perbedaan panjang buaya dan alligator

10 Perbedaan Antara Buaya dan Alligator dengan Penjelasan Terlengkap

Posted on

10 Perbedaan Antara Buaya dan Alligator

Hai sahabat…….. kali ini kita akan membahas perbedaan binatang buas yaitu antara Buaya dan Alligator. Walaupun Alligator sangat mirip dengan Buaya, baik dari penampilan, habitat, atau kebiasaan makan. tapi sebenarnya Buaya dan Alligator memiliki banyak perbedaan.

Buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air yang masuk kedalam anggota suku Crocodylidae. Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, tetapi ada pula yang hidup di air payau.

buaya

Klasifikasi ilmia Buaya
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Crocodilia
Famili: Crocodylidae

 

Alligator adalah hewan reptil yang berkerabat dekat dengan buaya tetapi Alligator berasal dari suku atau famili Alligatoridae.

alligator

Klasifikasi ilmiah Alligator
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Crocodilia
Famili: Alligatoridae

Berikut adalah perbedaan antara Buaya dengan Alligator:

1. Taksonomi

Kedua hewan  reptil ini sama-sama berasal dari ordo Crocodilia, tetapi Alligator di klasifikasikan ke dalam famili Alligatoridae sedangkan Buaya masuk ke dalam anggota famili Crocodylidae.

2. Habitat

Buaya dan Alligator  menyukai tempat tinggal di dekat air dan ketika bertelur di darat. Yang membedakannya , Alligator berhabitat di air tawar, sedangkan Buayaberhabitat di air payau atau air asin.

3. Perilaku

 Dari perilaku Buaya relatif lebih agresif dan akan menyerang siapapun yang berada di dekatnya dibandingkan Alligator yang cenderung menghindar ketika bertemu dengan manusia

4. Warna tubuh

Warna tubuh alligator lebih gelap dibandingkan buaya. Warna alligator kebanyakan kehitaman atau abu-abu, sedangkan buaya berwarna hijau zaitun atau coklat.

5. Bentuk moncong

Dari bentuk moncong Alligators memiliki moncong yang lebih luas berbentuk seperti huruf ‘U’, sedangkan moncong Buaya lebih sempit dan berbentuk seperti huruf ‘V’.
perbedaan moncong buaya dan alligator

6. Posisi rahang dan gigi

Pada Alligator, rahang atas lebih besar dibanding rahang bawah sehingga ketika mengatup, rahang atas menutup sepenuhnya rahang bawah sehingga tidak ada gigi yang mencuat keluar. Sedangkan, pada Buaya memiliki rahang atas dan rahang bawah  relatif sama sehingga ketika mulutnya mengatup akan nampak gigi yang mencuat di sela-sela rahang.

7. Kaki belakang

Kaki belakang pada Buaya memiliki pinggiran bergerigi sedangkan pada kaki belakang Alligator tidak.

8. Dermal Pressure Reseptor (DPR)

Dermal Pressure Reseptor adalah lubang sensorik kecil berwarna hitam yang berfungsi membantu mendeteksi perubahan tekanan air. Pada Alligator, Dermal Pressure Reseptor terdapat hanya di sekitar rahang, sedangkan pada buaya sensor ini terdapat hampir di seluruh tubuh.

9. Kelenjar garam

Buaya menggunakan kelenjar garam untuk membuang kelebihan garam dari tubuh, sedangkan pada alligator kelenjar ini tidak memiliki fungsi seperti pada buaya.

10. Panjang Tubuh
Ukuran tubuh buaya jauh lebih besar dibandingkan Alligator. Buaya memiliki panjang tubuh yang sangat beragam, mulai dari 1,5 meter hingga 6 meter bahkan lebih sedangkan Alligator hanya memiliki panjang sampai 4 meter dan Aligator yang terbesar panjangnya mencapai 5,84 m.
perbedaan panjang buaya dan alligatorDemikian artikel pembahasan tentang”Perbedaan Antara Buaya dan Alligator“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa