tumbuhan monokotil

Tumbuhan Monokotil – Pengertian , Ciri , Suku Dan Jenis Tumbuhan Monokotil

Posted on

Pengertian , Ciri , Suku Dan Jenis Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan berkeping dua dalam ilmu biologi disebut dengan tumbuhan monokotil merupakan salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang secara klasik diajarkan; Kelompok lainnya adalah tumbuhan biji berkeping dua atau dikotil. Baca : Tumbuhan Dikotil – Pengertian, Ciri Dan Jenis Tumbuhan Dikotil

Karakter khas dari tumbuhan monokotil ini yaitu memiliki satu daun lembaga, berakar serabut, dengan daun berseling, tumbuhan biji berkeping satu, tulang daun sejajar dan berbentuk pita. Dalam sistem taksonomi, tumbuhan monokotil diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar seperti Liliopsoda, liliidae, dan Monocotyledodeae.

Dibawah ini merupakan pengelompokan klasifikasi tumbuhan monokotil secara lengkap.

1. Monocotyledoneae dalam sistem de Candolle dan sistem Engler.
2. Monocotyledones dalam sistem Bentham & Hooker dan sistem Wettstein.
3. Kelas Liliopsida dalam sistem Takhtajan dan sistem Cronquist.
4. Anak kelas Liliidae dalam sistem Dahlgren dan sistem Thorne (1992).
5. Klad Monokotil dalam sistem APG dan sistem APG II.

Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil/Monocotyledoneae (Liliopsida)

1. Memiliki keping biji tunggal
2. Memiliki berkas vaskuler
3. Antara xilem dan floem tidak terdapat kambium
4. Letak xilem dan floem tidak beraturan
5. Pada umumnya batang dan akar tidak memiliki kambium
6. Umumnya batang tidak bercabang
5. Akar berserabut
6. Berdaun tunggal kecuali untuk jenis tumbuhan palem
7. Urat daun sejajar atau melengkung dan berpelepah daun
8. Bunga terdiri atas kelopak bunga, mahkota, benang sari yang berjumlah tiga atau kelipatan tiga

Jenis Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil memiliki beberapa jenis suku tumbuhan, antara lain:

1. Orchidaceae, merupakan tumbuhan semak menahun. Anggrek memiliki akar rimpang, daun berdaginag dan sebagian dari jenisnya hidup secara epifit. Contoh: Vanda tricolor, Spathologttis plicata (anggrek tanah)

suku Orchidaceae

2. Liliaceae, merupakan tumbuhan dengan semak basah, sebagia jenisnya ada yang memiliki akar rimpang, umbi lapis. Contoh: Lilium regale dan bunga tulip.

suku Liliaceae

3. Amaryllidaceae, merupakan tumbuhan semak basah menahun. Tumbuhan ini memiliku umbi lapis, atau akar rimpang. Contoh: Piliantes tuberosa (sedap malam) dan Zephyranthes rosea (kembang cokelat).

suku Amaryllidaceae

4. Pandanaceae, merupakan tumbuhan monokotil berbentuk pohon perdu atau semak. Daun pandanaceae bertulang daun sejajar dan trkumpul rapat. Daun yang rontok akan meninggalkan bekas pada batangnya . Contoh: Pandanus tectorius (pandan).

Suku Pandanaceae

5. Cactaceae, merupakan tumbuhan kelompok kaktus, memiliki batang yang digunakan untuk menyimapn air (sukulen). Memliki daun kecil, berbentuk sisik atau berbentuk duri tempel. contoh: Opuntia elatior (Buah dapat dimakan).

Suku Cactaceae

6. Musaceae, merupakan kelompok tumbuhan jenis pisang-pisangan. Memiliki bentuk pohon atau semak, dengan batang semu yang terdiri dari pelepah daun, tulang daun menyirip dan bunga membentuk karangan. Contoh Musa paradisiaca (pisang).

Suku Musaceae

7. Bromeliaceae, merupakan jenis tumbuhan semak basah eklompok nanas-nanasan. Contoh: Ananas comosus (nanas).

Suku Bromeliaceae

8. Gramineae (Poaceae), merupakan kelompok rumput-rumputan. Ciri yang dimiliki antara lain, memiliki batang silindris, agak pipih dan berongga, berdaun tunggal dan berpelepah, bunga tersusun dalam bulir. Contoh: Imperata cylindrica (alang-alang) dan Oryza sative (padi).

Gramineae (Poaceae)

9. Zingiberaceae, Merupakan kelompok tumbuhan jahe-jahean. Merupakana tumbuhan semak basah menahun, memiliki batang tegak dengan daun berpelepah yang memeluk batang. Contoh: Zingiber Officinalle (jahe) dan Alpinia galanga (lengkuas)

Suku Zingiberaceae

Itulah penjelasan yang is apenulis sampaikan seputar Tumbuhan Monokotil – Pengertian , Ciri , Suku Dan Jenis Tumbuhan Monokotil , semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Terimakasih masi setia dengan postingan postingan Fauna dan flora.com 🙂

Leave a Reply