Pengertian Dan Penyebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Dan Penyebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia Beserta Contohnya

Secara sederhana flora adalah tumbuhan sedangkan fauna adalah hewan, namun menurut pengertian umum yang dimaksud dengan flora adalah keseluruhan jenis tumbuhan yang ada dimuka bumi, dan fauna merupakan segala keseluruhan jenis hewan yang ada di permukaan bumi. Indonesia merupakan negara yang dianugerahi flora dan fauna yang sangat beragam. Beragam flora dan fauna tersebut memiliki tempat tinggal yang beragam, mulai di darat,  dilaut maupun di udara. Pembahasan tentang flora dan fauna akan diuraikan pada penjelasan dibawah ini.

FLORA

Kata FLORA berasal dari istilah yang berasal dari bahasa latin “YAITA” yaitu nama dewi pelindung bunga serta taman dan merupakan dewi kesuburan dalam ilmu Mitologi Romawi. Flora diartikan sebagai tanaman maupun sekelompok tanaman. Terdapat pula jenis flora endemik, yaitu jenis tanaman yang hanya dapat tumbuh pada wilayah tertentu. misalnya Flora Jawa contoh flora jawa adalah melati , Flora endemik sumatera contohnya bunga bangkai (raflesia arnoldi) dan jenis flora endemik lainnya.

Contoh Flora endemik di Indonesia

kantongsemar-faunadanflora

Nepenthes clipeata (kantong semar) Flora endemik di Kalimantan Barat

matoa-faunadanflora

Pometia pinnata (Matoa) Flora Endemik di Papua

Parashorea aptera-faunaflora

Parashorea aptera (sejenis meranti) Flora Endemik di Sumatera

raflesiaarnoldii-fauandanflora

Rafflesia arnoldii (Rafflesia atau Patma Raksasa) Flora Endemik di Sumatera

sirihmerah-faunadanflora

Piper ornatum (Celebes Pepper / Sirih Merah) Flora  Endemik Sulawesi

FAUNA

Sama seperti FLORA, Istilah FAUNA juga berasal dari bahasa latin yang berarti alam hewan. Pada fauna terdapat juga jenis fauna endemik, fauna endemik berati semua jenis hewan yang hanya hidup dan tinggal diwilayah tertentu. Contoh fauna endemik di kepulauan jawa adalah badak bercula satu, Fauna endemik sumatera yaitu Harimau  Sumatera, Fauna endemik di Papua yaitu burung cendrawasih. dan sebagainya.

Contoh Fauna Endemik Di Indonesia

anoa-faunadanflora

Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) Fauna Endemik Sulawesi

burungbeo-faunadanflora

Burung Elang Flores (Spizaetus floris) Fauna Endemik Flores

cendrawasih-faunadanflora

Burung Cendrawasih ( Paradisaeidae) Fauna Endemik Papua

Penyebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

Di Indonesia terdapat keanekaragamaan makhluk hidup. Salah satunya adalah kekayaan flora dan fauna. kenekaragaman flora dan fauna di dukung oleh wilayah Indonesia  yang merupakan negara luas dan kaya akan berbagai macam keanekaragaam tumbuhan maupun satwa baik di udara, darat maupun dilaut.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai hal seperti aspek geografis. Menurut pendapat para pakar Zoologi jika fauna di indonesia memiliki tipe yang mirip dengan tipe fauna yang ada di Asia tenggara atau oriental. Sementara fauna di bagian kawasan Indonesia timur memiliki kemiripan dengan fauna yang terdapat di benua australia.

Flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi 3 bagian, antara lain: Daerah peralihan, Daerah asia, dan Pengaruh dari benua australia. hal itu disebabkan karena wilayah Indonesia terdapat garis Wallance yang dibatasi asiatis dengan peralihan, sedangkan garis webe membatasi anatara bagian peralihan dengan australis.

Dibawah ini merupakan faktor faktor yang mempengaruhi keanekaragamana flora dan fauna di indonesia.
Kenekaragaman Flora dan Fauna di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini:

1. Iklim

Faktor yang berpengaruh besar terhadap keanekaragaman flora di indonesia antara lain adalah iklim. Kondisi iklim pada suatu daerah mempunyai pengaruh yang besar untuk keberlangsunngan tumbuh kembangnya tanaman. Daerah yang tinggi akan curah hujan akan memiliki hutan  yang lebat dan mempunyai jenis tanaman yang bervariasi misalnya di kalimantan dan sumatera.Sedangkan daerah yang memiliki curah hujan yang relatif kurang cenderung tidak memiliki hutan lebat, seperti Di Nusa Tenggara yang banyak ditumbuhi semak belukar dan hamparan padang rumput.

2. Tinggi rendahnya permukaan bumi

Faktor selnjtnya yang mempengaruhi keanekaragaman flora di Indonesia adalah tinggi rendahnya permukaan bumi atau disebut juga dengan faktor fisiografi/topografi yang meliputi ketinggian dan kemiringan suatu wilayah. Semakin tinngi suat wilayah maka suhu pada wilayah tersebut mengalami penurunan, Hal itu yang mengacu banyaknya jenis jenis tumbuhan khas yang tumbuh di daerah pada tinggi. sedangkan wilayah dengan derajat kemiriingan tanah, semakin terjal tanah maka semakin besar kekuatan air untuk mengikis permukaan tanah yang subur. Sehingga jenis flora yang hidup lebih sedikit dibandingkan dengan kondisi tanah yang relatif rata dan tinggi. karena cadangan  air air hilang karena air bergerak cepat kebawah.

3. Jenis tanah

Media utama pada semua jenis tumbuhan dan tanaman adalah tanah. Jika semakin subur tekstur tanah disuatu tempat maka akan semakin banyak pula ragam tanaman yang dapat hidup diwilayah tersebut.

4. Pengaruh makhluk hidup.

Faktor terakhir selanjutnya adalah pengaruh makhluk hidup, Manusia dapat mengubah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. seperti mengubah daerah hutan menjadi lahan pertanian,perkebunan,penebangan, perumahan dan lainnya . Manusia merupakan komponen penting dalam perkembangan keberadaan flora dan fauna baik dalam sikap menjaga kelestarian maupun mengubah kehidupan flora dan fauna.

Selain manusia hewan juga mempunyai peran penting dalam perkembangan kehidupan flora maupun fauna, seperti burung yang membawa biji-bijian hal tersebut juga membantu penyebaran biji tumbuhan. Sedangkan tumbuh-tumbuhan mempunyai pengaruh penting dalam menyuburkan tanah dan mempengaruhi kehidupan faunanya.

Demikian informasi yang diberikan mengenai Pengertian dan Penyebaran Flora dan Fauna Di Indonesia. Semoga informasi yang diberikan bermnfaat.  Tetap jaga kelestarian alam Indonesia kehidupan untuk masa depan nanti.

Leave a Reply