mangga

Perbedaan Mangga Arumanis, Mangga Manalagi, dan Mangga Golek

Posted on

Perbedaan Mangga Arumanis, Mangga Manalagi, dan Mangga Golek

Hai Sahabat…..

Mangga( Mangifera indica) atau mempelam adalah nama sejenis buah dan sekaligus nama pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang memiliki sekitar 35-40 anggota. Dari sekian banyak jenis dari buah mangga pastilah akan ada perbedaan yang mencolok antara masing -masing mangga.  Nah, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara mangga Arumanis, Manalagi, dan Golek. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Mangga Arumanis     Mangga Manalagi     Mangga Golek

gambar mangga arumanis, mangga manalagi, dan mangga golek

Mangga Arumanis dan Manalagi sama-sama berasal dari daerah Jawa Timur, bedanya mangga Arumanis dari Probolinggo sedangkan Manalagi dari Situbondo. Mangga Arumanis Buahnya berbentuk jorong, berparuh sedikit, dan ujung meruncing. Pangkal buah berwarna merah keunguan, sedangkan bagian lain berwarna hijau kebiruan, memiliki kulit buah tidak begitu tebal, berbintik-bintik kelenjar berwarna keputihan, dan ditutupi lapisan lilin, memiliki daging buah yang tebal, berwarna kuning, lunak, tak berserat, dan tidak begitu banyak mengandung air serta rasanya manis segar, tetapi pada bagian ujung kadang asam, memiliki biji berukuran kecil dan berbentuk lonjong pipih dengan panjang berkisar antara 13-14 cm sedangkan Panjang buahnya dapat mencapai 15 cm dengan berat per buah sekitar 450 g. Pohon mangga ini  memiliki produktivitas cukup tinggi, ketika panen pohon buah mangga ini dapat menghasilkan mangga hingga mencapai 54 kg/pohon.

Bentuk daun buah mangga Manalagi cenderung lonjong dengan bagian ujung agak runcing, bunga ada pohon Manalagi berbentuk majemuk seperti kerucut dengan warna bunga kuning dengan bagian tangkai agak hijau kemerahan.
Buah mangga Manalagi memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan mangga golek. Buah mangga Manalagi memiliki ukuran sedang dengan kulit buah berwarna hijau ketika masih muda dan memiliki warna hijau agak keabuan apabila matang, kulit mangga Manalagi tebal dan berlilin dengan dipenuhi bintik-bintik putih dengan jumlah jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis mangga lain. Sementara itu, daging buah mangga Manalagi padat dan berserat. Mangga Manalagi termasuk mangga yang tahan lama setelah di petik dari pohon.

Yang paling membedakan antara Mangga Golek dengan Arumanis dan Manalagi adalah ukuran buahnya yang lebih besar dan panjang serta lonjong. Mangga Golek memiliki bentuk panjang meruncing tidak berparuh, rasa buahnya manis dan ketika matang warna kulitnya tetap berwarna hijau, daging buahnya tebal dengan rasa manis dan harum yang tajam, berwarna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika dipotong akan banyak mengeluarkan air.

Jenis mangga golek sudah sangat tenar di daerah Jawa barat, tapi yang membedakan dengan jenis mangga golek asal Pasuruan dan Probolinggo yaitu dari ukuran buahnya yang lebih besar dari mangga golek pada umumnya. Buah mangga golek ini memiliki bentuk panjang dengan ujung meruncing dan tak berparuh. Warna buah mangga golek ini saat muda berwarna hijau, sedangkan yang sudah tua memiliki warna kuning pada bagian pangkalnya dan kehijauan pada bagian ujungnya, kulit mangga Golek tidak begitu tebal dan halus. Daging buahnya tebal berwarna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika dipotong akan banyak mengeluarkan air, rasanya sangat manis dan aromanya harum tajam. Panjang buah mangga golek sekitar 17 cm dengan berat berkisar 500 g. Produktivitas pohon mangga golek rata-rata per pohon akan menghasilkan sekitar 52 kg. Tanaman mangga golek termasuk dalam tanaman dataran rendah. Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang di daerah dengan ketinggian antara 0-300 m di atas permukaan laut.

Demikian artikel pembahasan tentang”Perbedaan Mangga Arumanis, Mangga Manalagi, dan Mangga Golek“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa