Cara Sukses Ternak Tikus Putih (Mus musculus) Dengan 3 Tahapan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Cara Sukses Ternak Tikus Putih (Mus musculus) atau Mencit Dengan 3 Tahapan Mudah Bagi Pemula

Tikus putih (Mus musculus) atau yang sering disebut dengan mencit merupakan jenis tikus yang memiliki warna putih, biasanya jenis tikus ini digunakan untuk penelitian atau pakan burung pemangsa dan juga ular.

Banyak orang kini mulai membudidaya ternakan tikus putih ini untuk dijadikan usaha mereka, tikus ini banyak diminati para pemelihara hewan reptil khusunya ular untuk pakan ular mereka. Orang banyak membudidayakan tikus jenis ini karena perawatan serta modal yang dibutuhkan cukup murah terlebih tikus putih ini dapat dipanen setiap bulan karena tikus ini sangat mudah beranak dengan waktu kehamilan hanyasekitar 20 hari. Satu indukan tikus putih dapat menghasilkan anakan hingga 12 anakan.

Namun sebelum anda melakukan budidaya ternak tikus putih ini anda harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya kebersihan kandang, ketersediaan pakan, serta suhu udara yang tepat.

Cara Budidaya Ternak Tikus Putih

a. Pemilihan Kandang Ternak
Kandang yang biasa digunakan untuk budidaya ternak tikus putih ini berupa container box, akuarium yang diberi sekat, atau kandang yang dibuat sendiri dari kayu atau triplek. Selain tiga kandang tersebut, kandang yang digunakan bisa berupa lemari plastik yang memiliki banyak laci yang bisa anda beli di pasar.
Kandang yang digunakan tidak terlalu sempit dan juga terlalu lebar, hal penting yang perlu diperhatikan yaitu kebersihan kandang, ketersediaan pakan, serta suhu kandang yang jangan terlalu tinggi.

Wadah pakan atau tempat pakan yang digunakan sama halnya wadah yang digunakan untuk pakan hamster namun ukurannya lebih besar dan untuk tempat atau wadah minum anda dapat menggunakan tempat minum yang sama dengan tempat minum pada hamster. Peralatan pakan dan minum tersebut dapat anda beli di toko perlengkapan hewan.

b. Ternak Tikus Putih
Sebelum melakukan budidaya ternak, pastilah kita harus memilih indukan yang akan di ternakan. Namun sebelumnya anda harus membedakan antara tikus putih jantan dan tikus putih betina, tikus putih jantan memiliki buah zakar sedangkan betina tidak memilikinya. Calon indukan tikus putih yang baik adalah tikus yang telah berumur sekitar 2 bulan lebih.

Dalam satu kandang perkawinan, diletakkan empat ekor tikus putih dengan jumlah tikus putih jantan hanya 1 ekor dan 3 ekor lainnya adalah tikus putih betina. Masa obserbasi tikus putih jantan dan tikus putih betina yaitu sekitar seminggu dengan terus diberi pakan dan juga minum, pakan yang diberikan bisa berupa pur ayam dan minumnya air mineral.

Apabila perkawinan berhasil maka dalam jangka seminggu, anda akan mendapati perut salah satu betina mengalami perubahan dan semakin membesar, jika seperti itu maka pindahkan indukan tersebut pada kandang lain da pastikan ketersediaan pakan dan juga minum tersedia.

c. Pemeliharaan Anakan Tikus Putih
Indukan yang tengah hamil dan dipisahkan dalam kandang lain, indukan yang tengah hamil tersebut diberi perawatan yang baik dan pastikan pakan dan juga minum selalu tersedia. Apabila anakan telah lahir, jangan pisahkan dahulu dengan indukannya dan apabila telah mencapai umur sekitar tiga minggu atau sudah dapat makan sendiri, segera pisahkan dari sang indukan. Dan setelah berumur 2 bulan lebih anakan tersebut sudah dapat dikawinkan agar dapat menghasilkan tikus putih yang lebih banyak.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Sukses Ternak Tikus Putih (Mus musculus) Dengan 3 Tahapan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa