Pesona Ikan Hias Air Laut yang Populer Untuk Hewan Peliharaan

Posted on

15 Ikan Hias Air Laut Yang Populer Untuk Hewan Peliharaan Di Aquarium

Hai Sahabat………..

Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu hobi yang menyenangkan, karena menurut riset memelihara hewan peliharaan dapat membantu kita menghilangkan rasa stres. Ikan adalah satu hewan yang paling banyak dipelihara karena warna dan coraknya yang sangat beragam dan indah. Ikan jika di letakkan di aquarium dapat juga memberikan unsur keindahan. Selain Ikan hias air tawar ada juga ikan hias yang berasal dari air laut. Nah, berikut adalah jenis ikan hias air laut yang bisa anda pelihara di aquarium:

1. Ikan Hias Watchman Gobies
Watchman Gobies

Ikan hias Watchman Gobies (Cryptocentrus) adalah jenis Ikan hias yang beberapa pola namun yang terkenal adalah Bluespotted dan Pink Spotted Watchman Goby. Watchman Goby adalah ikan yang agresif, memiliki daya tahan hidup dan memiliki kemampuan berenang yang baik. Makanan untuk Watchman Goby biasanya adalah udang kecil.

2. Ikan Hias Blue Tangs/ Botana

Blue Tangs
Ikan hias jenis ini ditemukan di Indo-Pasifik dari Afrika Timur ke Kiribati, dan dari utara ke selatan Jepang, Lettersix adalah ikan karang yang mendiami kedalaman hingga 40 meter. Ikan ini lebih menyukai arus deras pada terumbu ke arah laut di mana bentuk-bentuk rumput yang melayang-layang di atas koloni karang (terutama Pocillopora eydouxi). Ikan hias air laut ini di Indonesia di panggil dengan nama ikan Dori. Makanan ikan hias ini adalah ganggang/alga, plankton, udang ,flake, pelet dan cacing.

3. Ikan Hias Yellow Tangs
 Yellow Tangs

Zebrasoma Flavescens atau Yellow tang adalah jenis ikan hias yang memiliki ukuran bisa tumbuh mencapai 8 inci ( 20 cm ) di alam liar, namun didalam akuarium hanya sekitar 2 inci sampai 4 inci saja. Ikan ini cenderung aktif, kuat, dan agresif saat disatukan dengan spesies berbeda.

4. Ikan hias Wrasses
 Wrasses fish

Wrasses adalah ikan laut dari famili Labridae. Ikan ini termasuk ikan kecil dengan ukuran panjang kurang dari 20 cm, ikan ini termasuk karnivora, mereka memakan berbagai invertebrata kecil. Wrasses ditemukan di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Umumnya mendiami perairan dangkal seperti terumbu karang dan pantai berbatu di mana mereka hidup dekat dengan substratnya.

Wrasse memiliki mulut protraktil, umumnya dengan rahang yang terpisah dengan tengkoraknya. Sirip bagian dorsal memiliki 8-21 ruas. Wrasses umumnya berwarna cerah dan bersifat dimorfisme seksual. Spesies ikan remaja umumnya memiliki kelamin ganda dan spesies dewasa sudah memiliki satu kelamin.

5. Ikan hias Clownfish / Badut
Clownfish atau ikan badut

Ikan badut adalah ikan dari anak suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Ikan ini banyak tersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang besar Australia.
Di alam bebas ikan badut bersimbiosis dengan anemon laut. Ikan badut memiliki warna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar ikan badut mencapai panjang 18 cm dan sementara terkecil hanya 6 cm.

6. Ikan hias Firefish

firefish
7. Ikan hias Butterfly Fish
Butterfly FishChaetodontidae atau Butterfly fish adalah jenis ikan hias yang banyak hidup di samudera hindia dan pasifik. Ikan ini diberi nama butterfly karena ikan ini memiliki corak bergaris seperti kupu-kupu.

8. Ikan hias Reef Chromis biru

 Reef Chromis biru
9. Ikan hias Clown Gobies

Clown Gobies fish
10. Ikan hias Coral Beauties

Coral Beauties fish
11. Ikan hias Angelfish
Angelfish

Angelfish atau Pomacanthidae adalah Ikan hias yang memiliki bentuk pipih dan lebar. Ada banyak pola untuk jenis ikan ini dan semuanya memiliki ciri khas khusus yaitu motif garis-garis pada setiap sisi tubuh ikan.

12. Ikan Blue Devil
Blue Devil fish

Paraplesiops bleekeri atau ikan blue devil adalah jenis ikan hias yang memiliki tubuh cenderung kecil serta ramping dengan bagian tubuh berwarna biru dengan bintik-bintik putih.

13. Ikan Hias Neon Tetra
Neon Tetra Fish

Neon tetra (Paracheirodon innesi) adalah ikan hias yang memiliki warna keemasan dengan garis tipis yang berwarna biru mirip lampu neon pada bagian tubuh belakang hingga ke bagian dekat mata. Ikan ini banyak hidup di Kolombia dan Peru.

14. Ikan hias Lion Fish
Lion Fish

Lion fish (Pterois) adalah jenis ikan hias air laut yang masuk dalam famili Scorpaenidae. Ditubuhnya ikan ini memiliki ornamen yang berbentuk seperti duri.

15. Ikan hias Dottyback
Dottyback Fish

Dottyback fish (Pseudochromidae) adalah jenis ikan hias yang hidup di daerah tropis dan sub tropis Indo-Pasifik yang memiliki jumlah terumbu karang yang melimpah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pesona Ikan Hias Air Laut yang Populer Untuk Hewan Peliharaan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa