Buah Bit – Pengertian, Kandungan Serta Manfaat Buah Bit

Posted on

Pengertian, Kandungan Serta Manfaat Buah Bit

Hai sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Buah Bit yang kaya akan manfaat. Nah, untuk lebih jelasnya simaklah pembahasan berikut ini.

Buah Bit adalah sejenis umbi yang masuk dalam kelas Beta vulgaris dan termasuk dalam subspesies vulgaris Conditiva. Buah bit memiliki warna merah keungguan dan biasanya buah bit digunakan campuran makanan, pewarna makanan alami serta juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.Buah bit

Kandungan gizi Buah Bit/100 gram :
Energi 180 kJ (43 kcal)
karbohidrat 9.96 g
gula 7.96 g
Serat makanan 2,0 g
Lemak 0,18 g
protein 1.68 g
Vitamin A equiv. (0%) 2 mg
Tiamin (B 1) (3%) 0.031 mg
Riboflavin (B 2) (2%) 0,027 mg
Niacin (B 3) (2%) 0,331 mg
Asam pantotenat (B 5) (3%) 0,145 mg
Vitamin B 6 (5%) 0,067 mg
Folat (B 9) (20%) 80 ug
vitamin C (4%) 3,6 mg
Kalsium (2%) 16 mg
Zat Besi (6%) 0.79 mg
Magnesium (6%) 23 mg
mangan (14%) 0,3 mg
Fosfor (5%) 38 mg
Kalium (6%) 305 mg
Sodium (5%) 77 mg
Seng (4%) 0,35 mg

Manfaat Buah Bit

Manfaat Buah Bit

  • Dapat digunakan sebagai Obat hati, Pembersih alami ginjal dan kandung empedu
  • Dapat Menghancurkan sel tumor dan Sel kanker
    Buah bit kaya akan anti oksidan maka dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sel kanker. caranya buah bit berukuran sedang cincang, wortel cincang,seledri, bayam,parsley di buat jus lalu diminum.
  • Dapat Memperkuat fungsi darah
  • Dapat Memperkuat Sistem peredaran darah dan sistem kekebalan Tubuh
  • Mengatasi anemia dan memproduksi sel-sel darah merah
    Buah bit memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang mengaktifkan dan meregenerasi sel darah merah kembali serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah sehingganya dapat digunakan untuk mengatasi anemia. Caranya adalah buah bit dibuat jus, berikut adalah langkah membuat jus buah bit yang digunakan untuk mengatasi anemia: Cuci buah bit dan Kupas kulitnya lalu Potong dan masukkan dalam blender atau di parut, kemudian peras ambil airnya (untuk 1 gelas) kemudian tuangkan dalam gelas dan diminum.
  • Dapat Menurunkan kadar kolesterol
  • Dapat Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh
    Buah Bit yang telah dibuat jus dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina tubuh, karena kandungan nitrat pada buah bit dapat mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang dan jika melakukan olahraga maka akan lebih lama 16%. Jika meminum jus yang dicampur bit pada malam hari maka bisa digunakan untuk jus tonik asmara, menambah energi serta melancarkan aliran darah.
  • Dapat mengatasi masalah pencernaan
    Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, anda bisa memanfaatkan buah bit sebagai obatnya dengan cara membuat bit sebagai jus yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis.Selain itu, daun buah bit dapat dimanfaatkan untuk mencegah sakit demam dan masalah pencernaan.
  • Dapat Mengatasi masalah ketombe
    Buah bit pula dapat mengatasi masalah ketombe yaitu dengan cara merebus buah bit dengan sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Lalu dioles-oleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala lalu tutup kepala menggunakan handuk, biarkan semalaman, setelah semalam bilas rambut hingga bersih.
  • Dapat dijadikan Pewarna makanan alami
    Kandungan betanin pada buah bit yang menghasilkan warna merah dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan, misalnya es krim dan lain sebagainya.
  • Dapat memberikan gradasi warna burgundy pada pewarnaan rambut
  • Dapat Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, serta pembuluh darah
    Kandungan nitrat pada buah bit juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Demikian artikel pembahasan tentang”Buah Bit – Pengertian, Kandungan Serta Manfaat Buah Bit“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya Sampai jumpa