14 Macam Tanaman Ampuh Yang Dapat Dijadikan Sebagai Pengusir Nyamuk

Posted on

Tanaman pengusir nyamuk sangat penting dan lebih banyak dibutuhkan ketika memasuki musim penghujan. Saat musim hujan tiba, nyamuk merupakan salah satu hewan yang sering bertebaran di mana-mana, digenangan air maupun ditempat-tempat lembab dan gelap. Untuk memerangi mereka kita tidak harus selalu menggunakan lotion anti nyamuk atau dengan obat serangga lainnya. Ternyata terdapat jenis tanaman yang dapat membantu kita untuk mengatasi hal tersebut. Selain dapat digunakan sebagai tanaman hias ternyata tanaman tanaman tersebut juga ampuh untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Yang lebih mengakjubkan lagi, ternyata tanaman-tanaman ini sudah digunakan sejak lama oleh nenek moyang kira jauh sebelum adanya obat anti nyamuk dan serangga. Mereka biasanya menanamnya disekitaran perkarangan rumah atau menggosokkan daun tanaman ke tubuh mereka.

Kandungan essential oil yang terdapat pada tanaman-tanaman ini bisa menjadi pengusir nyamuk yang alami. Selain untuk menghemat pengeluaran, menggunakan tanaman-tanaman herbal sebagai obat anti nyamuk juga lebh sehat dibandingkan dengan menggunakan lotion anti nyamuk yang mengandung berbagai macam bahan kimia yang dapat membahayakan kita.

Berikut ini beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang dapat kita tanam disekitar rumah sebagai antisipasi dan perlindungan kita dari nyamuk dan serangga.

Lavender

lavender
Bunga lavender merupakan bunga yang berasal dari pegunungan Alpen di Swiss. Bunga levender memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetate yang memiliki aroma khas dan sangat tidak disukai oleh nyamuk. Geromobolan nyamuk akan langsung pergi ketika mencium aroma lavender karena meras pusing.

Banyak lotion anti nyamuk yang menggunakan extract dari bunga lavender sebgai salah satu bahan utama pembuatannya dengan cara menyuling terlebih dahulu bunga dari tanaman lavender. Namun kita tidak perlu reot untuk menggunkan lavender dengan cara tersebut. Kita dapat menggunakan tanaman lavender dengan cara menggosokkan bunga lavender ke area kulit yang terbuka. Sedangkan untuk mengusir nyamuk yang berkeliaran disekitar rumah, kita cukup menanamannya dalam sebuah pot saja. Selain memiliki aroma yang wangi, warna bunga yang dihasilkan dari tanaman ini berwarna cantik sehingga dapat pula dijadikan sebagai tanaman hias di rumah.

Geranium

geranium
Tanaman geranium dibeberapa daerah di Indonesia sering dikenal dengan nama bunga Tapak Dara. Tanaman gernaium juga dipercaya ampuh untuk mengusir nyamuk karena memiliki kandungan zat geraniol dan sitronelol. Zat tersebut dapat dengan mudah terbawa oleh angin dan menyebar keseluruh sekitar ruangan sehingga membuat semerbak wilayah sekitarnya. Karena hal tersebutlah yang dapat membuat nyamuk pergi dari lingkungan yang terdapat aroma dari bunga geranium. Selain itu bunga geranium juga termasuk dalam jenis tanaman yang mamapu ditanaman di dalam ruangan indoor sehingga ketika aroma bunga menyebar dan mampu memenuhi ruangan dengan cepat sehingga mampu mengusir nyamuk. Namun, tempatkan tanaman ini dekat jendela agar dapat dengan mudah terkena angin dan aroma bunga dapat menyebar dengan cepat.

Rosemary

rosemary
Bunga Rosemary sering dijadikan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan minyak telon atau minyak kayu putih. Seperti kita ketahui, kedua minya tersebut sering dioleskan pada bayi karena aromanya dapat mencegah gigitan nyamuk. Karena aroma yang dimiliki bunga Rosemary seperti minyak telon maka bunga Rosemary juga ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk.

Bunga rosemary dpat kita tanam langsung ditanah atau melalui media pot, Bunga rosemary mampu tumbuh baik dengan sinar matahari dan air yang cukup agar pertumbuhannya dapat berjalan dengan baik. Selain bunga, daun rosemary juga dapat kita gunakan sebagai lotion anti nyamuk dengan menggosokkan ke area kulit kuta.

Zodia

zodia

Tanaman Zodia memiliki daun yang slah satu fungsinya sebagai pengusir nyamuk yang memiliki kandungan Evodiamine dan Rutaetarpine. Kedua Zat tersebut merupakan sat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga. Selain digosokkan ke kulit, tanaman asli Indonesia ini juga dapat ditanam dalam pot agar aroma dapat terbawa oleh hembusan angin. Pada masyarakat di Papua tanaman zodia biasanya mengambil daun zodia dan menggosokkannya ketubuh mereka sebelum berburu ke dalam hutan, utnuk melindungi mereka dari gigitan serangga dan nyamuk.

Citrosa Mosquito

citrosa mosquito
Citrosa Mosquito merupakan salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk terbaik, karena mampu megeluarkan aroma lemon yang kuat. Aroma lemon tersebutlah yang membuat nyamuk dan serangga tidak suka. Tanaman Citrosa Mosquito berasal dari belanda. Cara menanam tumbuhan ini sangat mudah, yaitu hanya dengan menyiramnya secara teratur dan memberinya sinar matahari yang cukup. Untuk mendapatkan tanaman ini cukup sulit, karena masih jarang di temui di Indonesia, untuk itu tumbuhan ini sering didapatkan dengan cara di impor dari negara asalnya yaitu Belanda.

Serai

serai

Tanaman yang sering dijadikan sebagia bumbu masakan oleh masyarakat Indonesia ternyata ampuh juga untuk mengusir nyamuk. Tanaman serai mengandung zat Geraniol dan Sitronelal yang sangat tidka disukai oleh nyamuk. Tanaman serai sering kali kita jumpai tumbuh subur disekitar pekarangan, karena memang tanaman ini bukanlah tanaman yang cocok di tanam dalam pot. Namun untuk menanam serai wangi cukuplah mudah, serai mampu tumbuh subur tanpa perawatan khusus karena memang tanaman ini cocok dengan iklim di Indonesia.

Akar Wangi

akar wangi

Sama seperti tanaman serai, Akar wangi juga bukan tanaman yang cocok ditanam dalam pot. Tanaman akar wangi termasuk dalam jenis tanaman rumput-rumputan yang biasa tumbuh liar di area pekarangan sekitar rumah. Akar wangi memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga membuat nyamuk pergi ketika mencium aromanya. Akar wangi juga dipercaya sebagai tumbuhan pencegah demam berdarah (DBD) karena nyamuk Aedes Aegepti tidak suka dengan aromanya.

Kecombrang

kecombrang
Kembrang merupakan jenis tanaman yang cukup populer di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki nama latin etlingera eliator. Bunga, biji dan buahnya sering juga dijadikan sebagi bumbu rempah pelengkap masakan seperti sambel, pepes, dan lainnya. Namun bunga kecombrang juga dapat digunakan sebagi pengusir nyamuk karena memiliki aroma yang menyengat. Tanaman kecombrang dapat kita tanam di sekitar pekaranga rumah, karena memiliki bunga yang bagus tanaman kecombrang dapat juga dijadikan sebagai tanaman hias.

Basil/kemangi

daun kemangi

Tanaman yang biasa kita gunakan sebagi lalapan juga ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk dan lalat. Aroma yang dikeluarkan oleh tanaman ini sangat menyengat sehingga tidak disukai oleh nyamuk dan lalat. Cara menggunakan tanaman kemangi untuk mengusir nyamuk cukup mudah, kita hanya cukup menempatkan tanaman ini dalam wadah didekat pintu atau area luar rumah. Tanaman ini dapat tumbuh subur tanpa memerlukan perawatan yang khusus.

Lemon Thyme

lemon thyme

Tanaman herbal yang satu ini bisa beradaptasi di daerah berbatu, kering atau di area yang tanahnya keras, selama daerah tersebut terkena sinar matahari. Namun ia tidak bisa mengusir nyamuk dengan sendirinya. Kita mesti menggosok atau mememarkan daun. Lalu mengusapkannya pada tangan.

Mint

daun mint

Tanaman mint lebih baik ditanam di dalam pot, ketimbang di tanah. Sebab, tanaman ini menyebar dengan cukup agresif, sehingga kalau di tanah, ditakutkan ia akan sulit dicabut. Mint ini selain untuk minuman, juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. Aromanya ada dalam daun, tangkai dan bunganya. Minyak beraromanya bisa dicampur juga dengan cuka apel atau vodka untuk mengusir nyamuk.

Marigolds

bunga marigolds
Marigolds ini punya beberapa jenis. Aroma dari setiap jenis itulah yang bisa memukul mundur nyamuk, kutu daun bahkan hewan seperti kelinci. Di kalangan petani sendiri, akar tanaman ini dikenal ampuh mengusir nematoda atau semacam cacing benang/gilig. Tanaman ini bisa tumbuh di sekitaran taman bunga atau tumbuh secara terpisah dengan kebun sayur. Mereka cukup mudah tumbuh di area yang terkena matahari. Meski demikian, masalah yang kerap mengusik itu adalah bercak-bercak pada daun serta akar yang membusuk.

Suren

pohon suren
Suren merupakan pohon yang ampuh untuk mengusir serangga dan nyamuk. Daun dan kulit pada pohon ini memiliki kandungan zat surenon, surenin dan surenolakton yang dapat dengan cepat mengusir nyamuk dan serangga. Pohon ini banyak di tanam oleh para petani untuk digunakan sebagai pengusir hama dan serangga pada pohon pohon yang meraka tanam.

Lidah buaya

lidah buaya
Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, dari segi kesehatan lidah buaya sering digunakan untuk obat hipertensi, lidah buaya juga bermanfaat untuk kecantikan wajah dan rambut, selain itu ternyata lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi gigitan nyamuk dan serangga. Seperti bengkak pada kulit yang terkena gigitan, maka oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang bengkak.

Sahabat FaunadanFlora, itulah berbagai macam jenis tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk dan serangga yang dapat adnda tanam dirumah maupun dipekarangan sekitar rumah. Cara ini lebih baik dan lebi sehat karena tidak menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan kita dan keluarga kita. Selain bermanfaat sebagai pengusir nyamuk beberapa jenis tanaman tersebut juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Terimakasih, semoga bermanfaat.