Rainbow Eucalyptus Pohon Pelangi yang Eksotik ada di Indonesia

Posted on

Rainbow Eucalyptus – Pada umumnya pohon akan memiliki batang berwarna coklat,tapi tahukah anda bawah terdapat pohon disalah satu wilayah di Indonesia yang memiliki batang berwarna pelangi?

rainboe eucalpytus

Namun jika kita hanya melihat sekilas mungkin kita akan berpikir bahwa pohon tersebut telah dicat. Tapi ternyata itu bukanlah cat, warna yang pada pohon tersebut muncul secara alami. Pohon tersebut adalah Eucalyptus deglupta, karena memiliki warna pelangi pohon ini sering disebut dengan Rainbow Eucalyptus. Pohon ini merupakan salah satu jenis pohon kayu putih Eucalyptus. Meskipun termasuk dalam jenis Eucalyptus, tapi Eucalyptus deglupta tidak menghasikan minyak kayu putih seperti jenis pohon eucaluptus lainnya.

Eucalyptus deglupta merupaka satu-satunya spesies eucalyptus yang ditemukan secara alami dibelahan bumi utara. Pohon ini tumbuh secara alami di New Britain, New Guinea, Papua, Seram, Sulawesi dan Mindanao.

pohon pelangi

Namun, sekarang pohon ini sudah banyak dibudidayakan secara luas diseluruh dunia, karena hasil kayudari pohon ini digunakan dalam pembuatan kertas, pohon pelangi menghasilkan bubur kayu yang sangat penting dalam proses pembuatan kertas. Selain itu kayu pohon ini juga dapat dibuat untuk hiasan.

Kenapa batang pohon ini dapat berwarna warni?

rainbow eucalyptuspohon rainbow

Warna pelangi yang muncul pada pohon ini berasal dari kulit luar pohon yang memang berubah setiap tahunnya. Warna yang muncul pada pohon akibat getah yang keluar dari pohon dan mengenai kulit pohon di bagian lain yang membentuk sebuah lapisan warna.Tapi lapisan-lapisan kulit pohon ini tidak mengelupas pada saat yang bersamaan. Pada tetesan getah pertama, warna yang akan muncul adalah warna biru, kemudian perlahan warna tetesan getah tersebut berubah menjadi jingga, ungu, & merah marun.

Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah berkunjung ke FaunadanFlora.com 🙂 🙂