Fauna Australis – Pengertian dan Ciri-Ciri Fauna Australis

Posted on

Pengertian dan Ciri-Ciri Fauna Australis Dilengkapi Dengan Jenisnya

Wilayah persebaran fauna australis sebagian besar memiliki kondisi ligkungan tropis dan sebagian beriklim sedang. Kondisi lingkungan wilayah australia yang cukup mencolok disebabkan letakknya yang terpisan jauh dari benua lainnya. Jenis fauna australis juga terdapat di wilayah indonesia seperti di irian jaya, maluku dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Di Indonesia erdapat 3 jenis persebaran fauna, persebaran tersebut dibatasi oleh garis wallance dan garis webber. Setipa jenis fauna dari persebaran fauna tersebut memiliki jenis dan ciri khas yang berbeda-beda. Jenis persebaran fauna tersebut adalah Fauna Asiatis (Oriental) , Fauna Australis, dan Fauna Peralihan .

Pembahasan yang akan penulis jabarkan pada postingan kali ini adalah mengenai pengertian dari fauna australis. Jenis fauna Australis memiliki kimiripan dengan jenis fauna yang ada di australia . Fauna Australis yang terdapat di Indonesia contohnya : Kanguru, Kasuari, Burung cendrawasih, dan lainnya.

Contoh Fauna Australis yang hidup di Indonesia

1. Burung cendrawasih, Kasuari, Burung Nuri, Raja Udang

Contoh Fauna:

2. Katak pohon, katak terbang, dan katak air

Contoh Fauna :

3. Kanguru, Walabi, Beruang, Nokdiak (landak papua), Oposssum laying, Kuskus, dan kanguru pohon

Contoh Fauna :

4. Buaya, biawak, kadal, dan kura-kura

Contoh Fauna :

Ciri Ciri Fauna Australis

1. Terdapat binatang berkantung
2. Binatang menyusui kecil-kecil
3. Memiliki sedikit jenis ikan air tawar
4. Tidak terdapat kera
5. Memiliki banyak jenis burung berwarna
6. Banyak memiliki jenis hewab bertanduk

Demikian infomasi yang penulis sampaikan seputar Pengertian dan Ciri-Ciri Fauna Australis , semoga ilmu yang diberikan bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di FaunadanFlora.com 🙂

Leave a Reply