Mangga Gedong Gincu

Mangga – Penjelasan Klasifikasi, Kandungan, Jenis, dan Manfaat Buah Mangga

Posted on

Penjelasan Klasifikasi, Kandungan, Jenis-Jenis, dan Manfaat Buah Mangga 

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang “Mangga”, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan di bawah ini.

Mangga( Mangifera indica) atau mempelam adalah nama sejenis buah dan sekaligus nama pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang memiliki sekitar 35-40 anggota. Tanaman dan buah mangga Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10–40 m.

Tamanan buah mangga memiliki daun berwarna kemerahan, keunguan atau kekuningan pada saat daun muda dan akan berubah pada bagian permukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat sedangkan bagian permukaan bawah berwarna hijau muda pada saat daun mulai tua. Daun tumbuhan buah mangga memiliki bentuk daun yang bervariasi seperti: Berbentuk lonjong dengan ujung seperti mata tombak, Berbentuk bulat telur dengan ujung runcing seperti mata tombak, Berbentuk segi empat dengan ujungnya runcing, Berbentuk segi empat dengan ujung membulat.

Buah mangga termasuk kedalam kelompok buah batu (drupa) yang berdaging dengan memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda bergantung pada spesiesnya, mulai dari bulat, bulat telur hingga lonjong memanjang Panjang buah berkisar antara 2,5–30 cm. Kulit buah mengga agak tebal berbintik kelenjar berwarna hijau, kekuningan atau kemerahan saat masak. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: M. indica
Nama binomial:
Mangifera indica

Nilai nutrisi mangga/100 gram
Energi 250 kJ (60 kcal)
Karbohidrat 15 g
Gula 13.7
Serat pangan 1.6 g
Lemak 0.38 g
Protein 0.82 g
Vitamin A equiv. 54 μg (6%)
beta-karotena 640 μg (6%)
lutein dan zeaxanthin 23 μg
Tiamina (Vit. B1) 0.028 mg (2%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%)
Niasin (Vit. B3) 0.669 mg (4%)
Asam Pantotenat (B5) 0.197 mg (4%)
Vitamin B6 0.119 mg (9%)
Folat (Vit. B9) 43 μg (11%)
Vitamin C 36.4 mg (61%)
Vitamin E 0.9 mg (6%)
Vitamin K 4.2 μg (4%)
Kalsium 11 mg (1%)
Besi 0.16 mg (1%)
Magnesium 10 mg (3%)
Mangan 0.063 mg (3%)
Fosfor 14 mg (2%)
Kalium 168 mg (4%)
Natrium 1 mg (0%)
Zink 0.09 mg (1%)

Berikut adalah jenis-jenis buah mangga:

1. Mangga Golek

Mangga Golek

Mangga Golek adalah Jenis mangga memiliki bentuk tidak bulat seperti buah mangga lainnya tapi justru terlihat sedikit memanjang. Buahnya memiliki ukuran tidak terlalu besar dengan panjang sekitar 0.9 meter. Buah ini memiliki rasasangat manis yang lebih dominan ketimbang rasa asamnya. Jika terlalu matang, maka kadar air dalam daging buah akan bertambah dan rasanya akan menyerupai buah pepaya dan apabila dalam kondisi matang sempurna, daging buah tebal serta lunak dengan warna kuning ke oranye,tanpa memiliki serat berlebih.

2. Mangga Arumanis
Mangga Arumanis
Mangga Arumanis adalah Jenis buah mangga ini memiliki bau dan juga manis yang khas . Buah mangga jenis ini jika telah tua biasanya memiliki kulit yang tetap hijau tetapi lebih tua dan dilapisi oleh lapisan lilin sehingga kulitnya berwarna kelabu. Kulit mangga jenis ini tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Rasa buahnya memiliki rasa percampuran antara manis dan asam.

3. Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu adalah jenis buah mangga yang banyak dikembangkan di Majalengka juga Cirebon, Jawa Barat. Buah mangga jenis ini memiliki kulit dengan kombinasi dari warna oranye, merah, sedikit warna hijau dan kuning. Daging buah jenis mangga ini mengandung banyak air dengan rasa manis sedikit asam.

4. Mangga Lalijiwa
Mangga Lalijiwa
Mangga Lalijiwa adalah Jenis mangga lokal dengan buah berbentuk bulat dengan warna daging kuning tua saat matang sempurna dan dagingnya memiliki rasa lezat dan bisa bikin lupa diri menurut sebagian orang. Oleh sebab itu mangga ini dinamai Lali Jiwa. Namun buah mangga ini memiliki aroma yang kurang kuat.

5. Mangga Endog
Mangga Endog
Jenis mangga ini memiliki bentuk dan ukuran buah yang kecil seperti telur. Buah ini memiliki permukaan kulit yang lumayan halus dan dilapisi lilin dengan daging buah padat dan berserat dengan kandungan air sedikit.

6. Mangga Manalagi
Mangga Manalagi
Mangga Manalagi adalah jenis mangga yang memiliki rasa yang serupa dengan perpaduan mangga golek dan mangga arumanis dengan ukuran buah tidak terlalu besar dengan ketinggian pohon mencapai angka 8 meter. Buahnya memiliki bentuk lonjong.Pada saat muda mangga ini memiliki kulit hijau muda sedangkan pada saat matang berwarna hijau tua dengan dilapisi lilin sehingga terlihat kelabu dengan bintik-bintik putih yang memenuhi kulit buahnya.

7. Mangga Kemang
Mangga Kemang
Jenis buah mangga dikenal juga dengan nama Mangga Binjai atau Binlo putih. Jika Buah telah matang sempurna maka akan berwarna kecoklatan dan sedikit kuning dengan memiliki rasa perpaduan manis dan asam yang seimbang.

8. Mangga Madu
Mangga Madu
Mangga Madu adalah jenis buah mangga memiliki rasa layaknya madu, bentuk buahnya bulat sedikit memanjang dengan kulit buahnya hijau muda dan semakin tua akan dilapisi lilin yang juga semakin tebal.

9. Mangga Fa Lan atau Mangga Thunder
Mangga Fa Lan
Jenis buah mangga ini memiliki rasa manis renyah. bentuknya panjang sedikit meruncing dan berwarna hijau. Pada saat buah sudah tua tetap berwarna hijau dengan rasa sangat manis. Varietas ini diberi nama Thunder karena kecenderungan buahnya akan membelah setelah terjadi badai atau hujan lebat. Oleh sebab inilah mangga Falan harus terhindar dari hujan badai saat mendekati panen dan penghentian irigasi sebelum panen.

10. Mangga Chauk Anan
Mangga Chauk Anan
Jenis buah mangga ini berasal dari Thailand dengan ciri biji yang tipis dan daging tebal,rasanya manis dan berserat tetapi dagingnya empuk.

11. Mangga Cingnawang
Mangga cingnawang
Jenis buah mangga ini memiliki ukuran yang cukup jumbo seperti mangga manalagi dan memiliki daging yang banyak dan rasanya manis, warna kulitnya tetap hijau meski sudang matang. Mangga jenis ini berasal dari Thailand.

12. Mangga Malgova
Mangga Malgova
Jenis mangga ini memiliki rasa buah yang masam ketika masih muda buahnya berbentuk bulat sedikit elips seperti bentuk apel. Warna kulit buahnya hijau tua dengan semburat merah ditutupi lapisan lilin serta memiliki daging buah cukup tebal berwarna kuning muda dan mengandung banyak air.

13. Mangga apel
Mangga apel
Jenis mangga ini memiliki bentuk mirip dengan buah apel, rasanya masam ketika masih muda dengan kulit hijau kemerah-merahan pada pangkalnya serta memiliki aroma buah yang harum.

14. Mangga Yu Wen
Mangga Yu Wen
Jenis mangga ini merupakan introduksi asal negara Taiwan yang memiliki ukuran besar, mangga ini memiliki warna merah terang, mangga Yu Wen memiliki daging buah yang tebal berbiji super tipis tanpa serat dengan rasa manis.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan:

  • Bisa dijadikan sebagai pencegah penyakit Kanker.
  • Mampu menurunkan kadar kolestrol yang tidak baik untuk tubuh kita
  • Membantu memberikan nutrisi yang baik dan sehat untuk mata
  • Bisa melindungi pencernaan anda karena memiliki banyak serat yang akan membantu memperlancar pencernaan.
  • Dapat menjaga tubuh sehingga selalu dalam keadaan fit dan meningkatkan daya tahan imun kita dari serangan berbagai macam penyakit jahat,
  • Buah mangga juga sangat baik dan bermanfaat bagi ibu hamil, apalagi buah mangga sudah tidak asing lagi sering dicari oleh ibu yang sedang ngidam
  • Dapat membantu meningkatkan kadar insulin.
  • Bisa dijadikan sebagai masker buah alami untuk menjaga kulit sensitif
  • Membantu membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan segar
  • Mengobati komedo
  • Bisa dikonsumsi pada saat diet karena mampu membantu dalam program diet anda
  • Mampu mempercepat infeksi khususnya yang diakibatkan oleh jerawat
  • Dapat membantu mempercepat pengangkatan sel kulit mati atau membantu regenerasi pada kulit
  • Menjaga kulit agar tetap terjaga keelastisannya
  • Membantu melembutkan kulit

Demikian artikel penjelasan tentang”Penjelasan Klasifikasi, Kandungan, Jenis, dan Manfaat Buah Mangga “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa