Red Pierrot,Talicada nyseus.

Kupu-Kupu : Pengertian, Metamorfosis, Klasifikasi, dan Contohnya

Posted on

Kupu-Kupu :Pengertian, Metamorfosis, Klasifikasi, dan Contohnya

Hai sahabat………Kali ini kita akan membahas tentang serangga yang memiliki sayap yang cantik dan beragam, apa ada yang tau? yups, jawabannya adalah Kupu-Kupu. Baiklah mari kita lihat penjelasan berikut ini.

Kupu-Kupu ialah jenis serangga yang yang masuk dalam golongan ordo Lepidoptera yaitu serangga bersayap sisik. Kupu-Kupu memiliki warna cerah yang indah dan beragam. Kupu-Kupu merupakan hewan diurnal atau hewan yang aktif pada siang hari. Kupu-Kupu mampu hidup selama seminggu atau setengah bulan tergantung spesiesnya. Kupu-Kupu dapat mengalami metamorfosis yaitu suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.

Kupu-Kupu biasanya menghisap nektar atau madu bunga tetapi ada beberapa jenis yang suka terhadap cairan yang di hisap seperti dari buah busuk yang telah jatuh ke tanah, bangkai, kotoran burung serta tanah basah, sedangkan pada saat menjadi ulat, ulat hanya memakan daun-daunan.

metamorfosis kupu-kupu

 

Daur hidup atau metamorfosis  kupu-kupu dimulai dari telur. Telur kupu-kupu biasanya ada di permukaan daun. Telur kemudian menetas menjadi ulat. Ulat akan makan selama berhari-hari, setelah beberapa lama ulat akan berhenti makan, dan mulai berubah menjadi kepompong. Masa kepompong ini berlangsung berhari-hari. Jika telah sempurna, kupu-kupu keluar dari kepompong dan setelah itu menjadi kupu-kupu dewasa yang indah dan cantik. kupu-kupu dewasa akan berkembang biak lagi dengan bertelur (ovipar). Kemudian dari telur- telur itu akan mengalami proses metamorfosis lagi.

Berikut adalah waktu lamanyadaur hidup atau metamorfosis kupu-kupu:

  • Telur menempel pada daun 2-7 hari
  • Ulat (larva) berumur 14-20 hari dengan berganti kulit sebanyak 4-5 kali
  • Kepompong/pupa  (chrysalis)  14-16 hari,dan saat baru menetas kupu-kupu membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam untuk mengeringkan sayap sebelum terbang untuk pertama kalinya.
  • Kupu-Kupu dewasa (imago) berumur 14-24 hari, sekitar 7% hidup imago digunakan untuk kopulasi/kawin.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia
Divisi: Rhopalocera
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Lepidoptera
Suku:
Superfamily Hesperioidea:

  • Hesperiidae anggi
    Superfamily Papilionoidea:
  • Papilionidae
  • Pieridae
  • Nymphalidae
  • Lycaenidae
  • Riodinidae

Berikut adalah contoh dari kupu-kupu dari masing-masing family/suku :

Famili Papilionidae- Si ekor layang
blue marmon
Blue marmon,Papilio polymnestor

Palawan Birdwing

palawan birdwing(Troides trojana)

 

Famili Pieridae – Si Putih dan Kuning

Famili Riodinidae – Si Metalmarks, Punches, dan Judies

Famili Nymphalidae – Si Kupu-kupu Berkaki-sikat

Famili Lycaenidae – Si Blues

Demikian penjelasan kami tentang”Kupu-Kupu : Pengertian, Metamorfosis, Klasifikasi, dan Contohnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa