Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)

Primata – Pengertian, Jenis Primata Asli Indonesia Beserta Klasifikasi Lengkap

Posted on

 Pengertian, Jenis Primata Asli Indonesia Beserta Penjelasan dan Klasifikasi Lengkap

Hai sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Primata. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut.

Primata adalah hewan mamalia yang termasuk dalam ordo Primates. Ciri-ciri primata antara lain: memiliki lima jari (pentadactyly) dengan kuku jari, memiliki Ibu jari dengan arah yang berbeda. Pada primata, ibu jari berlawanan, jari kuku pendek (bukan cakar) dan jari yang panjang dan menutup ke dalam adalah sebuah relik dari posisi jari (brachiation) moyangnya pada masa lalu yang barangkali menghuni pohon, memiliki bentuk gigi yang sama dan rancangan tubuh primitif (tidak terspesialisasi). Memiliki karakteristik arah mata yang bersifat memandang ke depan bukan ke samping (stereoskopik) serta postur tubuh  tegak.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Upakelas: Eutheria
Superordo: Euarchonta
Ordo: Primates

Beberapa jenis primata yang berhabitat asli di indonesia:
1. Orangutan

Orangutan Sumatra (Pongo abelii)     Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)
gambarOrangutan Sumatra (Pongo abelii) dan Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)

Orangutan adalah sejenis kera besar yang hidup di hutan tropika indonesia dan malaysia, khususnya Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Ciri-ciri dari orang utan adalah : memiliki tubuh yang gemuk besar dengan leher besar serta kepala yang besar dengan posisi mulut yang tinggi, memiliki lengan yang panjang dan kuat, memiliki kaki yang pendek dan tertunduk, dan tidak mempunyai ekor, memiliki tubuh selimuti rambut kemerahan atau kecoklatan, memiliki telapak tangan dengan 5 jari. memiliki tinggi berkisar 1,25-1,5 meter dengan berat sekitar 50–90 kilogram untuk jantan dan sekitar 30–50 kilogram untuk betinanya. Terdapat 2 jenis (spesies) orangutan yaitu Orangutan Kalimantan / Borneo (Pongo pygmaeus) dan Orangutan Sumatra (Pongo abelii). Orangutan termasuk dalam hewan omnivora atau pemakan segala, mereka memakan buah-buahan, kulit pohon, dedaunan, serangga, selain itu juga nektar,madu dan juga jamur. Orangutan berkerabat dekat dengan manusia dengan kesamaan DNA sebesar 96.4%. Orangutan termasuk dalam hewan yang dilindungi.

Klasifikasi ilmiah Orangutan
Kerajaan:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Mamalia
Ordo:Primates
Famili:Hominidae
Upafamili:Ponginae
Genus:Pongo

2. Owa jawa (Hylobates moloch)
Owa jawa (Hylobates moloch)
Owa jawa (Hylobates moloch) adalah sejenis primata anggota suku Hylobatidae. Owa jawa memiliki ciri-ciri: tidak memiliki ekor, memiliki tangan yang relatif panjang dibandingkan besar tubuhnya, tangan ini digunakan untuk berayun dan berpindah di antara dahan-dahan dan ranting di tajuk pohon yang tinggi. Owa jawa memiliki warna bulu keabu-abuan dengan bagian atas kepala lebih gelap dan wajah kehitaman. Owa jawa merupakan hewan diurnal dan arboneal. Makanan dari Owa jawa adalah buah, daun, dan bunga.

Klasifikasi ilmiah Owa jawa
Kerajaan:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Mammalia
Ordo:Primates
Famili:Hylobatidae
Genus:Hylobates
Spesies:H. moloch

3. Kedih atau Monyet Kedih (Presbytis Thomasi)
monyet kedih (Presbytis Thomasi)

Kedih atau Monyet Kedih (Presbytis Thomasi) adalah primata asli dari Sumatera. Primata ini pertama kali  di temukan di Sumatera bagian utara dan Aceh. Ciri dari Monyet Kedih adalah memiliki warna bulu perpaduan hitam dengan putih dan memiliki ekspresi tenang terkadang nyaris melankolis.

4. Yaki (Macaca nigra)
Yaki atau Monyet wolai atau Monyet hitam sulawesi (Macaca nigra)

Yaki atau Monyet wolai atau Monyet hitam sulawesi (Macaca nigra) adalah jenis primata yang merupakan hewan endemik dari Pulau Sulawesi khususnya Sulawesi bagian utara dan sekitarnya. Yaki memiliki ciri-ciri : seluruh tubuhnya berwarna hitam dan memiliki rambut berbentuk jambul di atas kepalanya seperti model rambut punk, serta memiliki pantat berwarna merah muda. Makanan Yaki adalah dedaunan, biji, bunga, umbi, buah, serangga, molusca, ular bahkan invertebrata kecil.

Klasifikasi ilmiah Yaki
Kerajaan:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Mammalia
Ordo:Primates 
Famili:Cercopithecidae
Genus:Macaca
Spesies:M.nigra

5. Lutung Jawa (Trachypithecus auratus)
Lutung Jawa(Trachypithecus auratus)

Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) adalah jenis primata endemik indonesia yang dapat ditemui pulau Jawa, Bali, Lombok, Pulau Sempu dan Nusa Barung mulai dari kawasan hutan dengan berbagai variasi mulai hutan bakau di pesisir pantai, hutan rawa air tawar, hutan dataran rendah, hutan meranggas, hingga hutan dataran tinggi hingga ketinggian mencapai 3.500 mdp. Ciri-ciri dari lutung jawa adalah memiliki bulu berwarna hitam dan pada lutung betina memiliki bulu berwarna keperakan di sekitar kelaminnya. Lutung jawa (lutung budeng) muda memiliki bulu yang berwarna oranye. Memiliki ukuran tubuh sekitar 55 cm dengan panjang ekor mencapai 80 cm da memiliki berat tubuh sekitar 6 kg.

Klasifikasi ilmiah Lutung Jawa
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Primates
Famili: Cercopithecidae
Genus: Trachypithecus
Spesies: Trachypithecus auratus

6. Tarsius

tarsius
Tarsius adalah primata dari genus Tarsius dari famili Tarsiidae. Tarsius memiliki ciri: memiliki tubuh kecil dengan mata yang sangat besar dengan bola mata berdiameter sekitar 16 mm, memiliki kaki belakang yang sangat panjang. Ukuran panjang kepala hingga tubuhnya 10 sampai 15 cm, memiliki ekor ramping dengan panjang sekitar 20 hingga 25 cm. Bulu tarsius berwarna cokelat abu-abu, cokelat muda atau kuning-jingga muda dan sangat lembut. Terdapat 9 jenis tarsius yang tersebut yang tersebar di Filipina dan Sulawesi, Indonesia. 2 jenis terdapat di Filipina dan 7 diantaranya berada di Sulawesi, Indonesia.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Primates
Famili: Tarsiidae
Genus: Tarsius

7. Kukang
Kukang (Nycticebus spp.)
Kukang  (Nycticebus spp.) adalah jenis primata yang memiliki gerakan lambat. Ciri-cirinya adalah memiliki warna rambut beragam mulai dari kelabu keputihan, kecoklatan, hingga kehitam-hitaman, memiliki garis cokelat melintang dari belakang punggung hingga dahi lalu bercabang ke dasar telinga dan mata. Mmiliki berat tubuh berkisar antara 0,375-0,9 kg dengan panjang tubuh hewan dewasa sekitar 19–30 cm. Terdapat 8 spesies kukang yang ada di alam, 6 diantaranya di temukan di Indonesia yaitu di pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Klasifikasi ilmiah Kukang
Kerajaan:Animalia
Phylum:Chordata
Clade:Synapsida
Kelas:Mammalia
Ordo:Primates
Famili:Lorisidae
Genus:Nycticebus

8. Simakobu
Simakobu
Simakobu (Simias concolor) adalah primata ini ditemukan di Indonesia tepatnya di Pulau Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan, serta di Pulau Siberut. Ciri-ciri Simakobu adalah ekornya memiliki bentuk seperti ekor babi yaitu pendek tidak berbulu, bulunya hanya ada pada ujung ekor jadi simakobu juga sering disebut monyet ekor babi. Memiliki panjang berkisar antara 490-550 mm dengan berat sekitar  8,7 kg  untuk Simakobu jantan dan memiliki panjang 460-550 mm dengan berat sekitar 7,1 kg untuk betina. Memiliki tangan dan kaki yang sama panjang serta memiliki panjang ekor simakobu bervariasi yaitu berkisar antara 14 sampai 15 cm. Simakobu memiliki 2 jenis warna bulu yaitu abu-abu gelap dan coklat muda, tetapi yang sering ditemui adalah simakobu berbulu abu-abu gelap.

Klasifikasi ilmiah Simakobu
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Primates
Famili: Cercopithecidae
Genus: Simias
Spesies: S.Concolor

Demikian artikel pembahasan tentang”Primata – Pengertian, Jenis Primata Asli Indonesia Beserta Klasifikasi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa