umbi bawang merah

Pengertian Tanaman Umbi Berdasarkan Jenis Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Tanaman Umbi-Umbian – Umbi adalah organ pada tumbuhan yang mengalami perubahan bentuk dan ukurannya berdasarkan perubahan yang terjadi pada fungsinya. Organ yang membentuk umbi adalah akar, batang atau modifikasinya.  Ada beberapa jenis umbi diantaranya:

1.Umbi Lapis 

Umbi lapis adalah sejenis umbi-umbian yang terbentuk dari tumpukan daun yang rapat dalam format roset. Umbi lapis terbentuk dari beberapa suku monokotil( tumbuhan berkeping satu) seperti liliaceae dan amaryllidaceae(arti luas,termasuk kelompok bawang-bawangan). Jenis umbi ini dianggap berbeda dengan jenis umbi lain sebab karbohidrat yang diakumulasikan bukan dalam bentuk polisakarida.

Pada bagian pangkal umbi lapis terdapat bagian yang agak keras yang sering disebut cakram, cakram tersebut sebenarnya adalah batang. akan tumbuh lapisan-lapisan daun lunak,tebal,serta berair dari cakram tersebut yang kemudian terbentuk struktur membengkak yang disebut umbi. Apabila lapisan yang terbentuk kecil dan saling menyirap maka disebut squama(sisik) dan apabila lapisan yang terbentuk besar dan saling menutupi maka disebut tunica.umbi lapis jika dibelah maka akan terlihat lapisan lapisan tadi.
Contoh dari umbi lapis antara lain:

  •  Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum)

umbi bawang merah

Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum) adalah salah satu dari umbi lapis yang banyak digunakan untuk bumbu masakan di berbagai negara di dunia. bawang merah berasal dari iran dan pakistan serta pegunungan di bagian utaranya. kemudian di daerah dingin,tropis dn sub-tropis dibudidayakan. selain untuk bumbu masakan bawang merah juga enak di makan mentah,di buat acar serta bisa juga digunakan untuk obat tradisional. ternyata juga kulit bawang merah juga dapat digunakan untuk pewarna dan daunnya dapat dijadikan sayuran.
bawang merah banyak mengandung vitamin c,serat, kalium, asam folat, zat besi bahkan kalsium. selain itu bawang merah mengandung efek antiseptik dan senyawa alliiin.

  •  Bawang Putih (Allium sativum)

umbi bawang putih
Bawang putih adalah salah satu jenis dari umbi lapis yang banyak digunakan untuk bumbu masakan. Selain untuk bumbu masakan bawang putih digunakan untuk obat penyakit kutil. Bawang putih mentah mengandung banyak senyawa-senyawa sulfur termasuk alliin sehingga rasa bawang putih getir. bawang putih bisa dijadikan antibiotik alami didalam tubuh.

  •  Bawang bombai(Allium Cepa Linnaeus)

umbi bawang bombai

Bawang bombai(Allium Cepa Linnaeus)  adalah salah satu jenis umbi lapis yang berasal dari asia tengah. Bawang ini terbentuk dari lapisan daun yang membesar dan bersatu, berakar serabut, daunnya berbentuk seperti pipa namun pipih dan ukurannya lebih besar dari bawang merah. Bawang bombai biasanya digunakan untuk bumbu masakan dan tidak hanya itu bawang bombai bisa di jadikan hiasan pada masakan.

2.  Umbi Batang

Umbi batang (tuber cauligenum) merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi batang atau juga bisa disebut bagian dari batang yang tumbuh dan berkembang dibagian dalam tanah dan menggelembung pada bagian ujungnya, seperti geragih (stolo) atau rimpang (rhizoma). Oleh manusia umbi batang dijadikan bahan vegetatif karena mampu menghasilkan tunas dan akar. Umbi jenis ini banyak dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae (yang paling dikenal adalah umbi kentang) dan Asteraceae (seperti umbi dahlia dan topinambur) serta Rimpang jahe-jahean (Zingiberaceae) sering dianggap sebagai “umbi” atau “akar”.
Contoh umbi batang:

  • Kentang

umbi kentang
Kentang adalah salah satu contoh tumbuhan umbi batang dari spesies Solanaceae yang sering kita jumpai. Kentang merupakan tanaman semusim yang hidup di daerah dingin atau dataran tinggi untuk daerah beriklim tropis. Kentang banyak mengandung karbohidrat,mineral,protein, karotenoid, polifenol, dan sejumlah vitamin mulai dari vitamin c hingga asam folat. Di luar negeri kentang dikenal sebagai makanan pokok sedangkan di indonesia masih dianggap sebagai sayuran. Pada kentang terdapat zat solanin yang dapat digunakan sebagai obat penenang , anti kejang, anti jamur dan pestisida.

  • Ubi Jalar

umbi ubi jalar

Ubi jalar adalah tanaman umbi batang yang dibudidayakan melalui stolon atau geragih.ubi jalar mengandung senyawa beta karoten yang mampu menurunkan infeksi dari virus hiv/aids.

3. Umbi Akar( tuber rhizogenum)

Umbi akar( tuber rhizogenum) adalah umbi yang terbentuk dari akar. Umbi ini dapat terbentuk dari akar tunggang maupun akar cabang. contohnya adalah wortel atau lobak,singkong,ubi jalar,dll.

  •  Wortelumbi wortelWortel adalah jenis tumbuhan umbi yang terbentuk dari akar tunggang yang siklus hidupnya hanya 12-24 bulan saja (tumbuhan biennial) rasa dari wortel adalah manis langu.wortel banyak mengandun vitamin a yang sangat baik untuk kesehatan mata,selain itu wortel juga mengandung banyak vitamin seperti b1,b2,b3,b6,b9,c,zat besi,fosfor,kalium,sodium,kalsium,serta magnesium sehingga wortel dapat dimanfaatkan sebagai obat sembelit,penurunkan resiko stroke, serta antikanker.

4.  Umbi udara 

Umbi udara adalah umbi yang muncul pada bagian batang yang berada di atas tanah. tumbuhan yang memunculkan umbi semacam ini salah satunya adalah anggota Dioscoreaceae, seperti uwi dan gembili.

  • Uwi

umbi uwi

Uwi adalah tumbuhan dari genus Dioscoreaceae. Tumbuhan ini adalah tumbuhan semusim, umbinya memiliki   bentuk beragam seperti bulat,pipih panjang,bercabang dan ada yang menjari.

Demikian pembahasan kita tentang”Pengertian Tanaman Umbi Berdasarkan Jenis Dan Contohnya“, semoga bermanfaat dan jangn lupa ikuti postingan kita berikutnya. Sampai jumpa