Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap

Posted on

Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap

Hai Sahabat…….

Katak dan Kodok adalah jenis hewan amfibi yang masuk dalam ordo Anura, katak dan kodok dapat ditemukan di seluruh daerah tropis seperti pada hutan, tepi sungai, perkebunan, persawahan, rawa, padang pasir dan masih banyak lagi.

perbedaan-katak-dan-kodok

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Amphibia
(tidak termasuk): Salientia
Ordo: Anura

Meski mempunyai bentuk yang sama taukah kalian bahwasanya katak dan kodok memiliki perbedaan yang mencolok,memang banyak yang mengira bahwasanya katak dan kodok itu sama tapi berikut adalah perbedaannya:

  • Katak Memiliki warna yang beragam seperti hijau,biru dan lainnya. Sedangkan Kodok memiliki warna yang kusam.
  • Katak lebih suka hidup di daerah yang dekat air. Sedangkan Kodok lebih suka tempat yang lebih kering dan akan datang ke air hanya untuk bertelur saja.
  • Katak memiliki tubuh yang ramping dengan pinggang kecil, kulitnya halus,licin dan berlendir. Sedangkan Kodok memiliki tubuh yang gemuk dan pendek dengan kulit kasar dan kering.
    katak   kodok
  • Katak memiliki kaki belakang yang panjang, berselaput serta kuat dan digunakan untuk memanjat, berenang dan melompat. Sedangkan Kodok memiliki kaki belakang pendek dan biasaya digunakan untuk berjalan dan tidak dapat melompat jauh serta tinggi.
    kaki-belakang-katak kaki-belakang-kodok
  • Katak memiliki gigi yang digunakan untuk mencengkeram mangsanya. Sedangkan Kodok tidak mempunyai gigi.
  • Katak tidak memiliki kelenjar racun tetapi adajuga katak yang berwarna cerah memiliki kelenjar racun yang digunakan untuk pertahanan kimia dari predator. Sedangkan KOdok memiliki kelenjar racun yang letaknya berada pada bagian belakang mata.
  • Katak jika bertelur telurnya bergerombol, betinanya akan membawanya dipunggung hingga menetas dan ketika sudah menjadi kecebong maka indukan akan meninggalkannya. Sedangkan Kodok jika bertelur telurnya memanjang seperti rantai, diletakan tanaman air dan induk terkadang membawa telur di punggung dan ketika sudah menjadi kecebong atau berudu tetap akan dijaga.
    telur-katak telur-kodok
  • Katak ada yang diurnal dan ada yang nocturnal sedangkan Kodok hampir semuanya nocturnal.
  • Katak dapat ditemukan dimana saja kecuali antartika Sedangkan Kodok juga dapat ditemukan di seluruh dunia kecuali madagascar,polynesia,australia dan daerah tundra.

Demikian artikel pembahasan tentang”Perbedaan Katak Dan Kodok Secara Ilmiah Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa