perbedaan tumbuhan dikotil monokotil

Perbedaan Dikotil dan Monokotil Pada Tumbuhan Dalam Tabel dan Gambar

Posted on

Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil. Dalam ilmu biologi terdapat dua jenis tumbuhan berdasarkan jumlah kepingnya yaitu tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil. Secara umum perbedaan dari tumbuhanan dikotil merupakan tumbuhan dengan jumlah keping bijinya berjumlah dua sedangkan dalam tumbuhan monokotil hanya mempunyai satu keping biji. Selain dari jumlah keping bijinya, tumbuan dikotil dan monokotil memiliki beberapa perbedaan lainnya yang dapat dilihat dan kita amati dari bentuk akar, batang, daun, serta klasifikasinya.

Perbedaaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Untuk lebih memahami perbedaan antara kedua jenis tumbuhan ini, secara sederhana perbedaannya terdapat dalam tabel berikut ini:

perbedaan monokotil dan dikotil

1. Bentuk Biji

biji dikotil monokotil

Perbedaan khas pada tumbuhan dikotil dan monokotil adalah pada bentuk bijinya. Tumbuhan dengan satu keping biji tumbuhan disebut dengan tumbuhan monokotil, tumbuhan ini tidak dapat mengalami pembelahan saat berkecambah. Contohnya pada tumbuhan padi, jagung, kelapa dan anggrek. Sedangkan tumbuhan dengan dua keping biji adalah tumbuhan dikotil, tumbuhan ini dapat membelah diri jadi dua saat berkecambah, misalnya pada biji kakao, karet, kacang-kacangan dan bunga matahari.

2. Bentuk Akar

akar dikotil monokotil

Perbedaan yang mendasar dari tumbuhan dikotil dan monokotil adalah bentuk akar yang dimiliki. Akar pada tumbuhan monokotil berbentuk serabut yang tersusun atas banyak akar yang kecil dan tipiss. sedangkan pada tumbuhan dikotil bentuk akarnya tunggang, yaitu satu namun mempunyai banyak cabang dan bersifat kua dan tidak mudah patah.

3. Bentuk Batang

batang dikotil monokotil

Perbedaan lainnya pada tumbuhan ini adalah pada batangnya. Pada tumbuhan dikotil mempunyai batang yang memiliki kambium dan dapat bercabang-cabang menjulang tinggi dan menjulur panjang. Sedangkan pada tumbuhan monokotil batangnya tidak memiliki kambium dan tidak bercabang.

4. Bentuk Daun

daun dikotil monokotil

Perbedaan lainnya pada tumbuhan dikotil dan monokotil adalah bentuk daun yang dimilikinya. Pada tumbuhan monokotil bentuk daunnya memanjang seperti pita dan daunnya lebar dengan bentuk beraneaka ragam. Sedangkan pada tumbuhan dikotil mempunyai tulang daun yang sejajar atau melengkung dengan bentuk daun menajari atau seperti sirip.

5. Bentuk Bunga

bunga dikotil monokotil

Dari bentuk bunganya kita bisa membedakan antara tumbuhan dikotil dan monokotil. Tumbuhan monokotil memiliki kelopak bunga dengan jumlah 3 atau kelipatannya. Sedangkan tumbuhan dikotil mempunyai jumlah kelopak minimal 2, 4 kelopak atau 5 kelopak dan kelipatannya.

6. Berkas Pengangkut

berkas pengangkut

Berkas pengangkut pada tumbuhan dikotil dan monokotil juga berbeda. Pada tumbuhan monokotil berkas pengangkutnya tersebar pada batang baik pembuluh tapis maupun pembuluh kayunya. Sedangkan pada jenis tumbuhan dikotil berkas pengangkutnya terletak teratur dengan pembuluh kayu yang terletak pada bagian pembuluh tapis.

Leave a Reply