marsupial wallaroo

Penjelasan Tentang Hewan Marsupialia Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Hewan Marsupialia  dan Contoh Lengkap

Marsupialia adalah kelompok dari hewan mamalia yang betinanya memiliki kantong perut(marsupium) atau sering disebut hewan berkantung. Betina pada hewan marsupialia memiliki vagina berjumlah dua yang yang dua-duanya terbuka secara eksternal tetapi mengarah ke ruangan terpisah pada uterus melalui satu lubang sedangkan jantan biasanya memiliki penis bercabang dua dan yang keluarkan bukanlah urin tetapi semen. Urin dikeluarkan melalui kloaka atau posterior yang berfungsi untuk saluran pencernaan, urin, dan pada umumnya genital padahewan tertentu.
Hewan marsupialia melahirkan embrio kecil yang belum matang tetapi embrio itu akan tumbuh dan berkembang dalam kantong perut induknya. Namun, embrio akan rapuh sehingga kemungkinan kecil untuk bertahan hidup daripada embrio pada mamalia plasenta.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Upakelas: Theria
Infrakelas: Marsupialia
Ordo

  • Didelphimorphia
  • Paucituberculata
  • Microbiotheria
  • Dasyuromorphia
  • Peramelemorphia
  • Notoryctemorphia
  • Diprotodontia
  • †Sparassodonta
  • †Yalkaparidontia

Berikut adalah contoh hewan marsupialia:

1.Kanguru

marsupial kangguru
Kanguru adalah hewan marsupialia yang berasal dari benua Australia. Penamaan kanguru cukup unik karena pada abad ke 17, James Cook mendarat di Australia dan dia melihat seekor kanguru lalu ia bertanya pada salah seorang dari suku aborigin. Ia bertanya “ what is the name of the animal?” tapi orang dari suku aborigin tersebut tidak mengerti maksud dari bahasa tersebut, lalu ia menjawab “Gangguru” yang dalam bahasa aborigin adalah saya tidak mengerti maksud anda. Tetapi, Cook mengira kalau yang dikatakan orang itu adalah nama dari hewan tersebut kemudian cook menyebutnya “Kangaroo“, karena gangguru mirip dengan kangaroo. Terdapat 3 spesies dari kanguru yaitu: kanguru merah, kanguru abu-abu timur, dan kanguru abu-abu barat. Kanguru memiliki sepasang kaki belakang yang kuat, karena ukuran telapak kakinya yang besar memungkinkan dia untuk melompat jauh dan kecepatannya mencapai 20-25 km/jam bahkan bisa mencapai 70 km/jam.

2. Wallaby

marsupial wallaby
Walabby dan kanguru kadang sulit dibedakan. Apalagi orang yang tidak tinggal di australia, tapi ada beberapa perbedaan yang bisa kita lihat dari Wallaby dan Kanguru:  Wallaby berbadan sedikit bungkuk sedangkan Kanguru tegak, Wallaby gendut sedangkan Kanguru langsing, Wallabby lebih kecil sedangkan Kanguru bisa mencapai tinggi 2 meter. dan wajah Wallaby lebih mirip dengan tikus sedangkan Kangguru lebih mirip manusia.

3. Quoll

marsupial Quoll

 Quoll adalah hewan marsupial yang berasal dari australia. kara quoll berasal dari bahasa aborigin yang berarti kucing harimau. badan quoll sebesar kucing dan cara makan dan berburu mirip dengan harimau sehingga disebut kucing harimau.

4. Wallaroo

marsupial wallaroo
Wallaroo adalah hewan yang berasal dari australia sama halnya dengan kangguru ukuran wallaroo lebih kecil dari kangguru dan lebih besar dari wallaby. Wallaroo itu berarti “kangguru kecil“. Selain di Australia wallaro juga dapat ditemukan di negara bagian Rocky.

5. Pademelon

marsupial Pademelon
Pademelon adalah marsupial kecil dari genus Thylogale dan terkecil dari famili macropoda. Hewan ini sangat pemalu ketika ada hal yang menurut mereka mengganggu mereka akan langsung berlari. Karena ukurannya yang kecil maka mereka menganggap hewan lain berbahaya dan dapat menjadi pemangsa mereka. Pademelon dapat ditemukan di hutan-hutan.

6.  Quokka

marsupial quokka
Quokka adalah hewan macropoda kecil yang ukurannya seperti kucing rumahan,mereka adalah hewan herbivora dan nocturnal dan quokka dapat ditemukan di beberapa pulau kecil di pesisir australia barat.

7. Koala

marsupial koala
Koala adalah jenis hewan marsupial khas australia. Disebut koala karena dalam bahasa australia pribumi berarti “tidak minum” pada kenyataan koala minum air tetapi jarang karena koala makanan koala adalah daun ekaliptus yang sudah mengandung banyak air. Koala dapat ditemukan di sepanjang australia bagian timur.

8. Tasmanian Devil

marsupial tasmanian devilMarsupial jenis ini adalah hewan pemakan daging dari famili Dasyuridae dan banyak ditemukan di negara bagian Tasmania, Australia. Ciri-cirinya memiliki badan kekar dan berotot, bau yang menyengat, bulunya berwarna hitam, serta memiliki penciuman yang sangat tajam.

9. Harimau Tasmania

marsupial Harimau tasmania
Harimau tasmania adalah hewan marsupial terbesar tetapi hewan ini telah punah pada tahun 1936.

10. Kanguru Pohon

marsupial kanguru pohon
Kanguru Pohon adalah hewan marsupial yang banyak ditemukan di papua dan papua nugini. Hewan ini hidup di hutan dan pepohonan.

11. Oposum

marsupial oposum

Oposum adalah hewan marsupial yang ditemukan di amerika serikat.

12. Wombat

marsupial wombat
Wombat adalah hewan marsupial yang ditemukan di Australia, hewan ini merupakan hewan tazmana devil. Hewan ini memiliki sistem metabolisme yang sangat lambat sehingga membutuhkan waktu 14 hari untuk mencerna makanan.

Demikian pembahasan kita tentang “Penjelasan Tentang Hewan Marsupialia Beserta Contohnya Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kita berikutnya. Sampai jumpa