10 Jenis Tanaman Hias Untuk dijadikan Bonsai

Posted on

Teknik bonsai pertama kali dikenalkan oleh negara Jepang dan Cina, teknik ini merupakan seni mengkerdilkan pohon agar terlihat indah dan menarik. Tanaman bonsai merupakan bentuk karya seni yang berwujud hidup. Tetapi nilai seni tersebut akan berkurang bila tanaman bonsai tidak dirawat dengan baik. Untuk itu dalam membuat tanaman bonsai dengan bentuk yang unik memerlukan keahlian khusus. Suatu tanaman dapat dikatakan sebagai tanaman bonsai bila memenuhi syarat utama yaitu dari segi ukuran, bentuk dan umur.

Ada beberapa jenis bonsai yaitu Bonsai Serut, Bonsai Kelapa, Bonsai beringin dan masih banyak yang lainya. Bonsai memiliki berbagai macam ukuran mulai dari yang sangat kecil, kecil , dan kerdil. Jika di alam tanaman tersebut dapat tumbuh hingga puluhan meter, maka jika menggunakan teknik bonsai memiliki ukuran sekitar 1,5m yang tergolong dalam bonsai kerdil.

bonsai serut

Ciri Tanaman Bonsai

Di Indonesia bonsai biasanya digunakan sebagai dekorasi eksterior dan interior sehingga menambah kesan eksotis tempat atau ruangan. Tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai, pemilihan jenis tanaman untuk bonsai erat kaitannya dengan bakalan bonsai yang akan dipelihara. Berikut ini ciri-ciri tanaman yang cocok untuk dijadikan Bonsai

  • Tanaman Dikotil
    Tanaman dikotil cocok untuk dijadikan bonsai karena kelebihan tanaman bonsai adalah mampu beradaptasi dilahan sempit seperti dalam pot dan memiliki batang yang berkambium dengan struktur kuat.
  • Mampu Beradaptasi
    Tanaman bonsai harus memiliki ketahanan beradaptasi pad alingkungan sempit, tidak terkena air dan sinar matahari, karena biasanya bonsai diletakkan didalam ruangan.
  • Dapat Berumur Panjang
    Ciri ciri tanaman yang cocok untuk dijadikan bonsai yaitu harus berumur lebih lama. Karena untuk membuat bonsai yang menarik dan unik diperlukan proses yang cukuk lama untuk mendapatkan keindahan yang diinginkan.
  • Berdaun lebat dan tidak mudah rontok
    Tumbuhan yang memiliki daun lebat biasanya memiliki pertumbuhan yang lambat. Apalagi jika tanaman memiliki ukuran daun kecil dan tidak mudah rontok, akan membantu proses pembentukan bonsai.
  • Memiliki bentuk indah alami
    Salah satu daya tarik bonsai adalah bentuk tanaman yang indah secara alami. Baik tanaman memiliki bentuk akar, batang, daun, bunga hingga buah. Dengan sentuhan teknik pembentukan khusus maka tanaman akan nampak proporsional.

Jenis Tanaman Untuk Bonsai

Bonsai Tanaman Adenium

bonsai adenium

Tanaman adenium memiliki karakteristik yang cocok untuk dijadikan sebagi bonsai. Adenium memiliki bunga cantik dan daun yang lebat, batangnya kuat dan mudah untuk dibentuk, selain itu nilai tambah sari bonsai ini adalah memiliki akar yang berbonggol unik.

Bonsai Tanaman Asam Londo

Asam londo berbeda dengan asam jawa, asam londo sengaja didatangkan dari luar negeri khusus untuk dibuat menjadi tanaman bonsai. kelebihan asam londo yaitu memiliki umur yang panjang, memiliki batang yang kokoh dan bentuk yang unik. Sehingga banyak diminati untuk dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Bonsai Tanaman Beringin Karet

Tanaman beringin karet memiliki batang yang mudah untuk dibentuk hal ini karena batangpohon beringin memiliki karakteristik akar yang lentur seperti karet. Pohon beringin pula memiliki bentuk yang bagus dan emnarik sehingga cocok untuk dijadikan sebagi tanamn bonsai. Pohon beringin juga memiliki daun yang rimbun sehingga akan menambah daya tarik tersendiri jika dijadikan tanamn bonsai.

Bonsai Cemara Duri

Tanaman cemara merupakan tanaman yang memiliki tekstur kayu yang keras dan serat kayu yang melingkar unik dan mampu bertahan sangat lama bahkan ada jenis cemara yang mampu bertahan tumbuh hingga ratusan tahun. Oleh karena itu banyak pecinta bonsai banyak menggunakan jenis tanaman ini untuk dijadikan sebagai tanaman bonsai. Cemara duri memiliki bentuk daun yang meruncing serta sangat banyak, batang pohon ini juga sangat mudah dibentuk sehingga akan menghasilkan bentuk tanaman bonsai yang unik dan menarik sesuai dengan teknik bonsai yang dilakukan.

Bonsai Tanaman Santigi

Di Taiwan tanaman ini jenis ini sangat populer untuk dijadikan bonsai, sedangkan di Indonesai masih belum banyak yang tahu. Hal ini dikarenakan santigi tergolong jenis tanaman yang belum lama digunakan sebagai bonsai. Santigi memiliki 2 jenis yakni santigi gunung dan santigi laut, jenis yang pertama hidup di habitat dekat pantai sedangkan yang kedua menyukai daerah tinggi.

Bonsai Tanaman Bougenville

Daya tarik dari bonsai jenis tanamn bougenville terletak pada bunganya yang sangat menawan. Bunga bougenville terkenal dengan warna yang cerah mempesona. Jika tanaman ini berbunga lebat maka akan menambah daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman bonsai.

Bonsai Tanaman Azalea

bonsai azalea

Tanaman azalea merupakan tanaman dengan memiliki bunga yang sangat indah. Tanaman ini banyak dibuat bonsai di negara Cina. Sedangkan di Indonesia tanaman ini belum banyak yang menggunakan sebagai tanaman bonsai. Bunga ini memiliki bunga yang berwarna cerah dan menawan. Warna dominan dari bunga ini berwarna merah, karena itulah banyak etnis cina meyukai bonsai dari tanaman ini.

Bonsai Pohon Beringin


Beringin memiliki kelebihan dan keunggulan apabila dijadikan tanaman bonsai, yaitu pada pohon beringin memiliki daun yang rimbun, akar dapat dibentuk dalam berbagai gaya, dan sangat mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri dalam media yang terbatas. Beringin disebut juga sebagai bonsai khas Indonesia. Jenis beringing sangat beragam, namun yang sering dijadikan tanaman bonsai yaitu beringin filipina.

Bonsai Tanaman Jeruk

bonsai jeruk

Banyak jenis jeruk yang menarik untuk dijadikan bonsai. Daya tarik utama bonsai jeruk adalah paduan antara tanaman kerdil dengan buahnya yang berwarna oranye cerah atau hijau serta beraroma khas. Untuk mengimbangi keindahan buah yang dimiliki tanaman jeruk, disarankan memilih tanaman jeruk yang berbentuk pohon dan bukan yang berbentuk semak atau perdu.

Bonsai Tanaman Kupa Landak

Bonsai dari jenis tanaman ini banyak diminati para eksportir karena keindahan batang, daun dan buahnya sangat harmonis. Masyarakat umum menyebut tanaman ini dengan sebutan rukam. Tanaman kupa landak memiliki daun majemuk dengan posisi tersebar, dengan bentuk lonjong. Berbatang kayu, tegak bulat berduri dengan warna putih kotor.

Terimakasih masih setia dengan postinga FaunadanFlora.Com semoag informasi yang diberikan bermanfaat.