Perbedaan Kura-Kura, Penyu, Dan Bulus Atau Labi-Labi

Posted on

Perbedaan Antara  Kura-Kura, Penyu, Dan Bulus Atau Labi-Labi Yang Harus Diketahui

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Antara Kura-Kura, Penyu Dan Bulus atau Labi-Labi. Berikut adalah penjelasannya secara lengkap.

  • Kura-Kura adalah Jenis hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Kura-kura masuk dalam ordo Testudinata. Kura-kura memiliki tempurung atau batok yang keras dan kaku. Batok atau tempurung tersebut memiliki dua bagian yaitu bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah (ventral, perut) disebut plastron. Kura-kura hidup di berbagai tempat daerah seperti gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan laut.Tapi kebanyakan Kura-kura hidup di daratan, Kura-kura tidak memiliki gigi. Akan tetapi pengerasan tulang di moncong kura-kura sanggup memotong apa saja yang menjadi makanannya,Kura-kura memiliki ukuran yang bervariasi ada yang besar dan kecil.

kura-kura

Klasifikasi ilmiah Kura-Kura
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Testudinata

  • Penyu adalah jenis kura-kura laut yang hidup di semua samudra di dunia. Penyu berasal dari kelas Sauropsida, penyu memiliki satu pasang tungkai depan yang berguna sebagai pendayung saat berenang dalam air. Penyu bernafas menggunakan paru-paru. Penyu biasanya melakukan migrasi dengan jarak yang cukup jauh yaitu 3.000 Km dengan waktu 58 hingga 73 hari.
    Penyu

Klasifikasi ilmiah Penyu
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Testudinata
Upaordo: Cryptodira
Superfamili: Chelonioidea

Penyu jantan dan betina menghabiskan seluruh hidupnya di laut, tetapi betina sesekali akan ke daratan untuk bertelur. Siklus bertelur penyu sangat beragam mulai dari 2 hingga 8 tahun sekali. Penyu betina dalam sekali bertelur akan mengeluarkan telur dengan jumlah ratusan butir, tapi dari ratusan telur tersebut hanya sekitar belasan anak penyu (tukik) yang dapat berhasil kembali ke laut.

  • Bulus (Amyda cartilaginea) adalah jenis kura-kura berpunggung lunak dari suku Trionychidae. Keparas pada bulus terdiri dari tulang lunak dan dilapisi kulit tebal dan licin. Diameter punggung bulus sekitar 100 cm, kepala bulat, mata kecil dengan lubang hidung terdapat pada ujung belalai yang kecil dan pendek. Bulus memiliki leher yang panjang yang bisa mencapai setengah dari kerapasnya,memiliki tungkai yang berselaput, memiliki cakar yang kuat dengan kuku runcing.
    Bulus memiliki warna yang bervariasi mulai dari hitam, abu-abu hingga kecoklatan. Pada bulus muda terdapat bintik-bintik kekuningan, terang atau buram dengan terkadang terdapat sekitar 6-10 bercak bulat agak gelap bertepi putih yang tersusun melengkung di punggung. Pada sisi bawah tubuh bulus halus licin dengan warna keputihan.

labi-labi atau bulus

Klasifikasi ilmiah Bulus
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Testudines
Famili: Trionychidae
Genus: Amyda
Spesies: A. cartilaginea

Kura-kura, Penyu, Dan Labi-labi atau Bulus  sekilas hampir sama tetapi mereka memiliki perbedaan. Berikut adalah perbedaan antara kura-kura, penyu, Dan labi-labi atau bulus:

Perbedaan Kura-Kura, Penyu, dan Bulus atau Labi-Labi
  • Kura-Kura hidup di darat dan di air tapi kura-kura paling banyak menghabiskan waktu di daratan, Penyu hidup sepenuhnya hidup di air dan hanya akan ke daratan ketika akan bertelur (untuk betinanya), Sedangkan Bulus atau labi-labi lebih banyak menghabiskan waktu di air yaitu air tawar daripada di daratan.
  • Kerapas pada Kura-Kura memiliki 2 lapis yaitu lapisan luar yang terdiri dari kumpulan sisik keras dan Lapisan dalam yang terdiri dari lempengan tulang yang rapat, Penyu tidak mempunyai sisik pada kerapasnya hanya sejenis kulit, Sedangkan Bulus atau labi-labi kerapasnya hanya terdiri dari tulang rawan.
  • Kura-Kura memiliki kaki yang berfungsi untuk berjalan di daratan, Sedangkan Penyu dan Bulus atau labi-labi memiliki kaki yang menyerupai sirip karena berfungsi untuk membantu berenang dalam air.
  • Jika dalam keadaan bahaya, Kura-Kura akan memasukkan kepalanya dalam tempurung, Sedangkan Penyu dan Bulus atau labi-labi tidak.
  • Dari makanan, Kura-Kura memakan tumbuhan dan serangga, Penyu memakan ikan-ikan kecil dan ubur-ubur laut, Sedangkan Bulus atau labi-labi memakan ikan-ikan kecil dan cacing.

Demikian artikel pembahasan tentang”Perbedaan Kura-Kura, Penyu, Dan Bulus Atau Labi-Labi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa