khusus dengan kandungan protein sekitar 19%-21 % kadar protein. Setelah berumur 60 hari bebek dapat dipindah ke kandang pertumbuhan.

Fase Grower (61-150 Hari)

Perawatan Bebek Peking yang dilakukan pada fase pertumbuhan ini perlu diperhatikan. Hal tersebut karena pada fase ini bebek peking betina dan jantan nantinya akan menjadi pengganti bibit. Pilihlah bibit pengganti yang unggul, baik jantan ataupun betina dengan sex ratio 1 jantan : 4 betina. Kapasitas kandang pada fase ini yaitu sekitar 6-8 ekor/m2.

Fase Bertelur (5-6 Bulan)

Bebek peking yang telah berumur 5-6 bulan sudah siap untuk memproduksi telur.Bebek ini ditempatkan pada kandang khusus yaitu kandang Itik dewasa. Kadang yang digunakan untuk memelihara bebek peking yang siap bertelur perlu dilengkapi dengan tempat bertelur, kandang umbaran, dan juga kolam atau saluran air dengan perbandingan jantan dan betina pada kandang yaitu 1 jantan : 4 betina.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Sukses Cara Ternak Bebek Peking Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa