nymphaea macrosperma

Teratai- Penjelasan, Klasifikasi, dan Contoh Lengkap

Posted on

Penjelasan, Klasifikasi, dan Contoh Lengkap Dari Spesies Teratai  Lengkap

Hai sahabat…..Kali ini kita akan membahas tentang salah satu tanaman yang hidup di air yaitu Teratai, untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan dibawah ini.

Teratai adalah sejenis tanaman air yang berasal dari suku Nymphaeaceae. Tanaman ini tumbuh diatas air yang tenang seperti kolam, rawa atau sungai. Bunga dan daun berada di atas permukaan laut dan tangkainya keluar dari rhizoma yang ada di dalam lumpur. Tangkai terletak di bagian tengah daun bagian bawah, daunnya memiliki bentuk oval atau bundar dengan ukuran lebar yang terpotong pada bagian jari-jari menuju tangkai. Daun pada teratai tidak mengandung lilin sehingga air yang jatuh diatas daun tidak akan menjadi butiran air.  Warna bunga pada teratai sangat cantik jika bunga berwarna merah maka warnanya lebih merah, jika warnanya putih maka akan lebih putih dan apabila berwarna merah muda maka warnanya akan makin terang. diameter bunga teratai berkisar antara 5-10 cm.  Banyak sekali spesies dari teratai yang tersebar di seluruh wilayah tropis dan subtropis. Teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir yang banyak di pinggir sungai nil.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Nymphaeales
Famili: Nymphaeaceae
Genus: Nymphaea

Berikut adalah beberapa spesies dari 50 spesies Teratai yang ada :

1. Nymphaea alba atau Teratai putih adalah spesies teratai yang memiliki bunga berwarna putih yang dimana dalam bunga itu terdapat banyak benang sari kecil. Teratai jenis ini banyak ditemukan diseluruh Eropa dan sebagian wilayah Afrika utara dan Timur tengah. Teratai jenis ini hidup di air tawar seperti kolam atau danau.

teratai putih(nymphaea alba)
2.  Nymphaea caerulea atau Teratai biru adalah jenis teratai memiliki bunga dengan warna putih pucat dengan bagian bawah/ kelopak bunga berwarna biru atau ungu muda.

teratai biru(nymphaea caerulea)
3. Nymphaea lotus adalah jenis teratai berukuran kecil yang banyak tumbuh diwilayah Asia tenggara dan Afrika timur. Bunga pada teratai ini berwarna putih terkadang ada sedikit warna merah muda.

teratai kecil(nymphaea lotus)
4. Nympheae tetragona adalah jenis teratai yang berasal dari finlandia. bunga pada teratai ini berwarna putih , kadang merah atau ungu dengan kepala sari berwarna kuning pucat.

teratai nympheae tetragona
5. Nympheae adorata atau Bunga tanjung adalah jenis teratai yang hidup di danau yang dangkal, kolam serta air yang beraliran lambat permanen, jenis ini banyak ditemui di Amerika utara.

teratai nymphaea adorata
6.  Nymphaea candida adalah jenis teratai yang berasal dari perairan tawar Eurasia. Teratai ini memiliki bunga yang tumbuh pada bulan juli hingga agustus saja.

teratai Nymphaea candida
7.  Nymphaea pubescens adala h spesies teratai yang tumbuh di danau dangkal atau kolam di seluruh daerah dengan iklim tropis atau sedang di Asia seperti: Bangladesh , India , Sri Lanka , Yunnan , Taiwan , Filipina , Kamboja , Laos , Myanmar , Thailand , Vietnam , Indonesia dan Malaysia . Tetapi juga dapat ditemui di timur laut Australia dan Papua Nugini.

teratai nymphaea pubescens
8. Nymphaea capensis adalah jenis teratai yang berhabitat di air tawar daerah Afrika dan sebagian di Australia,dan daerah tropis lainnya.

teratai Nymphaea capensis
9. Nymphaea ondinea adalah jenis teratai yang berasal dari barat laut Australia.

Nymphaea ondinea
10. Nymphaea mexicana adalah jenis tanaman air berbunga yang berasal dari Amerika Serikat Selatan dan Meksiko selatan hingga Michoacan.

teratai nymphaea mexicana
11. Nymphaea thermarum adalah jenis tanaman air yang terkecil di dunia ukurannya hanya 1 cm (0,39 inci).

nymphaea thermarum
12. Nymphaea micrantha adalah tanaman air berbunga dari genus Nymphaea . Tanaman ini asli daerah tropis Afrika Barat. Tanaman air ini biasanya tumbuh hingga ketinggian 20-80 cm (8-32 inci).

Nymphaea micrantha
13. Nymphaea ampla adalah tanaman air/teratai yang banyak ditemukan di Texas , Meksiko , Karibia dan Amerika Tengah dan Selatan.

nymphaea ampla
14. Nymphaea leibergii adalah tanaman air ini dapat ditemukan di seluruh bagian utara Amerika Utara di kolam dan sungai bergerak lambat.

nymphaea leibergii
15. Nymphaea macrosperma adalah tanaman air asli muncul ke utara Australia .Teratai air ini banyak tumbuh di laguna air tawar, dan memiliki daun bulat besar yang mengapung di permukaan air.

nymphaea macrosperma

Demikian penjelasan dari artikel kami tentang”Teratai- Penjelasan, Klasifikasi, dan Contoh Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa